cover
Contact Name
Aditya Mahatidanar Hidayat
Contact Email
adityamahatidanar@gmail.com
Phone
+6281379843467
Journal Mail Official
tekniksipil@ubl.ac.id
Editorial Address
Jl. Z.A. Pagar Alam No 26, Labuhan Ratu, Bandar Lampung
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Teknik Sipil
ISSN : 20872860     EISSN : 27456110     DOI : http://dx.doi.org/10.36448/jts.v14i1
Core Subject : Engineering,
Jurnal Teknik Sipil ini memberikan para peneliti dan praktisi di bidang teknik struktural dan sipil dengan forum unik untuk menyebarkan ide dan teknik baru dengan dampak potensial yang signifikan. Jurnal Teknik Sipil mengundang pengajuan makalah asli, empiris, dan teoretis serta studi kasus dan resensi buku yang mencakup berbagai bidang Teknik Sipil yang terdaftar (namun tidak terbatas pada) sebagai berikut: 1. Konstruksi dan Bahan Bangunan 2. Rekayasa Struktur dan Gempa 3. Mekanika Batuan dan Rekayasa Geoteknik 4. Teknik Lingkungan 5. Ilmu dan Teknik Air 6. Rekayasa Transportasi 7. Teknik Kelautan dan Kelautan
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 2 (2024): Oktober" : 4 Documents clear
Evaluasi Kondisi Jaringan Irigasi Untuk Saluran Primer Pada Daerah Irigasi Bandar Sidoras Kabupaten Deli Serdang Darmawan, Hariz; Frnchitika, Rizky
Jurnal Teknik Sipil Vol 15, No 2 (2024): Oktober
Publisher : Universitas Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jts.v15i2.4136

Abstract

Daerah Irigasi Bandar Sidoras terletak di Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Luas fungsionalnya mencapai 3000 Ha dengan saluran irigasi primer sepanjang 10,62 km, khususnya pada saluran irigasi Primer Kerasaan yang dikelola oleh Balai Wilayah Sungai Sumatera II (BWSS II). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi aset irigasi dan menganalisis frekuensi hidrologi serta hidraulika untuk merencanakan ulang saluran irigasi. Metode Nakayasu digunakan bersama beberapa metode lain sebagai perbandingan. Hasil survei menunjukkan bahwa tingkat kerusakan tertinggi terdapat pada ruas 3. Dari analisis, diperoleh parameter perencanaan: T1 = 5,5 m, h = 0,9 m, H = 1,50 m, dan B = 1 m. Dengan hasil ini, saluran irigasi pada ruas ke 3 direncanakan untuk dibangun ulang guna meningkatkan efisiensi dan daya tampungnya.
ANALISA PENANGGULANGAN BANJIR SUNGAI WAY SEMAKA DENGAN METODE NORMALISAI SUNGAI DIWILAYAH PEKON KERANG KECAMATAN BATU BRAK LAMPUNG BARAT Sadad, Ilyas; Anggaria, Arbet
Jurnal Teknik Sipil Vol 15, No 2 (2024): Oktober
Publisher : Universitas Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jts.v15i2.4137

Abstract

Wilayah Pekon Kerang, Kecamatan Batu Brak, Kabupaten Lampung Barat dilanda banjir pada 13 November 2022. Bencana alam semacam ini terjadi setiap kali hujan turun. Lebih dari sepuluh rumah hanyut oleh air. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan banjir. Puluhan hektare sawah terendam banjir akibat dari luapan Sungai Way Semaka. Dengan adanya permasalahan di daerah tersebut perlu adanya tindakan untuk mengantisipasi terjadinya kerugian yang lebih besar lagi, dan upaya yang dapat di lakukan adalah dengan menganilasa curah hujan mengunakan salah satu program untuk menganilisa air yaitu HEC- RAS 6.5. Adanya penelitian ini diharapkan menjadi antisipasi banjir dan adanya solusi solusi yang bisa diditerapkan baik daripihak pemerintah maupun masyarakat. Metodologi penelitian meliputi tahapan mulai dari pengambilan data, pengukuran eksisting sungai, pengumpulan data curah hujan dan DAS, Analisadebit banjir rencana, desain pemodelan normalisasi menggunakan HEC-RAS 6.5, cek kapasitas penampang sungai, evaluasi penampang eksisting, gambar rencana desain normalisasi. Beberapa lokasi tergenang menurut studi kapasitas penampang sungai HEC-RAS 6.5. Pada ketinggian 1,61 meter, Sungai Sta.750 mengalami banjir tertinggi. Standardisasi merupakan opsi jangka pendek lainnya untuk meningkatkan kapasitas Sungai Pekon Kerang. Secara khusus, sungai Sta 0,00–500 dan 1500– 2000 akan dikeruk hingga kedalaman yang lebih besar dengan simulasi menggunakan program aplikasi HEC-RAS 6.5. Dengan menggunakan pendekatan lain, akan terjadi perbedaan 10% di wilayah Pekon Kerang yang tergenang.
ANALISIS PENGARUH PENGATUR LALU LINTAS LIAR PADA U-TURN TERHADAP KINERJARUAS JALAN ZAINAL ABIDIN PAGAR ALAM STA 1+750 Karim, A Ikhsan; Juniardi, Juniardi; Sulthon, M Rivo
Jurnal Teknik Sipil Vol 15, No 2 (2024): Oktober
Publisher : Universitas Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jts.v15i2.4138

Abstract

U-Turn merupakan saIah satu fasilitas pada jalan untuk melakukan perubahan arah. SaIah satu pengaruh ketika melakukan gerakan U-Turn yaitu perubahan kecepatan kendaraan dimana kecepatannya akan menurun dan berhenti. Kemacetan ini teratasi jika ada petugas dari kepolisian atau dishub, akan tetapi jika ada pengatur IaIu Iintas Iiar atau yang biasa dipanggil pak 0gah, seharusnya sama pengaruhnya degan pengatur lalu lintas resmi, akan tetapi menurut opini masyarakat adalah sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kecepatan, antrean, dan tundaan yang terjadi saat adanya pengatur IaIu Iintas Iiar dan tanpa adanya pengatur IaIu Iintas Iiar . Data lapangan diambil pada hari Senin 10 Juni 2024 dan hari Sabtu 15 Juni 2024 dari jam 06:30 – 10:30. Pengatur IaIu Iintas Iiar muncul pada jam 07:30 – 08:30, kemudian muncul kembali pada jam 10:00 – 11:00. Berdasarkan analisis data lapangan yang diperhitungkan, jika pada waktu kemunculannya pengatur lalu lintas liar terjadi perbedaan kecepatan, antrean, dan  tundaan yang menyebabkan semakin terjadi kemacetan.
STUDI ANALISIS KINERJA JALAN RAYA AKIBAT BEBAN LALU LINTAS DAN FAKTOR LINGKUNGAN Rahmawati, Rima; Maruman, Azahri
Jurnal Teknik Sipil Vol 15, No 2 (2024): Oktober
Publisher : Universitas Bandar Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jts.v15i2.4139

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh beban lalu lintas dan faktor lingkungan terhadap kinerja jalan raya di wilayah perkotaan. Pendekatan metodologi yang digunakan meliputi pengumpulan data lalu lintas, pengujian kondisi perkerasan jalan, dan analisis faktor lingkungan seperti curah hujan dan suhu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban lalu lintas berat dan intensitas curah hujan yang tinggi secara signifikan mempengaruhi penurunan kualitas perkerasan jalan. Rekomendasi perbaikan dan strategi mitigasi untuk meningkatkan umur layanan jalan juga disajikan dalam penelitian ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 4