cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Journal of Business & Banking
ISSN : 20887841     EISSN : 23033460     DOI : http://dx.doi.org/10.14414/jbb
Core Subject : Economy,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 13 No 1 (2023): Mei - Oktober 2023" : 10 Documents clear
Dampak pandemi Covid-19 terhadap kinerja keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI Syafitri, Erika Dwi; Khalifaturofi'ah, Sholikha Oktavi
Journal of Business & Banking Vol 13 No 1 (2023): Mei - Oktober 2023
Publisher : Universitas Hayam Wuruk Perbanas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14414/jbb.v13i1.3734

Abstract

Kinerja keuangan memegang peranan penting bagi perusahaan manufaktur. Namun, pandemi Covid-19 menjadi tantangan bagi kinerja keuangan mereka akibat turunnya daya beli masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi apakah pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan kinerja keuangan perusahaan manufaktur. Untuk mengukur kinerja keuangan, penelitian ini menggunakan berbagai rasio keuangan, seperti likuiditas, solvabilitas, rentabilitas, dan aktivitas. Sampel terdiri dari 137 perusahaan manufaktur yang diamati selama periode 2018 hingga 2021, menghasilkan 548 titik data. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Hipotesis diuji dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Temuan tersebut mengindikasikan bahwa pandemi Covid-19 memang berdampak negatif terhadap kinerja keuangan perusahaan manufaktur secara keseluruhan, terutama pada variabel profitabilitas dan aktivitas. Namun, likuiditas dan solvabilitas perusahaan-perusahaan tersebut belum mengalami penurunan. Menariknya, sektor lain merespons secara berbeda terhadap pandemi Covid-19, menunjukkan hasil yang berbeda. Implikasi dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa perusahaan manufaktur harus fokus pada peningkatan solvabilitas, profitabilitas, dan aktivitas bisnis mereka secara keseluruhan, karena rasio ini terpengaruh secara negatif selama pandemi. Bagi investor, disarankan untuk mempertimbangkan berinvestasi di perusahaan manufaktur dalam sektor industri dasar dan kimia, karena mereka telah menunjukkan kemampuan untuk menghasilkan keuntungan meskipun ada tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi.
Studi kebijakan dividen dan kinerja keuangan pada perusahaan manufaktur Muhammad, Drajat Andi; Wulandari, Dewi Ayu
Journal of Business & Banking Vol 13 No 1 (2023): Mei - Oktober 2023
Publisher : Universitas Hayam Wuruk Perbanas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14414/jbb.v13i1.3758

Abstract

Sektor manufaktur memegang peranan penting dalam menggerakkan pere-konomian Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Faktor-faktor tersebut meliputi profitabilitas (diukur dengan ROA), struktur modal (diukur dengan DER), ukuran perusahaan (diukur dengan SIZE), dan likuiditas (diukur dengan CR). Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif kausal dan kuantitatif, dengan menggunakan data sekunder dari laporan keuangan yang tersedia di website Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling untuk memilih 76 perusahaan manufaktur yang memenuhi kriteria. Analisis deskriptif dan Analisis Regresi Linier Berganda digunakan sebagai metode analisis. Temuan menunjukkan bahwa profitabilitas, ukuran perusahaan, dan likuiditas berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen, sedangkan struktur modal tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Konsekuensinya, perusahaan disarankan untuk meningkatkan profitabilitas, likuiditas, dan kinerja mereka dalam hal ukuran perusahaan untuk memberikan dividen yang menarik bagi investor mereka.
Menelisik kebutuhan nasabah melalui self-service technology pada era transformasi digital Sari, Desak Made Febri Purnama; Ari, Gede Yona Krisna; Martini, Ida Ayu Oka; Parasari, Nyoman Sri Manik
Journal of Business & Banking Vol 13 No 1 (2023): Mei - Oktober 2023
Publisher : Universitas Hayam Wuruk Perbanas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14414/jbb.v13i1.3676

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang paling memengaruhi Self-Service Technology terhadap kebutuhan nasabah. Teori yang digunakan adalah Techonology Acceptance Model (TAM). Adapun populasi yang dipilih pada penelitian ini yaitu nasabah mobile banking di BPR Kabupaten Gianyar Provinsi Bali, dengan jumlah sampel 115 nasabah yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner kemudian databya dianalisis menggunakan Uji Measure of Sampling Adequency dengan program Statistical Program for Social Science (SPSS) versi 25. Hasil temuan yang diperoleh yaitu dari tujuh variable dengan dua puluh tiga indikator faktor variabel yang dianalisis, hanya terbentuk lima faktor. Temuan hasil penelitian ini adalah terbentuknya dua faktor baru yang dinamakan  faktor  reputasi  dan  faktor  user  friendly . Dalam hal ini, faktor repuasi PT. BPR Sukawati Pancakanti mampu dengan cepat melayani nasabah dan ketika terjadi kendala custoumer service (CS) langsung menanganinya. Pada faktor user friendly PT. BPR Sukwati Pancakanti memberikan banyak kemudahan, di antaranya Bahasa yang mudah di mengerti  dan  fitur  yang  mudah  digunakan  semua  kalangan  usia.  Penelitian ini berimplikasi yang menyarankan PT. BPR Sukawati   Pancakanti   agar   lebih   mengembangkan   fitur-fitur   mobile   banking   dalam membangun kepercayaan, desain yang baik, dan kecepatan yang maksimal.
Pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UKM Batik Giriloyo yang dimediasi oleh orientasi belajar dan strategi diferensiasi Habib, Yasar; Effendi, M Irhas; Sabihaini, Sabihaini
Journal of Business & Banking Vol 13 No 1 (2023): Mei - Oktober 2023
Publisher : Universitas Hayam Wuruk Perbanas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14414/jbb.v13i1.3685

Abstract

Kerajinan Batik Tulis Giriloyo, Desa Wukirsari, Kabupaten Bantul menjadi salah satu tujuan utama bagi wisatawan yang ingin mencari kain batik tulis yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja ukm yang dimediasi oleh orientasi belajar dan strategi diferensiasi pada UKM Batik Giriloyo di Desa Wu-kirsari Kabupaten Bantul dengan sampel sebanyak 35 UKM batik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil menunjukan semua hipotesis didukung antara lainnya adalah (1) Orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UKM pada UKM Batik Giriloyo, (2) Orientasi kewirausahaan ber-pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UKM yang dimediasi oleh orientasi belajar pada UKM Batik Giriloyo, dan (3) Orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UKM yang dimediasi oleh strategi diferensiasi pada UKM Batik Giriloyo. Bisa direkomendaikan ecara praktis sebaiknya UKM Batik Giriloyo dapat meningkatkan sistem pemasaran dan metode pemasarannya yang melalui media sosial meskipun hal itu telah dilakukan oleh pemilik usaha.
Pengaruh sistem pengendalian internal dan kompetensi sdm terhadap kualitas LKPD Bandung Barat Putri, Dinda; Rahmah, Nunung Aini
Journal of Business & Banking Vol 13 No 1 (2023): Mei - Oktober 2023
Publisher : Universitas Hayam Wuruk Perbanas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14414/jbb.v13i1.3738

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh sistem pengendalian internal dan kompetensi sumber daya manusia baik secara parsial maupun simultan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Bandung Barat. Yang berlokasi di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kabupaten Bandung Barat. Teknik analisis yang digunakan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik purposive sampling, dengan 31 sampel dari 31 populasi yang berkaitan langsung dengan laporan keuangan. Seluruh responden mengisi kuesioner penelitian secara online melalui google form. Hasil penelitian menunjukan: (1) Sistem pengendalian internal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Bandung Barat. (2) Kompetensi sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Bandung Barat. (3) Sistem pengendalian internal dan kompetensi sumber daya manusia berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Bandung Barat. Implikasinya, satuan kerja perangkat daerah Bandung Barat dalam menindaklanjuti dan meningkatkan kualitas laporan keuangannya dengan mengatasi hasil temuan-temuan Badan Pemerintah Keuangan (BPK) pada Ikhtisar Hasil Pemeriksaan (IHPS) IHPS tahun 2021, fokus utama dalam meningkatkan kualitas laporan keuangan adalah sistem pengendalian internal dan sumber daya manusia sebagai dasar dalam bekerja nantinya.
Percaya tidak percaya: Benarkah jika kepercayaan dapat dibangun setelah mengkonsumsi suatu konten? (Studi fenomenologi konten edukasi pada ternak uang) Parasari, Nyoman Sri Manik; Maheswari, A.A. Istri Agung; Ariwangsa, I Gusti Ngurah Oka; Koeslila, Ni Putu Ayu Mirah Indrayani Setyawati
Journal of Business & Banking Vol 13 No 1 (2023): Mei - Oktober 2023
Publisher : Universitas Hayam Wuruk Perbanas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14414/jbb.v13i1.3801

Abstract

Penelitian ini membahas pemasaran digital yang berfokus pada pemasaran konten edukasi finansial pada aplikasi Ternak Uang, bagaimana konten edukasi finansial dapat membangun kepercayaan merek, dari kepercayaan tersebut akan memperkuat hubungan konsumen dengan merek, mendorong untuk mengambil keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi untuk mengetahui fenomena yang terjadi pada konten edukasi Ternak Uang. Tahap pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa faktor kepercayaan merek yang dibangun melalui konten edukasi dapat mempengaruhi keputusan pembelian, tetapi alasan keuangan menjadi faktor penghalang keputusan tersebut. Hasil penelitian ini adalah konten edukasi mengedukasi konsumen dalam menawarkan produk dan memenuhi sumber informasi yang dikemas dalam bentuk konten akan lebih dipercaya, jika pemberi informasi tersebut merupakan orang yang ahli dalam bidang investasi dan keuangan. Melalui penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi melalui konten edukasi yang efektif dalam mempengaruhi keputusan konsumen agar percaya dengan merek. Implikasi penelitian ini adalah kredibilitas dan otoritas terhadap konten edukasi Ternak Uang, pengambilan keputusan konsumen, pembentukan sikap dan kepercayaan terhadap potensi bisnis Ternak Uang serta berbagi minat dan tujuan yang sama.
Customer value co-creation and reuse intention on mobile banking platform Dewandono, Titus Nugrahadi; Agus, Anna Amalyah
Journal of Business & Banking Vol 13 No 1 (2023): Mei - Oktober 2023
Publisher : Universitas Hayam Wuruk Perbanas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14414/jbb.v13i1.3823

Abstract

This study seeks to investigate how emotional attachment influences both customer value co-creation and reuse intention in the context of mobile banking. The relationship is examined with the mediating role of engagement in mobile banking quality. Employing a quantitative approach, the study targets mobile banking users in Indonesia. Data collection involves distributing Likert scale-based questionnaires through Google Forms, utilizing convenience sampling. The analysis utilizes partial least square analysis, revealing that emotional attachment significantly and positively impacts both customer value co-creation and reuse intention in mobile banking. Additionally, the findings indicate that engagement in mobile banking quality plays a positive mediating role in the relationship between emotional attachment and customer value co-creation, as well as reuse intention in mobile banking. The practical implication for mobile banking providers is to focus on maintaining the existing quality of mobile banking services while enhancing brand image to support consumer reuse intention and value co-creation. Future research could explore more representative sampling methods and incorporate additional variables that may influence the relationship between emotional attachment and customer value co-creation, as well as reuse intention in mobile banking.
Pengaruh kualitas, nilai dan kepercayaan terhadap loyalitas merek pada jasa kurir domestik Alimbel, Figo; Sutarso, Yudi
Journal of Business & Banking Vol 13 No 1 (2023): Mei - Oktober 2023
Publisher : Universitas Hayam Wuruk Perbanas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14414/jbb.v13i1.3893

Abstract

Menutup keterbatasan studi dalam mengkonfirmasi pengaruh antaseden loyalitas khsususnya pada jasa kurir domestik pada Jas Pos Indonesia menjadi kontribusi yang diharapkan dari studi ini. Sehingga, studi ini bertujuan menguji pengaruh persepsi nilai, kualitas, dan kepercayaan terhadap loyalitas merek pada pengguna jasa kurir domestik pada Jas Pos Indonesia. Untuk hal tersbeut studi ini menggunakan desain kuantitatif dengan melibatkan 142 sampel yang dipilih dengan teknik purposive sampling, di mana data dikumpulkan melalui kuisioner dan disebarkan kepada pengguna jasa paket di Kabupaten Siak. Tanggapan responden dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis statistik menggunakan SEM WarpPLS. Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi kualitas dan nilai berpengaruh positif terhadap kepercayaan dan loyalitas merek, namun kepercayaan merek tidak terkonfirmasi berpengaruh positif terhadap loyalitas merek. Implikasi studi ini adalah perlunya perusahaan mengembangkan strategi yang digunakan, terutama dalam meningkatkan kinerja dalam menghadapi kompetensi di industri jasa kurir saat ini dengan cara membangun persepsi kualitas dan persepsi nilai yang baik sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.
Peran locus of control pada perilaku pengelolaan keuangan nelayan Alfiani, Ahmad Rizki; Iramani, Rr
Journal of Business & Banking Vol 13 No 1 (2023): Mei - Oktober 2023
Publisher : Universitas Hayam Wuruk Perbanas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14414/jbb.v13i1.3903

Abstract

Perilaku pengelolaan keuangan merupakan topik riset yang perlu dikaji sampai dengan saat ini. Hal ini disebabkan karena karena banyaknya faktor yang dapat mempengaruhi perilaku seseorang dalam mengelola keuangannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji serta menganalisis locous of control, pengetahuan keuangan serta pendapatan pada perilaku pengelolaan keuangan nelayan di pulau Bawean, Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Data penelitian ini bersumber pada data primer yang diperoleh dari responden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dimana dalam pengumpulan datanya menggunakan metode survei. Data dikumpulkan dengan cara menyebar kuesioner baik offline maupun online melalui goole form di pulau Bawean. Teknik analisis yang digunakan adalah structural equation model. Hasil penelitian ini berhasil membuktikan bahwa locus of control dan pengetahuan keuangan mempunyai peran sangat penting dalam perilaku pengelolaan keuangan nelayan di pulau Bawean. Sementara pendapatan tidak berdampak pada pengelolaan keuangannya. Hasil ini berimplikasi dalam kehidupan nelayan di pulau Bawean untuk selalu mengendalikan diri serta meningkatkan pengetahuan keuangannya agar bijak dalam mengelola keuangannya.
Green marketing & environmental concern: Minat beli generasi z terhadap personal care products Shevia, Shevia; Christiarini, Renny; Qadri, Rizni Aulia
Journal of Business & Banking Vol 13 No 1 (2023): Mei - Oktober 2023
Publisher : Universitas Hayam Wuruk Perbanas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14414/jbb.v13i1.3976

Abstract

Beauty and Personal Care Industry merupakan salah satu sektor industri yang ber-kembang pesat dan memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Namun, pertumbuhan sektor ini juga membawa tantangan baru, khususnya terkait timbunan sampah plastik dan dampaknya terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh green marketing dan environmental concern terhadap purchase intention generasi Z terhadap green personal care product. Peneliti menggunakan partial least squares (PLS) untuk menganalisis data yang berasal dari kuesioner didistribusikan secara purposive sampling kepada  generasi Z di Indonesia yang berusia 17-26 tahun dan berwawasan green personal care product. Diperoleh 408 data, kemudian Model penelitian dikembangkan melalui ABC Theory. Temuan penelitian menunjukkan bahwa green marketing dan environmental concern memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli generasi z pada green personal care product. Namun, penelitian ini tidak menemukan pengaruh positif antara green product dan purchase intention yang dimediasi oleh environmental attitude. Penelitian ini diharapkan dapat membantu pembaca untuk meningkatkan pemahaman dalam bidang manajemen pemasaran, terutama dalam konteks green marketing. Selain itu, diharapkan pula dapat memberikan panduan praktis bagi perusahaan dalam mengembangkan strategi dan menciptakan keunggulan kompetitif dalam pasar yang semakin peduli terhadap isu lingkungan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10