cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
ISSN : 2088687X     EISSN : 26567040     DOI : 10.12928
Core Subject : Education,
Admathedu is a peer-reviewed open access journal published twice in a year (June and December) since 2011. The Admathedu aims to provide an national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to mathematics education.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 8, No 1: Juni 2018" : 10 Documents clear
PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT Melyanti, Rika; Rohana, Rohana; Syahbana, Ali
AdMathEdu : Mathematics Education, Mathematics, and Applied Mathematics Journal Vol 8, No 1: Juni 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (416.872 KB) | DOI: 10.12928/admathedu.v8i1.11117

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan Adversity Quotient (AQ) siswa secara keseluruhan maupun masing-masing level AQ serta ada atau tidak ada interaksi antara pendekatan pembelajaran (PMRI dan konvensional) dengan AQ (Quitters, Campers, Climbers) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan  factorial design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Talang Kelapa Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.4 (Kelas eksperimen) dan siswa kelas VIII.1 (Kelas kontrol) yang ditentukan secara acak. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Data dianalisis menggunakan uji Independent Samples Test, uji Mann Whitney-U dan analisis deskriptif.  Hasil yang didapat menunjukkan: 1) ada pengaruh yang signifikan pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan AQ siswa secara keseluruhan; 2) ada pengaruh yang signifikan pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan level AQ (Campers, Climbers) siswa. Namun, tidak ada pengaruh yang signifikan pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan level AQ Quitters siswa; dan 3) tidak ada interaksi antara pendekatan pembelajaran (PMRI dan konvensional) dengan AQ (Quitters, Campers, Climbers) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SISWA SMAN DI SURABAYA Prastiti, Tri Dyah; Tresnaningsih, Sri; Mairing, Jackson Pasini
AdMathEdu : Mathematics Education, Mathematics, and Applied Mathematics Journal Vol 8, No 1: Juni 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (516.103 KB) | DOI: 10.12928/admathedu.v8i1.11122

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) Matematis siswa kelas XI dari SMAN terakreditasi A di kota Surabaya. Peneliti mengembangkan dua masalah matematika materi lingkaran dimana siswa-siswa diminta untuk menyelesaikan dengan cara yang berbeda di setiap masalah. Subjek penelitian ini adalah 186 siswa SMAN 2 Surabaya, dimana kedua masalah yang telah dikembangkan tersebut dibagikan kepada subjek penelitian. Penyelesaian siswa dinilai menggunakan rubrik holistik kemudian diidentifikasi ketercapaian dari tiga indikator berpikir kreatif. Indikator tersebut adalah kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa-siswa tersebut dimana yang tergolong sangat kreatif (TKBK 4), kreatif (TKBK 3), cukup kreatif (TKBK 2),  kurang kreatif (TKBK 1) atau tidak kreatif (TKBK 0) secara berturut-berturut sebanyak 5,4 %; 8,6%; 5,9%, 67,7% dan 12,4%. Dengan kata lain, 80,1% siswa-siswa tersebut tergolong kurang kreatif dan tidak kreatif. Kondisi tersebut terjadi karena kebiasaan penyelesaian siswa-siswa didasarkan pada rumus-rumus yang dipelajarinya di kelas. Banyak siswa yang kurang berani mengembangkan kreatifitas berpikir lebih jauh dari bekal yang sudah dimilikinya.
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU DITINJAU DARI COGNITIVE STYLE BERDASARKAN FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT DI UNIVERSITAS ISLAM RIAU Herlina, Sari; Dahlia, Agus
AdMathEdu : Mathematics Education, Mathematics, and Applied Mathematics Journal Vol 8, No 1: Juni 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/admathedu.v8i1.11118

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan mengungkapkan secara mendalam analisis kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa berdasarkan gaya kognitif yaitu gaya kognitif field dependent dan gaya kognitif field independent. Sampel penelitiannya adalah mahasiswa matematika semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Instrumen penelitiannya adalah lembar tes GEFT dan tes kemampuan berpikir kritis matematis, sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah teknik tes yang terdiri dari tes GEFT dan tes kemampuan berpikir kritis matematis dan teknik nontes yaitu angket terbuka, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Kemudian Uji keabsahan data dalam penelitian kualitatif meliputi uji kredibilitas data, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil tes GEFT mahasiswa calon guru matematika semester 1 TA. 2017/2018 di Universitas Islam Riau menunjukkan bahwa dari dua Kelas A, terdapat 26 mahasiswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependent (FD), dan 22 mahasiswa memiliki gaya kognitif Field Independent (FI). Untuk kelas B, terdapat 22 mahasiswa memiliki gaya kognitif Field Dependent (FD) dan 32 mahasiswa memiliki gaya kognitif Field Independent (FI), sedangkan berdasarkan analisis kemampuan berpikir kritis dan gaya kognitif mahasiswa, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara mahasiswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependent dengan mahasiswa yang memiliki gaya kognitif Fied Independent. 
PEMBUATAN PETA KONSEP MEMANFAATKAN VISUALISASI GRAFIK PERSAMAAN KUADRAT BERBANTUAN GEOGEBRA Memolo, Tundung
AdMathEdu : Mathematics Education, Mathematics, and Applied Mathematics Journal Vol 8, No 1: Juni 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.915 KB) | DOI: 10.12928/admathedu.v8i1.11123

Abstract

Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) meliputi dua konsep utama, yaitu matematisasi horisontal dan matematisasi vertikal. Matematisasi horisontal melibatkan ekspresi matematis dari masalah kehidupan nyata. Sedangkan matematisasi vertikal melibatkan ekspresi ulang matematika dengan penggunaan simbol. Dalam konteks ini, matematisasi horisontal menggunakan model, grafik dan diagram. Salah satu bentuk representasi dari grafik adalah penggunaan Geogebra. Geogebra adalah perangkat lunak matematika dinamis untuk sekolah yang menggabungkan geometri, aljabar, dan kalkulus. Kendala yang dihadapi siswa adalah mereka membutuhkan waktu yang lama di dalam membuat sketsa grafik persamaan kuadrat. Akibatnya, para siswa terhambat di dalam menganalisis bentuk kurva dalam beragam nilai. Oleh karenanya, perlu dibuat peta konsep yang dibangun dengan pemahaman siswa itu sendiri melalui pembelajaran dengan menggunakan Geogebra. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat peta konsep setelah melihat visualisasi beragam grafik persamaan kuadrat dengan bantuan Geogebra. Metode penelitian ini berdasarkan tujuannya termasuk penelitian dasar yang berguna membuktikan dan menjelaskan sebuah teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa grafik fungsi persamaan kuadrat dapat divisualisasi dengan jelas menggunakan Geogebra. Manipulasi nilai a,b, dan c dapat dilakukan pada Geogebra, yang selanjutnya Deskriminan (D) dapat dicari. Selanjutnya dapat dibuat peta konsep yang memvisualisasi hubungan antara nilai a,b,c, atau D dengan grafik persamaan kuadrat. Nilai a memvisualisasi keterbukaan grafik, apakah terbuka ke atas atau ke bawah. Nilai b terkait dengan nilai a yang memvisualisi sumbu simetri. Nilai c memvisualisasi perpotongan grafik dengan sumbu Y, sedangkan nilai D memvisualisasi perpotongan grafik dengan sumbu X, apakah berpotongan ataukah tidak..
ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS KVISOFT DIPADUKAN DENGAN GEOGEBRA PADA MATA KULIAH PROGRAM LINIER Priwantoro, Soffi Widyanesti; Fahmi, Syariful; Astuti, Dwi
AdMathEdu : Mathematics Education, Mathematics, and Applied Mathematics Journal Vol 8, No 1: Juni 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.337 KB) | DOI: 10.12928/admathedu.v8i1.11119

Abstract

Ada beberapa cara agar pembelajaran berkualitas yaitu ketersediaan dan pemanfaatan media pembelajaran. Kedudukan media pembelajaran memiliki peranan penting karena dapat mempemudah proses pembelajaran seperti membuat suasana belajar yang tidak menarik menjadi menarik. Media belajar mandiri pada era kemajuan teknologi sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan akan media berbasis teknologi pada mata kuliah Program linier yang bersifat menarik, efektif, mandiri dan efisien. Subyek dari penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Program Linier Semester lima Prodi Pendidikan Matematika FKIP UAD. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa mutimedia berbasis kvisoft flipbook maker yang dipadukan dengan Geogebra dibutuhkan sebagai media pembelajaran yang menarik, efektif, mandiri dan efisien dalam meningkatkan pemahaman pada mata kuliah Program Linier
PENDEKATAN ANALISIS VECTOR AUTO REGRESSION (VAR) DALAM HUBUNGAN HARGA SAHAM SEKTOR INFRASTRUKTUR DAN MANUFAKTUR Windasari, Wahyuni
AdMathEdu : Mathematics Education, Mathematics, and Applied Mathematics Journal Vol 8, No 1: Juni 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.662 KB) | DOI: 10.12928/admathedu.v8i1.11124

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada-tidaknya hubungan antara harga saham di sektor infrastruktur dan sektor manufaktur dengan menggunakan model VAR. Adapun data yang digunakan berupa data harga saham harian pada sektor infrastruktur dan manufaktur periode Januari 2015- Juli 2017 sebanyak 661 data dengan olah data menggunakan software Eviews. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa harga saham sektor manufaktur mempengaruhi saham sektor infrastruktur sesuai dengan model VAR(2). Selanjutnya dari uji Portmanteau diperoleh bahwa model VAR(2) merupakan model terbaik untuk menjelaskan hubungan antara harga saham sektor infrastruktur dan harga saham sektor manufaktur. 
METODE UNIVERSAL THRESHOLD DALAM TRANSFORMASI WAVELET DISKRET PADA KASUS SINYAL SUARA Andriyani, Andriyani; Hamsyi, Moch.
AdMathEdu : Mathematics Education, Mathematics, and Applied Mathematics Journal Vol 8, No 1: Juni 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (620.876 KB) | DOI: 10.12928/admathedu.v8i1.11115

Abstract

Masalah yang terjadi pada sinyal suara adalah terjadinya noise yang mengkontaminasi proses pengolahannya. Dalam hal ini, diperlukan suatu proses reduksi noise untuk mengurangi noise yang terdapat pada sinyal suara. Reduksi noise di sini dilakukan dengan menerapkan transformasi wavelet diskri yang terdiri dari tiga langkah utama yaitu: dekomposisi sinyal, proses thresholding dan rekonstruksi sinyal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji metode universal threshold untuk mendapatkan nilai threshold dan aplikasinya pada kasus sinyal suara yang terkontaminasi Gaussian noise. Metode yang dilakukan adalah kajian literatur referensi-referensi terkait transformasi wavelet diskrit dan sinyal suara. Nilai threshold yang digunakan dalam proses thresholding ditentukan dengan metode universal threshold yang dikaji agar threshold yang diperoleh memberikan hasil optimal ketika dibandingkan dengan koefisien wavelet  hasil penerapan aturan hard atau soft thresholding. Hasil aplikasi dan simulasi reduksi noise dengan wavelet menunjukkan bahwa nilai SNR berbanding terbalik dengan nilai MSE, sedangkan nilai nilai threshold sebanding dengan nilai MSE.
PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF CONFIDENCE Sugiarti, Sugiarti; Dewanti, Sintha Sih
AdMathEdu : Mathematics Education, Mathematics, and Applied Mathematics Journal Vol 8, No 1: Juni 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.006 KB) | DOI: 10.12928/admathedu.v8i1.11120

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif untuk menganalisis tentang pengaruh penerapan pendekatan PBL dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dan self confidence. Populasi yang diteliti adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017, dengan sampel penelitian terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 102 siswa. Kelas VII E dijadikan kelas eksperimen 2 dengan treatment berupa pembelajaran dengan pendekatan PBL dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Kelas VII D dijadikan sebagai kelas eksperimen 1 dengan treatment berupa pembelajaran dengan pembelajaran dengan pendekatan PBL. Kelas VII C dijadikan sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah pretest-posttest kemampuan pemecahan masalah dan prescale-postscale self confidence dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistic parametrik inferensial yang meliputi uji anova satu jalur (one way anova) dan uji tukey. Pembelajaran menggunakan pendekatan PBL dengan model pembelajaran koopertaif tipe TPS memberikan pengaruh paling baik terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self confidence. Pembelajaran dengan pendekatan PBL memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self confidence. 
ELEMENTARY PRE-SERVICE TEACHERS’ SELF-EFFICACY IN MATHEMATICS Darta, Darta; Rohimah, Siti Maryam; Ahmad, Ahmad
AdMathEdu : Mathematics Education, Mathematics, and Applied Mathematics Journal Vol 8, No 1: Juni 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.793 KB) | DOI: 10.12928/admathedu.v8i1.11116

Abstract

Self-efficacy (SE) is related to someone’s belief influencing their success, including success in teaching mathematics for elementary pre-service teachers. This research aimed to analyse: 1) the self-efficacy difference between high-levelled students and moderate-levelled students; 2) the correlation of self-efficacy indicators; 3) correlation of self-efficacy statements, and 4) pattern interpretation of significant correlation tendency between each self-efficacy statement on elementary pre-service teachers. The subjects of this research were the senior students of Primary Education Department in one of private universities in Bandung. The self-efficacy data were obtained from 149 students. The correlation and mean difference test analysis were done with the support of SPSS. The result showed that the self-efficacy of high-levelled students was better than the self-efficacy of medium-levelled students, there was positive significant correlation either for each self-efficacy indicator or self-efficacy statement. From the correlation, there was a meaningful pattern for self-efficacy of elementary pre-service teachers.
PEMBINAAN GURU DAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENYUSUNAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) MELALUI PENDEKATAN "REMASEN" Suparyana, Suparyana
AdMathEdu : Mathematics Education, Mathematics, and Applied Mathematics Journal Vol 8, No 1: Juni 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.002 KB) | DOI: 10.12928/admathedu.v8i1.11121

Abstract

Tujuan dari Pembinaan penyusunan KTSP melalui pendekatan "REMASEN" ini adalah tersusunnya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang dapat dijadikan sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan.Metode pembinaan penyusunan KTSP melalui pendekatan religious, matematika, dan seni yang disingkat "REMASEN" . Pendekatan religious terdiri dari lima aspek, yaitu religious belief (aspek keyakinan), religious practice (aspek peribadatan), religious felling (aspek penghayatan), religious knowledge (aspek pengetahuan), dan religiuos effect (aspek pengamalan). Pendekatan matematika terdiri dari tiga aspek, yaitu berpikir kritis, sistematis, dan logis. Pendekatan seni terdiri dari tiga aspek, yaitu aspek nilai keindahan, nilai pengetahuan, dan nilai kehidupan.Hasil yang dicapai adalah satuan pendidikan dapat menyusun KTSP sesuai dengan kondisi nyata, kondisi ideal, potensi, dan karakteristik yang dimiliki, sehingga visi yang disepakati dapat dijadikan sebagai cita-cita bersama warga satuan pendidikan dan segenap pihak yang berkepentingan pada masa yang akan datang, misi dapat memberikan arah dalam mewujudkan visi sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, tujuan satuan pendidikan merupakan gambaran tingkat kualitas yang perlu dicapai dalam jangka menengah (empat tahunan).

Page 1 of 1 | Total Record : 10