cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi Kota Pontianak, Kalimantan Barat
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Coding: Jurnal Komputer dan Aplikasi
ISSN : 2338493X     EISSN : 2809574X     DOI : -
Core Subject : Science,
Coding adalah Jurnal ilmiah elektronik yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian di bidang komputer dan sistem informasi. Jurnal Coding memiliki karakteristik khas karena memadukan berbagai cabang dalam bidang Ilmu Komputer, sehingga memiliki artikel yang komprehensif. Jurnal Coding terbit 3 nomor dalam setahuan, yakni di Bulan April, September, dan Desember. Jurnal Coding telah terindeks oleh Google Scholar dan Garuda, dan akan terus diperbaharui untuk mengikuti perkembangan.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 3 (2024): Edisi Desember 2024" : 10 Documents clear
Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Halodoc Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dan Importance Performance Analysis (IPA) (Studi Kasus : Pengguna Aplikasi Halodoc di Kota Pontianak) Bella, Nur Aisyah; Mutiah, Nurul; Rahmayuda, Syahru
Coding: Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 12, No 3 (2024): Edisi Desember 2024
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v12i3.87245

Abstract

Penggunaan aplikasi kesehatan digital terus berkembang di Indonesia untuk meningkatkan akses layanan kesehatan yang lebih praktis dan efisien. Salah satu aplikasi yang cukup populer adalah Halodoc, yang memungkinkan pengguna berkonsultasi dengan dokter, memesan obat, dan melakukan tes kesehatan secara online. Aplikasi ini telah menjadi solusi bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan digital. Namun, masih ada keluhan terkait performa aplikasi, seperti ketepatan waktu layanan dan kemudahan penggunaan yang dirasa belum optimal. Oleh karena itu, penilaian terhadap kualitas layanan Halodoc menjadi penting. Studi ini menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dan Importance Performance Analysis (IPA) untuk menganalisis kinerja layanan berdasarkan pengalaman pengguna. Dimensi yang diukur meliputi Content, Accuracy, Format, Ease of Use, dan Timeliness. Data diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada 100 pengguna. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata kinerja (performance) sebesar 4,23 dan tingkat kepentingan (importance) sebesar 4,43. Nilai rata-rata tingkat kesesuaian adalah 95%, dengan kesenjangan (gap) sebesar -0,20 yang menunjukkan bahwa kinerja layanan Halodoc di Kota Pontianak perlu ditingkatkan. Berdasarkan analisis kuadran IPA, fokus utama perbaikan berada pada kuadran I, yaitu variabel Accuracy dan Timeliness.  Kata kunci: Kepuasan Pengguna, Halodoc, End User Computing Satisfaction, Importance Performance Analysis
Sistem Pemantauan dan Pengeringan Sepatu Otomatis Berbasis Internet of Things (IoT) Pratama, Rakha Daffa; Suhardi, Suhardi; Hidayati, Rahmi
Coding: Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 12, No 3 (2024): Edisi Desember 2024
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v12i3.87326

Abstract

Sepatu sangat diperlukan dalam berbagai aktivitas seperti pergi ke sekolah, kampus, dan kantor. Sepatu yang sering digunakan perlu dicuci dan harus segera dikeringkan. Sepatu yang dibiarkan basah tanpa dikeringkan akan menyebabkan bau yang tidak sedap dan menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Proses pengeringan sepatu umumnya dijemur di bawah sinar matahari, namun cara tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama. Ketika cuaca cerah, terjadi hujan yang membuat proses pengeringan sepatu dengan memanfaatkan panas dari sinar matahari menjadi tidak efektif. Untuk solusi permasalahan ini, maka dikembangkan sistem pemantauan dan pengeringan sepatu otomatis berbasis IoT. Sistem ini mendeteksi kelembaban pada sepatu yang basah, agar dapat mengeringkan sepatu. Sistem ini mengirimkan notifikasi secara realtime ke chat bot telegram yang sudah ada di dalam grup Telegram, agar bisa memantau kondisi pengeringan sepatu kapanpun dan dimanapun. Sistem ini dapat mengirimkan notifikasi ke beberapa perangkat yang bisa digunakan oleh seluruh anggota grup Telegram. Hasil pengujian menunjukkan bahwa rata-rata waktu pengeringan sepatu pantofel 1 jam 5 menit 48 detik, rata-rata waktu pengeringan sepatu sneakers 1 jam 21 menit 48 detik, dan rata-rata waktu pengeringan sepatu olahraga 1 jam 30 menit 36 detik.  Kata kunci : Sepatu, IoT, Notifikasi, Telegram
Implementasi Sistem Peringatan Dini Angin Kencang Berbasis IoT Untuk Pengurangan Risiko Bencana Elegant, Gustavo Dipo; Nirmala, Irma; Sari, Kartika
Coding: Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 12, No 3 (2024): Edisi Desember 2024
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v12i3.87609

Abstract

Angin kencang adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan keadaan cuaca di mana angin bertiup dengan kecepatan yang tinggi. Saat terjadinya angin kencang sering kali tidak ada pemberitahuan kepada masyarakat, sehingga masyarakat tidak memiliki kesiapan dalam menghadapi kejadian tersebut. Untuk mengatasi masalah ini dibangun sebuah sistem untuk memantau kecepatan angin dengan implementasi sistem peringatan dini angin kencang berbasis IoT untuk pengurangan risiko bencana. Sistem ini mengintegrasikan sensor anemometer dan sensor BME280 dengan platform Website dan Telegram untuk memungkinkan pengiriman peringatan secara cepat dan akurat kepada masyarakat. Hasil pengujian sensor anemometer menunjukkan error rata-rata 2,30%, Sensor BME280 0,47% untuk suhu, 1,34% untuk kelembapan, dan 0,02% untuk tekanan udara. Pada dua kejadian peringatan dini angin kencang, sistem berhasil mengirimkan informasi pada Website dan Telegram dengan informasi kecepatan angin dan udara permukaan, di antaranya kecepatan angin 32,31 Km/jam dan 42,51 Km/jam dengan perubahan udara permukaan yaitu suhu mengalami kenaikan saat kejadian pertama dan penurunan saat kejadian kedua, kelembapan dan tekanan udara mengalami penurunan pada dua kejadian.  Kata kunci: Angin Kencang, Peringatan Dini, Telegram, Website, IoT.
Penerapan Framework Zachman Dalam Perancangan Sistem Informasi Manajemen Klinik (Studi Kasus: Klinik Anggrek Pontianak) Nugroho, Farhan Maulana; Mutiah, Nurul; Rahmayuda, Syahru
Coding: Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 12, No 3 (2024): Edisi Desember 2024
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v12i3.88013

Abstract

Klinik yang memerlukan adanya tata kelola teknologi informasi yang baik untuk mendukung pelayanan kesehatan adalah Klinik Anggrek Pontianak yang memiliki visi, misi dan menetapkan tujuan menyelenggarakan pengelolaan secara efektif dan efisien. Saat ini, proses bisnis pada Klinik Anggrek masih menggunakan cara manual dan tidak terintegrasi antara sistem yang digunakan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian perancangan Enterprise Architecture pada Klinik Anggrek Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah membuat perancangan Enterprise Architecture menggunakan irisan perspektif horizontal dan vertikal dari Framework Zachman untuk mendapatkan artefak yang sesuai dengan kebutuhan dan terintegrasi dengan baik pada klinik dan menjadi langkah awal terbentuknya sistem informasi manajemen klinik. Penelitian ini menggunakan Framework Zachman 5 baris dan 6 kolom yang menyediakan metode perancangan arsitektur dan menghasilkan artefak pada setiap perspektif dan kolom. Perancangan dilakukan mulai dari perspektif Planner, Owner, Designer, Builder dan Techincian. Kemudian dari kolom What, How, Where, Who, When dan Why. Hasil penelitian mencakup artefak berupa spesifikasi kebutuhan data, diagram proses bisnis, diagram ERD, arsitektur sistem, arsitektur teknologi serta perancangan antarmuka pada setiap pengguna Sistem Informasi Manajemen Klinik. Pengujian menggunakan EA Scorecard menunjukkan bahwa Enterprise Architecture yang dirancang pada Klinik Anggrek Pontianak adalah valid dengan persentase nilai yakni 81,52%.
Perancangan Prototype Berbasis Mobile Menggunakan Design Thinking Pada Siakad UNU Kalbar Winandy, Fikri; Mutiah, Nurul; Rusi, Ibnur
Coding: Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 12, No 3 (2024): Edisi Desember 2024
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v12i3.87048

Abstract

SIAKAD Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat merupakan sistem yang digunakan UNU Kalbar untuk mengelola data akademik bagi mahasiswa maupun dosen. Saat ini SIAKAD UNU Kalbar memiliki permasalahan yang didapat melalui wawancara yaitu banyak mahasiswa yang berpendapat akan lebih memudahkan jika SIAKAD dapat digunakan di aplikasi mobile karena dapat mengakses SIAKAD tersebut dimana saja. Selain itu pihak Biro Administrasi Perencanaan dan Pengembangan Sistem Informasi serta Operator Sistem Informasi Akademik UNU Kalbar menginginkan sistem di UNU Kalbar maju, artinya pihak UNU Kalbar ingin SIAKAD mengikuti perkembangan teknologi tanpa harus menggunakan pihak ketiga. Namun sebelum membangun aplikasi mobile, dapat dilakukannya perancangan prototype tampilan antarmuka dahulu. Hal itu untuk meminimalisirkan kegagalan sistem yang akan dibangun serta agar perancangan yang dibuat sesuai dengan kebutuhan pengguna. Oleh karena itu, untuk memastikan SIAKAD mobile UNU Kalbar sesuai dengan kebutuhan diperlukannya perancangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membuat perancangan prototype tampilan antarmuka berbasis mobile menggunakan pendekatan Design Thinking pada SIAKAD UNU Kalbar dengan beberapa tahapan yaitu Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Test yang dimana hasil dari Perancangan tersebut dapat menjadi rekomendasi untuk pembuatan aplikasi SIAKAD berbasis mobile. Pada tahapan Test menggunakan Maze Design dengan skor 76 dan Usability Testing metode System Usability Scale dengan skor 74,08 yang berarti menurut pengukuran milik John Brooke termasuk ke dalam skala kategori nilai C, skor adjektif bernilai Good, dan skala penerimaan termasuk Acceptable. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perancangan prototype tampilan antarmuka berbasis mobile pada SIAKAD UNU Kalbar mendapatkan respon yang positif dari pengguna.  Kata kunci : Sistem Informasi Akademik, Aplikasi Mobile, Design Thinking, Usability Testing
Implementasi Protokol WebSocket Pada Sistem Keamanan Safebox Menggunakan Kode OTP (One-Time Password) Wenewasti, Ignatia Tri; Ruslianto, Ikhwan; Muhardi, Hafiz
Coding: Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 12, No 3 (2024): Edisi Desember 2024
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v12i3.89314

Abstract

Sistem keamanan safebox umumnya menggunakan password atau PIN untuk sistem keamanan pada kotak penyimpanan, namun metode tersebut memiliki kelemahan seperti potensi lupa password dan pencurian data PIN. Penelitian ini mengembangkan sistem keamanan safebox dengan menggunakan kode OTP (One-Time Password) dan protokol WebSocket untuk meningkatkan kecepatan dan stabilitas autentikasi. Sistem ini menggunakan mikrokontroler NodeMCU ESP32, solenoid door lock, keypad, dan LCD untuk mendukung kinerja operasional perangkat dan Aplikasi Android untuk memudahkan pengguna memonitoring safebox. Pengujian dilakukan sebanyak 30 kali untuk mengukur parameter delay dan throughput. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan protokol WebSocket pada sistem keamanan safebox dapat memberikan autentikasi yang lebih cepat, terutama dalam menangani respons secara real-time dengan rata-rata delay sebesar 71 ms dan rata-rata throughput sebesar 258 bps. Berdasarkan standar TIPHON, sistem ini termasuk dalam kategori sangat baik karena rata-rata delay berada di bawah ambang batas 150 ms dan throughput berada di atas batas minimal 100 bps. Selain itu, keamanan sistem ditingkatkan dengan penerapan kode OTP yang hanya berlaku selama 5 menit serta kemampuan mendeteksi dan menolak input kode OTP yang salah, kedaluwarsa, atau tidak sesuai format.Kata kunci"”Safebox, WebSocket, One-Time Password, Sistem Keamanan, Real Time.
Penerapan Protokol MQTT pada Sistem Otomatisasi Fotosintesis Tanaman Aquascape Berbasis Internet of Things Mahfuza, Sri; Ristian, Uray; Midyanti, Dwi Marisa
Coding: Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 12, No 3 (2024): Edisi Desember 2024
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v12i3.88183

Abstract

Aquascape adalah seni menata tanaman air, koral, kayu apung, dan batu karang di dalam akuarium agar tampak alami dan menciptakan kesan berkebun di bawah air. Untuk menjaga kondisi optimal tanaman aquascape, terutama dalam mendukung proses fotosintesis, diperlukan perawatan secara intens dan rutin yang mempertimbangkan faktor-faktor seperti pencahayaan, kekeruhan air, dan suhu air. Namun, pengaturan kondisi tersebut seringkali memakan waktu yang lama pada saat pengiriman data dari sensor. Selain itu, aquascape juga membutuhkan pemantauan terus-menerus, yang dapat menjadi kendala para aquascaper. Untuk mengatasi permasalahan waktu pengiriman data sensor yang begitu lama, maka penelitian ini mengembangkan sebuah sistem berbasis IoT menggunakan protokol MQTT yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini juga dapat memantau dan mengontrol kondisi ideal aquascape secara otomatis. Sistem ini menggunakan sensor DS18B20 untuk mengukur suhu air dan sensor turbidity untuk mengukur tingkat kekeruhan air. Hasil pengujian yang telah dilakukan pada penelitian ini berupa pengujian nilai delay dan jitter pada protokol MQTT sebanyak 30 kali pengujian yang memperoleh nilai rata-rata delay pengiriman data sebesar 1.9 s (kategori Sangat Bagus) dan rata-rata jitter 26 ms (kategori Bagus) menurut standar TIPHON. Pengujian tersebut membuktikan bahwa data yang dikirim dengan menerapkan protokol MQTT membutuhkan waktu dengan nilai cukup baik. Hal ini dapat mempengaruhi pendeteksian sensor DS18B20 dan sensor Turbidity yang memperoleh nilai rata-rata yaitu 24,50℃ dan 21,68 NTU. Perolehan dengan nilai tersebut dapat meningkatkan efisiensi pembacaan sensor.
Sistem Pemantauan dan Kendali Ayunan Bayi Otomatis Berbasis Android Alfikri, Nadya Syifa; Hidayati, Rahmi; Sari, Kartika
Coding: Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 12, No 3 (2024): Edisi Desember 2024
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v12i3.88380

Abstract

Teknologi pada zaman modern semakin berkembang dan terus berinovasi sehingga dapat mempermudah pekerjaan manusia. Salah satu teknologi yang dapat mempermudah pekerjaan manusia adalah ayunan bayi otomatis. Ayunan bayi yang ada saat ini masih digunakan secara konvensional atau memanfaatkan tenaga manusia. Pada penelitian dirancang teknologi otomatis pada ayunan bayi yang dapat memudahkan ibu bayi memantau kondisi bayi dari jarak jauh sehingga s dapat melakukan pekerjaan lain. Ayunan bayi ini dirancang menggunakan   sebagai pendeteksi suara tangisan bayi dan sensor PIR sebagai pendeteksi gerakan bayi dengan mikrokontroler Arduino Uno sebagai pengendali ayunan bayi dan aplikasi android untuk mengontrol ayunan bayi. Sensor PIR juga digunakan dengan mikrokontroler ESP32 untuk memberikan informasi kepada pengguna melalui telegram. Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa deteksi suara tangisan bayi memerlukan nilai ambang batas lebih dari 100. Volume suara tangisan bayi harus cukup lantang agar dapat terdeteksi dengan baik. Sensor PIR memiliki nilai 0 dan 1 yaitu 0 jika tidak ada gerakan yang terdeteksi dan 1 jika ada gerakan yang terdeteksi. Pendeteksian sensor suara dan PIR dapat mengayun ranjang bayi secara otomatis dan mengirim informasi ke pengguna melalui telegram.
Pemanfaatan Protokol WebSocket Pada Sistem Tempat Sampah Pintar (STESEA) Saputro, Arinto Mangku; Ristian, Uray; Midyanti, Dwi Marisa
Coding: Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 12, No 3 (2024): Edisi Desember 2024
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v12i3.88697

Abstract

STESEA merupakan salah satu dari contoh penerapan teknologi internet of things pada tempat sampah. Jaringan internet pada STESEA digunakan sebagai penghubung antar komponen dan perantara dalam pengiriman data ketinggian sampah di dalam STESEA. Adapun permasalahan yang dihadapi saat proses pengiriman data adalah penggunaan protokol HTTP yang biasa digunakan sebagai protokol pengiriman data. Kelemahan dari protokol HTTP yaitu selalu mengirim request setiap data yang dibutuhkan dan memerlukan waktu tunggu (delay) dalam merespon request yang diminta. Penggunaan protokol HTTP juga memiliki kelemahan pada saat data yang baru datang yang memerlukan refresh pada website tersebut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini menerapkan protokol WebSocket sebagai protokol pengiriman data. Protokol WebSocket sendiri hanya memerlukan satu kali request dan membuat ikatan komunikasi yang tidak terputus sehingga data yang dikirim secara real time. Pengujian pertama yang dilakukan yaitu pengujian waktu respon pada protokol WebSocket ketika terjadi perubahan data ketinggian sampah pada STESEA. Hasil pengujian tersebut memperoleh nilai rata-rata waktu respon sebesar 1,5 s. Pengujian selanjutnya yang dilakukan yaitu pengujian QoS pada protokol WebSocket. Hasil pengujian kedua memperoleh hasil berupa nilai rata-rata throughput sebesar 104965,48 bps serta nilai rata-rata delay sebesar 101 ms. Kedua nilai rata-rata throughput dan delay termasuk kategori sangat bagus sesuai dengan standar TIPHON.
Aplikasi Python untuk Deteksi Wajah pada Frame Menggunakan Algoritma Haar Cascade Classifier di OpenCV Silalahi, Dinah Makhroza; Putra, Donny Dwi; Sari, Dwi Prapita; Pramudya, Farhan Amar; Supiyandi, Supiyandi
Coding: Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 12, No 3 (2024): Edisi Desember 2024
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v12i3.88402

Abstract

Penelitian ini mengembangkan aplikasi berbasis Python untuk mendeteksi wajah dalam frame video secara real-time menggunakan pustaka OpenCV. Teknologi face detection memungkinkan sistem mengenali dan mendeteksi wajah manusia pada citra atau video, yang relevan untuk aplikasi di bidang keamanan dan interaksi manusia-komputer. Penelitian ini bertujuan merancang dan mengimplementasikan aplikasi yang mampu mendeteksi wajah dengan akurasi tinggi dan respons cepat. Metode yang digunakan melibatkan algoritma Haar Cascade Classifier, diterapkan dalam pengolahan frame video dari kamera secara berurutan. Hasil pengujian menunjukkan aplikasi memiliki kemampuan deteksi yang baik, bahkan dalam kondisi pencahayaan yang beragam dan posisi wajah yang tidak seragam. Dengan kecepatan deteksi yang memadai, aplikasi ini berpotensi diterapkan di berbagai bidang. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan teknologi face detection yang lebih efektif dan efisien, dengan pemanfaatan algoritma Haar Cascade Classifier yang mampu mencapai tingkat akurasi rata-rata sebesar 92% dan kecepatan proses rata-rata 30 ms per frame dalam kondisi optimal.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol 13, No 2 (2025): Edisi September 2025 Vol 13, No 1 (2025): Edisi April 2025 Vol 12, No 3 (2024): Edisi Desember 2024 Vol 12, No 2 (2024): Edisi September 2024 Vol 12, No 1 (2024): Edisi April 2024 Vol 11, No 3 (2023): Edisi Desember 2023 Vol 11, No 2 (2023): Edisi September 2023 Vol 11, No 1 (2023): Edisi April 2023 Vol 10, No 03 (2022): Edisi Desember 2022 Vol 10, No 02 (2022): Edisi September 2022 Vol 10, No 01 (2022): Edisi April 2022 Vol 9, No 03 (2021): Edisi Desember 2021 Vol 9, No 02 (2021): Edisi September 2021 Vol 9, No 01 (2021): Edisi April 2021 Vol 8, No 3 (2020): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 8, No 2 (2020): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 8, No 1 (2020): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 03 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 02 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 01 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 6, No 3 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 3 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 4, No 3 (2016): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 4, No 1 (2016) Vol 3, No 3 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 3 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 1 (2015): Coding Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 2, No 3 (2014): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Coding Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 1 (2013): Jurnal CODING More Issue