cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Prosiding Universitas PGRI Palembang
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PGRI 2017" : 20 Documents clear
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI TEKS NARATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS Tahrun, Tahrun
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PGRI 2017
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1324.72 KB)

Abstract

ABSTRAKSalah satu jenis teks yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing dalam berbagai tingkatan pendidikan adalah teks naratif. Teks naratif merupakan suatu bentuk tulisan yang berisi tentang suatu cerita, baik cerita nyata maupun cerita imajinatif atau sebagian dari keduanya. Sasaran utamanya adalahagar peserta didik dapat menggunakan bahasa Inggris untuk menghibur melalui cerita. Dampak pengiring yang dapat dicapai melalui teks naratif dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah pendidikan nilai-nilai karakter yang terkandung di dalam cerita tersebut. Tulisan ini bertujuan untuk berbagi gagasan atau pandangan secara teoretis tentang bagaimana implementasi pendidikan karakter melalui teks naratif berbahasa Ingris dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing.
PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP MAHASISWA PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL2) PROGRAM STUDY PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG TAHUN 2015 Lestari, Neta Dian
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PGRI 2017
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1226.582 KB)

Abstract

AbstrakTujuan Penelitian untuk mengetahui Persepsi Guru Pamong terhadap Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan Program Studi Pendidikan Akuntansi Tahun Akademik 2015/2016. Variabel penelitian dalam penelitian ini adalah menggunakan Variabel tunggal yaitu Persepsi Guru Pamong terhadap Praktek Pengalaman Lapangan (PPL2) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Tahun Akademik 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan Angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian didapatkan bahwa Mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang pada pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL-2) di 17 Sekolah yang telah peneliti teliti, berdasarkan persepsi dari 20 guru pamong Terhadap 53 mahasiswa yang ber PPL-2 di sekolah tersebut dari 4 indikator yang terdiri dari 25 pernyataan terdapat: (1) Indikator komponen profesional mahasiswa PPL-2 persentase yang paling besar yaitu 53,33% kategori Baik (B). (2) Indikator komponen personal mahasiswa PPL-2 persentase yang paling besar yaitu 43,33% kategori Baik (B). (3) Indikator komponen sosial atau sikap mahasiswa PPL-2 persentase yang sangat tinggi sebesar 58,33% yaitu kategori Sangat Baik (SB). (4) Indikatorkomponen akademik mahasiswa PPL-2 persentase yang palingbesar yaitu 46,25% kategori Baik (B).
STRATEGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS Aryaningrum, Kiki
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PGRI 2017
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1649.537 KB)

Abstract

Pembelajaran IPS merupakan wahana pencapaian tujuan pendidikan nasional yang bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak, dan bertanggungjawab. Metode penulisan dilakukan dengan telaah pustaka (studi literatur).Strategi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS meliputi tahap perencanaan dikembangkan perangkat karakter yang meliputi proses penyusunan Silabus, RPP, ( penambahan, atau modifikasi pengembangan nilaikarakter) penyiapan bahan ajar (menambahkan kegiatan pembelajaran yang berwawasan pendidikan karakter) , dan media pembelajaran (misalnya guru mengembangkan barang-barang bekas, peserta didik akan mengembangkan kreativitas dan cinta terhadap lingkungan). Pada pelaksanaan pembelajaran Guru dapat menggunakan strategi pembelajaran aktive menyenangkan bermuatan karakter diantaranya melalui metode membangun tim dalam active learning. Metode ini untuk menanamkan nilai-nilai karakter seperti kerjasama, kepedulian, sosial, cinta damai, komunikatif, demokrasi, dan toleransi. Pada tahap evaluasi hasil dilakukan pengukuran (assesment) yang sengaja dirancang dan dilakukan perbaikan berkelanjutan untuk mendikteksi aktualisasikarakter dalam diri peserta didik. Teknik dan instrumen penilaian dipilih dan dilaksanaakan tidak hanya mengukur pencapaian akademik/kognitif saja, tetapi juga mengukur perkembangan kepribadian peserta didik. Teknik-teknik penilaian tersebut dapat dilakukan dengan tes tertulis, tes lisan, tes kinerja, penugasan individu/kelompok, observasi, penilaian portofolio, lembar pengamatan, penilaian diri (dengan lembar penilaian/kuesioner), dan penilaian antar teman.Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Pendidikan Karakter, Pembelajaran IPS
ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN JURNAL PENYESUAIAN PADA MATA KULIAH DASAR-DASAR AKUNTANSI KEUANGAN I PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG TAHUN AKADEMIK 2014/2015 Yulaini, Erma
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PGRI 2017
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1298.98 KB)

Abstract

AbstrakMasalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan Jurnal Penyesuaian pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Akuntansi Keuangan I Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang Tahun Akademik 2014/2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan Jurnal Penyesuaian pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Akuntansi Keuangan I Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang Tahun Akademik 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sampel penelitian adalah seluruh jumlah populasi yaitu 48 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan persentase nilai rata – rata yang didapat dari tes. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa dilihat dari frekuensi benar salah jawaban siswa per butir soal, hasil tertinggi didapatkan oleh soal nomor 3,5 dan 8 mengenai beban yang masih harus dibayar dan penyusutan aset tetap dengan persentase 97,9 dan untuk soal dengan nilai rata – rata terendah pada soal nomor 9 mengenai beban dibayar dimuka dengan persentase 60,4. Sedangkan rata – rata nilai keseluruhan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan jurnal penyesuaian sebesar 82 pada kategori baik.
PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA Misdalina, Misdalina; Ningsih, Yunika Lestaria; Marhamah, Marhamah
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PGRI 2017
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1579.846 KB)

Abstract

Abstrak- Keberhasilan mahasiswa dalam belajar ditentukan antara lain dari aspek internal. Kenyataan menunjukkan masih ada mahasiswa belajar tanpa melakukan perencanaan, pemantauan, pengontrolan dan evaluasi dalam belajar. Mahasiswa mengerjakan tugas tidak tepat waktu, mengakui tugas orang lain sebagai kepunyaannya, dan tidak belajar secara kontinu di rumah. Ini menunjukkan bahwa mahasiswa belum memiliki kemandirian belajar yang baik, yang tentunya akan memberikan kemungkinan berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar mahasiswa. Metode yang digunakan metode korelasional, dengan mengumpulkan data angket kemandirian belajar dan tes hasil belajar. Dan dianalisis menggunakan uji korelasi produk moment. Berdasarkan hasil penelitian ada pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar mahasiswa.kata kunci:Kemandirian belajar, Hasil belajar
SUNGAI KOMERING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERPADU (SOSIOLOGI) KELAS VIII SEKOLAH MTs NU SUMBER AGUNG TAHUN PELAJARAN 2015-2016 Yusmiono, Boby Agus
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PGRI 2017
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1308.552 KB)

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) mengetahui pemanfaatan sungai Komering sebagai media pembelajaran IPS (Sosiologi) Pada materi lingkungan hidup di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama MTs-NU Sumber Agung (2) Mengetahui pemahaman siswa kelas VIII terhadap materi lingkungan hidup setelah pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu (Sosiologi) menggunakan media sungai Komering. Penelitian ini mengambil dua lokasi di sungai Komering kecamatan Buay Madang dan Sekolah MTs-NU Sumber Agung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, dokumen dan tempat. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kajian dokumen, dan observasi langsung. Pengujian validitas data dalam penelitian ini dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini di analisis dengan menggunakan model interakatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan pemanfaatan sungai Komering sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu (Sosiologi) pada kelas VIII Sekolah Menengah Pertama MTs-NU Sumber Agung tahun pelajaran 2015/2016
PEMENTASAN WAYANG PALEMBANG: Pendidikan Karakter Melalui Eksplorasi Bahasa dan Budaya Lokal Houtman, Houtman
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PGRI 2017
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1143.509 KB)

Abstract

ABSTRAKDi samping terkenal dengan kekuatan daya kulinernya, Palembang juga memiliki satu warisan mahal yang nyaris terlupakan, yakni Wayang. Tradisi berwayang ini cukup jarang diperhelatkan karena  minat generasi muda yang relatif kurang. Wayang Palembang yang termasuk jenis Wayang Kulit, adalah kesenian tradisonal yang tidak jauh berbeda dengan wayang kulit lain yang ada di seantero Indonesia. Wayang kulit Palembang juga mempunyai tokoh-tokoh pewayangan yang sama dengan wayang kulit Jawa misalnya. Cerita yang diambil pun juga bersumber dari kisahan cerita Ramayana dan Bharatayudha. Hal prinsip yang membedakannya terletak pada seragam pemain musik wayang dan dalangnya, beserta bahasa yang dipergunakan, yakni bahasa Palembang. Dalam kapasitas sebagai budaya lokal, wayang Palembang memuat pesan-pesan moral yang diangkat sebagai salah satu cara pendidikan karakter bagi masyarakatnya. Karakter yang dimunculkan dalam setiap pementasan, dapat memberikan inspirasi bagi penguatan rasa bangga terhadap daerahnya sekaligusmendidik warganya untuk tunduk dan menyadari secara penuh tentang karakter positif yang harus diwujudkan.Kata KunciWayang Palembang, Pendidikan karakter, Bahasa, Budaya lokal
The Development of Gender Based-Teaching Material: Press and Journalistic Skills Tahrun, Tahrun; Nasir, Muhamad; Houtman, Houtman
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PGRI 2017
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.492 KB)

Abstract

This article presents conceptual design of gender based-teaching material for teaching “Press and Journalistic Skill” to the students of Language and literature education department. This conceptual design is the result of the first year research finding of the two years scheduled. The teaching material developed was in the form of textbook. This teaching material was designed to improve students’ skill in press and journalism. To develop this instructional material, the writers used Research and Development method. The result of the research showed that the content of the textbook of press and journalism covers d the scope of communication, the nature, process and components of communication, mass communication and press/jurnalism, jurnalist, mass media, news, the ethics of journalism, and the press law. This textbook is ended with references.  Key words: teaching material, gender, press, journalistic
ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA CALON GURU PENDIDIKAN MATEMATIKA Retta, Allen Marga
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PGRI 2017
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1485.732 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru di program studi pendidikan matematika pada mata kuliah Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Pada mata kuliah ini mahasiswa sebagai calon guru diberi bekal tidak hanya mendapatkan pemahaman mengenai teori keterampilan dasar mengajar tetapi juga dapat mempraktekkan cara mengajar yang baik berdasarkan teori yang telah diperoleh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu orang mahasiswa kelas 4C tahun ajar 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membuka pelajaran, keterampilan bertanya, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan menjelaskan, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil dan individu, keterampilan memberikan penguatan, keterampilan mengelola kelas, dan keterampilan menutup pelajaran dapat dikuasai mahasiswa dengan baik dilihat dari beberapa komponen keterampilan mengajar terpenuhi.Kata Kunci: Keterampilan dasar mengajar, mahasiswa calon guru 
UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN DALAM NOVEL HANYA SEBUTIR DEBU KARYA SANDI FIRLY Wardiah, Dessy
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PGRI 2017
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1345.555 KB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Unsur-Unsur Kebudayaan dalam novel Hanya Sebutir Debu karya Sandi Firly. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan Unsur-Unsur Kebudayaan dalam novel Hanya Sebutir Debu karya Sandi Firly. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan sosiologis. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik content analisis (analisis isi). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasa terhadap novel Hanya Sebutir Debu karya Sandi Firly, terdapat tujuh unsur-unsur kebudayaan berupa kepercayaan, nilai, norma dan sanksi, teknologi, simbol, bahasa, kesenian.Kepercayaan dalam penelitian ini adalah keyakinan masyarakat terhadap suatu hal yang bersifat mistis (gaib). Nilai dalam penelitian ini adalah cara pandang masyarakat terhadapsuatu hal. Norma dan sanksi dalam penelitian ini adalah seperangkat aturan dan ganjaran yang harus dipatuhi dan ditaati. Teknologi dalam penelitian ini adalah cara kerjamasyarakat. Simbol dalam penelitian ini adalah sebuah benda, manusia, dan berbagai macam hal yang telah mendapatkan arti khusus. Bahasa dalam penelitian ini adalah sebutan masyarakat untuk suatu objek, Kesenian dalam penelitian ini adalah suatu karya seseorang berupa syairl lagu Umu Abah yang terkenal di daerah Banjar.Kata Kunci:Unsur-Unsur Kebudayaan Sastra, Novel

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PGRI 2017 PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PGRI 2017 Prosding PPs tanggal 26 November 2016 Prosding PPs tanggal 26 November 2016 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2011 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2011 JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 21 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 20 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 19 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 19 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 18 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 18 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 17 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 17 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 16 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 16 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 15 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 15 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 14 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 14 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 13 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 13 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 12 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 12 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 11 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 11 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 10 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 10 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 9 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 9 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 8 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 8 KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 7 KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 7 KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 6 KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 6 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 5 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 5 JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 4 JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 4 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 3 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 3 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 2 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 2 Kumpulan Prosiding Edisi 1 Kumpulan Prosiding Edisi 1 Kumpulan Prosiding Dr.Nila Kesumawati,M.Si Kumpulan Jurnal Dr. Dessy Wardiah M.Pd Kumpulan Prosiding Dr.Nila Kesumawati,M.Si Jurnal Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Jurnal Kumpulan Jurnal Dr. Dessy Wardiah M.Pd More Issue