cover
Contact Name
Hakim
Contact Email
luqmanhyacob@gmail.com
Phone
+6281288884883
Journal Mail Official
widyagogik@trunojoyo.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. bangkalan,
Jawa timur
INDONESIA
Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
ISSN : 2303307X     EISSN : 25415468     DOI : https://doi.org/10.21107/Widyagogik
Core Subject : Education,
Widyagogik, terbit dua kali setahun berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian di bidang pendidikan dan pembelajaran sekolah dasar.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2018): Widyagogik" : 7 Documents clear
KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG DOMINAN BERGAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORIAL, DAN KINESTETIK DI SDN GUGUS III KECAMATAN LAMONGAN Siska Aryani Sekarwati; Moh Edy Nurtamam
Widyagogik Vol 5, No 2 (2018): Widyagogik
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.586 KB) | DOI: 10.21107/widyagogik.v5i2.3865

Abstract

 ABSTRACTThis research purpose to know the comparison of mathematic learning outcomes between students who dominant style visual, auditorial, and kinesthetic learning. This research was conducted in class V elementary school of cluster III Subdistrict Lamongan. This research is a quantitative reasearch with the type of comparative research. Population in this research were all students of class V in elementary school of cluster III Subdistrict Lamongan.Technique sampling used purposive sampling. Data analysis using ANOVA test and continued with Scheffee test. The results of research: result of the hypothesis test using ANOVA test, show that Fcount= 5,674 Ftable=3,07 so, Ho is rejected, which means there is a significant difference of mathematic learning outcomes between students who dominant style visual, auditorial, and kinesthetic learning in elementary school  cluster III Subdistrict Lamongan. Further test with Scheffe test, it show that there is no significant difference of mathematics learning outcomes between student dominant style of visual learning with student dominant style of auditorial learning, there was a significant difference of mathematics learning outcomes between student dominant style of visual learning with student dominant style of kinesthetic learning,  there was no significant difference of mathematics learning outcomes between student dominant style of auditorial learning with student dominant style of kinesthetic learning. Keywords : Mathematic Learning Outcomes, Visual Learning Style, Auditorial Learning Style, Kinesthetic Learning Style ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika antara siswa yang dominan bergaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Gugus III Kec. Lamongan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus III Kec. Lamongan. Analisis data menggunakan uji ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Scheffee. Hasil penelitian: hasil uji hipotesis menggunakan uji ANOVA menunjukkan bahwa Fhitung= 5,674Ftabel = 3,07 sehingga Ho ditolak, yang berarti ada perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang dominan bergaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik di SDN Gugus III Kec. Lamongan. Uji lanjut dengan uji Scheffee yaitu tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang dominan bergaya belajar visual dengan siswa yang dominan bergaya belajar auditorial, ada perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang dominan bergaya belajar visual dengan siswa yang dominan bergaya belajar kinestetik, tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang dominan bergaya belajar auditorial dengan siswa yang dominan bergaya belajar kinestetik 
PENGGUNAAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA SEKOLAH DASAR Hanafi Hanafi
Widyagogik Vol 5, No 2 (2018): Widyagogik
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.068 KB) | DOI: 10.21107/widyagogik.v5i2.3867

Abstract

ABSTRACT The aim of this research was increasing learning outcomes on PKn study “Sistem Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat” subject, students of class IV elementary Tambelangan 1 Tambelangan Sampang district semester 2 year school 2016/2017 through using Make a Match Method. This classroom action research consists of 4 meetings, they were 2 meetings hold on cycle 1, and 2 meetings hold on cycle 2. Each meetings has implemented as each RPP record so be able to increase learning outcomes of students, According to the result of this research, researcher concluded that implementation of this learning increased learing outcomes so students’s value that before this research implemented still very low grade average such as only 58 grade average, and be more after cycle 1 implemented it was be 72, and be 87 on cycle 2 with 81% classical completnes. Keywords: Make a match, PKn, Learning Outcomes   ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn Materi “Sistem Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat” Siswa Kelas IV SDN Tambelangan 1 Semester 2 Tahun Ajaran 2016/2017 melalui Penggunaan Metode Make a match Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 4 pertemuan, yaitu 2 pertemuan pada siklus 1, dan 2 pertemuan pada siklus 2. Masing-masing pertemuan telah dilaksanakan sesuai dengan RPP masing-masing pertemuan sehingga dapat menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa yang baik.  Berdasarkan hasil pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar sehingga nilai siswa yang sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas ini masih sangat rendah yaitu rata-rata 58 dengan ketuntasan klasikal 38%; pada siklus 1 meningkat menjadi rata-rata 72 dengan ketuntasan klasikal 52%; dan pada siklus 2 meningkat pesat menjadi rata-rata 87 dengna ketuntasan klasikal 81%. 
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR Febditya Aji Wijaya; Mawardi Mawardi; Krisma Widi Wardani
Widyagogik Vol 5, No 2 (2018): Widyagogik
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.5 KB) | DOI: 10.21107/widyagogik.v5i2.3866

Abstract

ABSTRACTThe purpose of this research is to the improve of learning results of the fourth grade science which is the core and achievement school but have learning result that is still felt less of satisfactory.  The types of research which used is Classroom Action Research and it is implemented as much as 2 cycles.  The research learning model used in this research is group investigation. Instruments used in this study are formative test sheets, observation sheets, documentation, and interviews. In the implementation of the first cycle, there is a change in the improvement of cognitive learning outcomes after the action in cycle II. By executing the action using group investigation model on science learning, there is improvement of psychomotor learning results through observation of the students’ cooperation.  In addition, there is also improvement of affective learning results in the students’ behavior.  So, it can be concluded that learning by group investigation model can improve the cognitive, affective, and psychomotor learning results on the teaching and learning of science. Keyword : group investigation, learning results, cognitive, affective, psychomotor. ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar muatan IPA kelas IV yang merupakan sekolah inti dan berprestasi namun memiliki hasil belajar yang masih dirasa kurang memuaskan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah group investigation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes formatif, lembar observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pada pelaksanaan tindakan siklus I terjadi perubahan peningkatan hasil belajar kognitif setelah dilaksanakan tindakan pada siklus II. Dengan dilaksanakan tindakan menggunakan model group investigation pada pembelajaran IPA terjadi peningkatan hasil belajar psikomotor melalui pengamatan kerja sama siswa. Selain itu juga terjadi peningkatan hasil belajar Afektif pada perilaku siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran model group investigation dapat meningkatkan hasil belajar kognitif, afektif maupun psikomotor pada muatan pembelajaran IPA.
PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI ALAT BANTU PENCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN Fachrur Rozie
Widyagogik Vol 5, No 2 (2018): Widyagogik
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (143.468 KB) | DOI: 10.21107/widyagogik.v5i2.3863

Abstract

ABSTRACTThe purpose of this study is to determine the extent of the teacher's perspective on learning media as a tool to facilitate the achievement of learning objectives in the State Elementary School Bancaran 4 Bangkalan district. This research type is descriptive research. Many teachers in Bangkalan district do not understand that the media is a learning tool to facilitate the achievement of learning objectives. This is evident from the results of data analysis that shows not consider the media as something that is important to achieve learning objectives. Teachers also rarely use learning media because it is still the process of choosing to adjust the learning materials and create a simple media that takes a little time, learning media is very important to support the process of learning activities, and the number of media in elementary schools is not too much. Keywords: Perception Teachers, Learning Media.  ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana perspektif guru tentang media pembelajaran sebagai alat untuk mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran di SD Negeri Bancaran 4 kabupaten Bangkalan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Banyak guru di kabupaten Bangkalan yang belum memahami bahwa media merupakan alat bantu pembelajaran untuk mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran. Hal ini nampak dari hasil analisis data yang menunjukan belum menganggap media sebagai sesuatu yang penting untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru juga jarang menggunakan media pembelajaran karena masih proses memilih menyesuaikan materi pembelajaran maupun membuat media sederhana yang membutuhkan waktu yang sedikit lama, media pembelajaran sangat penting untuk mendukung proses kegiatan pembelajaran, dan jumlah media di Sekolah Dasar jumlahnya tidak terlalu banyak. Kata Kunci: Persepsi Guru, Media Pembelajaran.
Pengembangan Buku Ajar PKn Talking Pop-Art Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa SD Kelas IV Pada Materi Globalisasi Feri Tirtoni; Rugaya Meis
Widyagogik Vol 5, No 2 (2018): Widyagogik
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.793 KB) | DOI: 10.21107/widyagogik.v5i2.3874

Abstract

ABSTRACT The purpose of this study is the development of learning tools and the textbooks of Civics Education for the fourth grader of elementary school to improve students' cognitive learning outcomes, namely talking pop art book. The design of this book a Civic book contains interesting layout materials with a varied pop art display. This type of research is a developmental study using the Dick and Carey Development model. The subjects of this study were 18 students in the fourth grade of elementary school students at Muhammadiyah 1 Taman Sepanjang. The result of the research was the average score of the students were interested on the implementation of learning strategy particularly Contextual Learning assisted by the Civics Education talking pop art book on the activity of Test I, the result was three components with good category, Attention (average score 4.1, Convidence (confidence) average score 4.2, and Satisfaction (satisfaction) average score 4.33, and components Relevance (relevance) with very good category, with an average score of 4.6. In the second trial, the students were more enthusiastic and motivated with the developed Civics Education Students Books based on Pop Art Book, the students can interact with the book  well and then can further explore their understanding related to the content. Keyword : development of learning tools Civics text book with talking pop art book, cognitive learning outcomes.   ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah pengembangan yang dilakukan pada perangkat pembelajaran dan buku ajar PKn kelas IV SD untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, yaitu sebuah  perangkat pembelajaran dan buku ajar PKn talking pop art book (sebuah desain buku PKn yang dilengkapi dengan sebuah  layout  materi yang menarik dengan sebuah tampilan  pop art variatif). Jenis penelitian ini merupakan sebuah penelitian pengembangan menggunakan model Pengembangan Dick and Carey. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Taman Sepanjang sebanyak 18 siswa.Hasil penelitian adalah skor rata-rata minat siswa terhadap penerapan pembelajaran strategi Contextual Learning berbantu buku PKn talking pop art book pada kegiatan Uji Coba I, diperoleh hasil yaitu tiga komponen dengan kategori baik yaitu, Attention (perhatian) skor rata-rata 4.1, Convidence (keyakinan) skor rata-rata 4.2, dan Satisfaction (kepuasan) skor rata-rata 4.33, serta komponen Relevance (keterkaitan) dengan kategori sangat baik, dengan skor rata-rata 4.6. Pada uji coba ke II siswa lebih antusias dan termotifasi dengan Buku Ajar Siswa PKn SD berbasis Pop Art Book  siswa lebih bisa bisa berinteraksi dengan baik dengan buku tersebut dan kemudian bisa lebih mengeksplor pemahamannya terkait materi 
PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DAN KARTU DISIPLIN PADA PEMBELAJARAN KARAKTER TEMA 6 KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI SALATIGA 09 Andra Laras Sari; Suroso Suroso; Yustinus Yustinus
Widyagogik Vol 5, No 2 (2018): Widyagogik
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.159 KB) | DOI: 10.21107/widyagogik.v5i2.3864

Abstract

ABSTRACTThis study aims to develop an comics books and discipline cards in characters educations or character education strengthening. This study was focusing more on strengthening character value discipline, honesty, independent and religiously at grade 3 elementary school Salatiga 09. This study use a type of development research with Borg and Gall. Expert materials 74% (high) material validation, media experts validation 72% (high),  media validation by teacher 83% (high conformity), and 84% (high conformity) media respons by students.  Then the student strength character value of discipline  is  97% (very good), honesty 93% (very good), independent 89 % (very good), and religiously 97% (very good) after using comics books and discipline card. Keyword : Characters Education, Comics Books and Discipline Card, Borg and Gall  ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik dan kartu disiplin sebagai media pembelajaran karakter atau Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Penelitian ini lebih memfokuskan pada Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)  nilai disiplin, jujur, mandiri dan religius di  kelas 3 SD Negeri Salatiga 09. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dan menggunakan model Borg and Gall.  Hasil uji pakar materi 74% (Tinggi), uji pakar media 72% (Tinggi). Respon siswa terhadap media yaitu 84% (Sangat Tinggi) dan guru 83% (Sangat tinggi).  Penguatan nilai karakter siswa yaitu 97%  (Sangat Baik) nilai karakter disiplin, 93% (Sangat Baik)  nilai karakter jujur, 89% (Sangat Baik)  nilai karakter mandiri dan 97%  (Sangat Baik) nilai karakter religius setelah pembelajaran menggunakan media komik dan kartu disiplin.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURE PADA SISWA SEKOLAH DASAR Suhamo Rahman
Widyagogik Vol 5, No 2 (2018): Widyagogik
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.228 KB) | DOI: 10.21107/widyagogik.v5i2.3875

Abstract

ABSTRACTThis research aims to increase learning outcomes by implementation of Assure learning model on PKn learning “Sikap Terhadap Pengaruh Globalisasi” subjects by class IV students of elementary Banjarbillah 1 Tambelangan Sampang district semester 2 school year 2016/2017. This research was Class Action Research that implemented in two cycles. Each cycle consists of four steps such as planning, implementation, observation, and reflection. Subject of this research were students in class IV, they were 16 students. Collection data technique were test, observation, documentation, and discussion record. The result of this research indicated that implementation of Assure learning model was able to increase learning outcomes of students such as increasing of average grade and classical completeness on each cycle. For example, there was 48 of average grad on pra-cycle, and increased on cycle 1 been 62, and more increase on cycle 2 been 80. Keywords: Model  Pembelajaran Assure, Hasil Belajar, PKn ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran assure mata pelajaran PKn materi “Sikap Terhadap Pengaruh Globalisasi” Siswa Kelas IV SDN Banjarbillah 1 Kecamatan Tambelangan Kabupaten Sampang Semester 2 Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN Banjarbillah 1 Kecamatan Tambelangan Kabupaten Sampang Semester 2 Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 16 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi dan wawancara.  Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran assure dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal pada setiap siklus. Nilai rata-rata siswa pada saat prasiklus adalah 48, meningkat menjadi 62 pada Siklus 1 dan meningkat menjadi 80 pada saat Siklus 2

Page 1 of 1 | Total Record : 7