cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Penelitian Komunikasi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 17, No 1 (2014): Jurnal Penelitian Komunikasi Vol. 17 No. 1 Tahun 2014" : 7 Documents clear
Kepercayaan Klien terhadap Konsultan Humas Priandono, Tito Edy
Jurnal Penelitian Komunikasi Vol 17, No 1 (2014): Jurnal Penelitian Komunikasi Vol. 17 No. 1 Tahun 2014
Publisher : Jurnal Penelitian Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (17.805 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses pembentukan  kepercayaan berdasarkan pengalaman klien. Hubungan bisnis terkait dengan masalah dengan risiko untung-rugi, sehingga keputusan untuk memberikan kepercayaan kepada rekanan bisnis didorong oleh pertimbangan rasional. Kerangka konseptual yang digunakan adalah faktor primer kepercayaan yang meliputi reputasi, kinerja, penampilan, dan faktor sekunder kepercayaan yang meliputi akuntabilitas, pra komitmen, dan suasana komunikasi. Penelitian menggunakan  pendekatan kualitatif dengan  menggunakan teori Pilihan Rasional. Respoden penelitian adalah klien konsultan humas yang meliputi baik perusahaan dan lembaga nirlaba yang berlatar belakang organisasi nasional maupun international. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reputasi menjadi faktor primer paling signifikan dalam proses pembentukan kepercayaan klien terhadap konsultan pada tahap pra relasi. Sedangkan faktor sekunder berupa pra komitmen. Ketika relasi terbentuk, kinerja konsultan menjadi faktor primer yang menentukan kepercayaan klien, dari pada aspek yang lain seperti penampilan, suasana komunikasi, dan akuntabilitas.
Kepuasan Masyarakat terhadap Pers Berbahasa Sunda Sitompul, Parulian; Dirgahayu, Dida
Jurnal Penelitian Komunikasi Vol 17, No 1 (2014): Jurnal Penelitian Komunikasi Vol. 17 No. 1 Tahun 2014
Publisher : Jurnal Penelitian Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (17.805 KB)

Abstract

Tahun 1960-an bisa disebut sebagai masa keemasan pers Sunda.  Pada saat sekarang pers Sunda mengalami kemunduran dalam berbagai aktivitasnya. Di tengah kemajuan teknologi cetak dan tata rupa, pers berbahasa Sunda pada saat ini telah tertinggal jauh dibandingkan dengan pers nasional. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana kepuasan masyarakat terhadap pers berbahasa Sunda. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui motif, pengetahuan, dan kepuasaan masyarakat terhadap  pers berbahasa Sunda. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel sebanyak 50 responden yaitu 10% dari seluruh masyarakat pembaca pers berbahasa Sunda di dua kecamatan Kota Bogor.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif masyarakat membaca pers berbahasa Sunda karena bahasa Sunda dipergunakan dan dimanfaatkan oleh semua anggota keluarga. Masyarakat sudah mengetahui fungsi pers berbahasa Sunda.Walaupun belum memenuhi harapan, namun masyarakat  puas terhadap keberadaan pers berbahasa Sunda yang dibacanya.
Peran Pusat Layanan Internet Kecamatan dalam Upaya Menyetimuli Masyarakat Menuju Desa Wisata Soemardjo, Sumarsono
Jurnal Penelitian Komunikasi Vol 17, No 1 (2014): Jurnal Penelitian Komunikasi Vol. 17 No. 1 Tahun 2014
Publisher : Jurnal Penelitian Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (17.805 KB)

Abstract

Pemanfaatan internet semakin meluas merambah berbagai lini kehidupan manusia termasuk bidang pengembangan ekowisata. Walaupun demikian internet baik sebagai tool maupun enabler kadangkala memang kurang dapat membantu menyelesaikan secara baik, pekerjaaan manusia karena berbagai determinan yang kurang diperhitungkan. Sehubungan dengan hal itu maka pemerintah telah membuat program-program untuk memperluas akses internet ke perdesaan guna memperkenalkan inovasi dan menciptakan kesempatan berusaha melalui pembangunan Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK). Permasalahan penelitian ini bagaimana  peran Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) dalam menyetimuli masyarakat perdesaan untuk mewujudkan desa wisata? Tujuan penelitian ini adalah ingin menganalisis peran PLIK dalam menyetimuli masyarakat perdesaan untuk mewujudkan desa wisata. Pendekatan penelitian ini ialah kualitatif. Penggalian data dilaksanakan dengan wawancara mendalam dengan informan kunci yang dipilih secara purposif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran internet dapat ditingkatkan untuk mewujudkan desa wisata dengan berbagai kegiatan diseminasi informasi dan memberikan motivasi serta transformasi nilai “Sapta Pesona” pada masyarakat desa setempat.
Literasi Internet pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Sumiaty, Noneng; Sumiaty, Neti
Jurnal Penelitian Komunikasi Vol 17, No 1 (2014): Jurnal Penelitian Komunikasi Vol. 17 No. 1 Tahun 2014
Publisher : Jurnal Penelitian Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (17.805 KB)

Abstract

Literasi internet sangat diperlukan untuk mengetahui perkembangan dunia dalam berbagai hal secara cepat dan tepat, begitu juga dalam dunia pendidikan. Fokus penelitian ini adalah: Bagaimana tingkat literasi internet pada siswa SMPN 8 Kabupaten Purwakarta? Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi tentang tingkat literasi internet pada siswa SMPN 8 Kabupaten Purwakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 8, sedangkan sampel diambil dari tiap kelas dua siswa; sementara siswa kelas 8 ada 7 kelas. Jadi, keseluruhan sampel berjumlah 14 informan. Teorinya diadopsi dari Ciolek, Matthew (2003) tentang pemahaman dan penguasaan internet yang terdiri dari: basic skill, moderate skill, dan advanced skill. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya sedikit informan yang telah menguasai dan memahami secara keseluruhan tingkat tentang penguasaan internet. Sebagian besar siswa SMPN 8 hanya menguasai dan memahami tingkat dasar saja. Diharapkan siswa SMPN 8 mengusai dan memahami seluruh tingkatan pemahaman internet secara bertahap.
Pengaruh Pembelajaran Elektronik terhadap Mutu Belajar Mahasiswa Karwati, Euis
Jurnal Penelitian Komunikasi Vol 17, No 1 (2014): Jurnal Penelitian Komunikasi Vol. 17 No. 1 Tahun 2014
Publisher : Jurnal Penelitian Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (17.805 KB)

Abstract

Universitas Islam Nusantara (UNINUS) saat ini mengelola Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di mana dalam perkembangannya jumlah mahasiswa FKIP UNINUS setiap tahun mengalami peningkatan. Namun demikian, kenaikan tersebut belum sepenuhnya didukung oleh peningkatan kualitas pembelajaran bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pembelajaran elektronik di FKIP UNINUS; bagaimana kualitas pembelajaran di FKIP UNINUS; dan untuk mengetahui apakah pembelajaran elektronik berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran mahasiswa di FKIP UNINUS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Sampel yang dijadikan unit analisis adalah 100 mahasiswa FKIP UNINUS. Teknik sampling yang digunakan simpel random sampling (SRS). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pembelajaran elektronik berada dalam kategori yang tinggi, sementara kualitas pembelajaran berada dalam kategori cukup. Selain itu, diperoleh temuan bahwa pembelajaran elektronik memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kualitas pembelajaran di FKIP UNINUS. Dengan demikian, pembelajaran elektronik perlu ditingkatkan karena terbukti mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di FKIP UNINUS.
Pengembangan Jabar Cyber Province sebagai Media Informasi dan Komunikasi Budhirianto, Syarif
Jurnal Penelitian Komunikasi Vol 17, No 1 (2014): Jurnal Penelitian Komunikasi Vol. 17 No. 1 Tahun 2014
Publisher : Jurnal Penelitian Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (17.805 KB)

Abstract

Jabar Cyber Province (JCP) merupakan program unggulan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) guna meningkatkan koordinasi, komunikasi, dan kolaborasi penyelenggaraan pemerintah daerah. Untuk mewujudkan program tersebut, Pemerintah Kota Sukabumi telah mengembangkan pelayanan publik di semua level satuan kerjanya, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya secara optimal. Adapun fokus penelitian ini adalah bagaimana pengembangannya dalam mewujudkan JCP sebagai media informasi dan komunikasi antar satuan kerja perangkat daerah (SKPD), serta kebijakan dalam mengaplikasikan transparansi informasi kepada masyarakat. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan  pendekatan kualitatif, data diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan para pejabat di lingkungan Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan TIK dalam mewujudkan JCP di Pemkot Sukabumi belum optimal dilaksanakan, sedangkan  pada aspek transparansi informasi dilakukan melalui tahapan-tahapan dari pemangku kepentingan menuju agregasi kepentingan masyarakat.
Implementasi Model Komunikasi Kesehatan melalui Penyebaran Informasi Jaminan Kesehatan Masyarakat Jawa Barat Rahmat, Agus; Perbawasari, Susi; Zubair, Feliza; Koswara, Aang
Jurnal Penelitian Komunikasi Vol 17, No 1 (2014): Jurnal Penelitian Komunikasi Vol. 17 No. 1 Tahun 2014
Publisher : Jurnal Penelitian Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (17.805 KB)

Abstract

Setiap perilaku berlandas pada pengetahuan, oleh karena itu untuk keberhasilan program Jaminan Kesehatan Masyarakat yang dilakukan pemerintah untuk masyarakat kurang mampu mempersyaratkan dilakukannya komunikasi atau sosialisasi atas program tersebut, melalui berbagai saluran yang ada. Bagaimana model komunikasi kesehatan yang diimplementasikan pemerintah dalam menyebarkan informasi Jamkesmas khususnya di wilayah Jawa Barat ? Tujuan penelitian ini adalah mengetahui arah aliran informasi yang terjadi dalam sosialisasi program Jaminan Kesehatan Masyarakat, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan multistage cluster sampling, jumlah responden 180 orang. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi yan bersifat antarpribadi dengan para opinion leaders formal sebagai saluran utama masyarakat kurang mampu dalam memeroleh informasi. Ini berarti bahwa publik target untuk penguatan atau keberhasilan sosialisasi Jaminan Kesehatan Masyarakat adalah opinion leaders seperti ketua Rukun Warga ataupun Rukun Tetangga serta kader.

Page 1 of 1 | Total Record : 7