cover
Contact Name
Bambang
Contact Email
bambang.afriadi92@gmail.com
Phone
+6285692038195
Journal Mail Official
bambang.afriadi92@gmail.com
Editorial Address
LPPM UNJ, Gedung Ki Hajar Dewantara Lt.6-7, Jalan Rawamangun Muka, Jakarta 13220
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 25978659     DOI : https://doi.org/10.21009/jmp
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) E-ISSN: 2597-8659 is an open-access scientific journal published online through the Open Journal System. JMP published biannually, June and December by Magister Program and Doctoral Program of Education Management Universitas Negeri Jakarta. Its aim is to publish research results from the work of students and lecturers in the fields of Educaton anagement and Education Administration. Articles can be in the form of theoretical studies or research results written in Indonesian or English
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 2 (2019): Jurnal Manajemen Pendidikan" : 5 Documents clear
UPAYA PENINGKATAN KUALITAS KOMPETENSI GURU MELALUI WORKSHOP DI MADRASAH TSANAWIYAH KOTA MALANG Galuh Ayu Noviyantika
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 10 No 2 (2019): Jurnal Manajemen Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (157.869 KB) | DOI: 10.21009/jmp.v10i2.11069

Abstract

Abstrak: Ada empat kompetensi yang harus dimiliki oleh guru, kompetensi-kompetensi tersebut adalah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Salah satu upaya peningkatan kualitas kompetensi guru adalah melalui kegiatan workshop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek yang diberikan oleh kegiatan workshop kepada para guru di madrasah. Penelitian kualitatif yang digunakan dalam pengamatan ini, teknik yang digunakan adalah wawancara dan observasi mendatangi lokasi sekolah. Berdasarkan dari hasil penelitian maka dapat diketahui bahwa kegiatan workshop adalah sebagai penunjang untuk guru-guru dalam meningkatkan kompetensinya. Kata Kunci: kompetensi, kualitas, workshop Abstract: There are four competencies that must be possessed by the teacher, these competencies are pedagogic competence, personality competence, social competence, and professional competence. One effort to improve the quality of teacher's competencies is through workshop activities. This study aims to find out the effects of the workshop activities on teachers at the school. Qualitative research used in this observation, the techniques used are interviews and observations coming to the location of the school. Based on the results of the study, it can be seen that the workshop is a support for teachers in improving their competence. Keywords: competencies, quality, workshop
PENGARUH SARANA PENDIDIKAN, KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DAERAH TERPENCIL DI SD NEGERI BOGIYATEUGI KABUPATEN DOGIYAI PAPUA Enias Anou
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 10 No 2 (2019): Jurnal Manajemen Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (98.108 KB) | DOI: 10.21009/jmp.v10i2.11075

Abstract

Penelitian ini menitik beratkan pada sarana pendidikan, kompetensi guru dan motivasi siswa terhadap prestasi belajar siswa daerah terpencil di SD Negeri Bogiyateugi Kabupaten Dogiyai Papua. Rendahnya motivasi siswa pada pembelajaran di daerah terpencil disebabkan karena beberapa penyebab misalnya yang bersumber dari diri sendiri dan luar individu. Dari berbagai permasalahan tersebut maka diperlukan Pelatihan dan sarana. Salah satu usaha untuk meningkatkan profesionalitas guru adalah pendalaman materi pelajaran melalui pelatihan-pelatihan. Beri kesempatan kepada guru untuk mengikuti pelatihan-pelatihan tanpa beban biaya atau melengkapi sarana dan kesempatan agar guru dapat banyak membaca buku-buku materi pelajaran yang dibutuhkan guru untuk memperdalam pengetahuannya. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tahapan reduksi data, display data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini adalah Hasil penelitian dapat dijabarkan sesuai dengan variabel yang diteliti yaitu pengaruh sarana pendidikan, kompetensi guru dan motivasi siswa terhadap prestasi belajar siswa daerah terpencil di SD Negeri Bogiyateugi. Hasil penelitian dapat digambarkan bahwa infrastruktur serta fasilitas sekolah yang kurang memadai menyebabkan penurunan kompetensi guru yang mengakibatkan kurangnya motivasi siswa dalam proses pembelajaran
UPAYA PERBAIKAN DALAM MENENTUKAN AKAR MASALAH PADA GURU DENGAN MENGUNAKAN TOOLS DALAM MANAJEMEN MUTU TERPADU DI SMK NATIONAL MEDIA CENTER KOTA MALANG Bahrul Ulum Falahul Putra
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 10 No 2 (2019): Jurnal Manajemen Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.893 KB) | DOI: 10.21009/jmp.v10i2.11084

Abstract

Abstrak: Dalam meningkatkan manajemen mutu terpadu erat kaitannya dengan problematika sumber daya manusia yang terjadi di SMK National Media Center Malang. Analisis ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah yang terdapat di sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Prosedur penelitian ini menggunakan wawancara dan analisis menggunakan diagram pohon dan 5 why’s. Hasil dari penelitian ini dihasilkan berdasarkan temuan masalah di sekolah mengenai motivasi kerja guru yang masih rendah. Berdasarkan temuan tersebut sekolah diharapkan dapat menyikapi permasalahan dengan penyelesaian yang tepat. Kata kunci: Manajemen, Mutu, Pendidikan.
KAJIAN KETERCAPAIAN STANDAR PENGELOLAAN DI SD SE KECAMATAN DEPOK SLEMAN Sugiyono; Lantip Diat Prasojo; Nurtanio Agus Purwanto
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 10 No 2 (2019): Jurnal Manajemen Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.706 KB) | DOI: 10.21009/jmp.v10i2.13212

Abstract

KAJIAN KETERCAPAIAN STANDAR PENGELOLAAN DI SD SE KECAMATAN DEPOK SLEMAN Sugiyono, Lantip Diat Prasojo, dan Nurtanio Agus Purwanto PPS Universitas Negeri Yogyakarta Email: sugiyono@uny.ac.id; lantip@uny.ac.id; nurtanio@uny.ac.id ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah mengetahui (1) seberapa besar pencapaian standar pengelolaan SD di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman, (2) faktor-faktor apa yang menjadi penghambat dan pendukung dalam ketercapaian standar pendidik dan tenaga kependidikan. Penelitian ini menggunakan metode survei untuk menggali data baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 9 SD di Kecamatan Depok yang diambil secara purposive sampling, dengan mempertimbangkan SD klister 1, klister 2, dan klister 3. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik FGD, angket, dokumen, observasi, dan wawancara. Validitas dan reliabilitas instrumen angket menggunakan validasi ahli. Keabsahan data kualitatif divalidasi dengan model informan review, dan triangulasi data. Analisis data kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif dan data kualitatif dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian setiap indikator pada standar pengelolaan untuk Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman tingkat pencapaian yang tertinggi adalah pada indikator pengawasan dan evaluasi (90.5%), dan yang terendah adalah indikator Sistem Informasi Manajemen Sekolah (73.0%) dan Kepemimpinan Sekolah (76.9%). Hambatan dan usaha yang dialami sekolah dalam pencapaian Standar pengelolaan pendidikan antara lain belum adanya model standar pengelolaan, petugas pengelolaan yang sesuai dengan keahliannya belum memadai, belum mampu mengelola sistem informasi manajemen yang memadai untuk mendukung administrasi pendidikan, visi, misi, tujuan dan rencana kerja yang sesuai. Usaha yang dilakukan berkoordinasi dengan stakholder khususnya sekolah untuk membuat model pengelolaan sesuai sekolah masing-masing, mensinkronkan antara visi,misi, dan kerja sekolah, merekrut petugas pengelolaan yang mampu mengelola sistem informasi manajemen untuk mendukung kegiatan pendidikan yang lebih adaptif terhadap dinamika pendidikan. Kata kunci: kajian, standar nasional, pengelolaan STUDY OF ACHIEVEMENT OF MANAGEMENT STANDARDS IN SD DISTRICT OF DEPOK SLEMAN ABSTRACT The purpose of this study is to find out (1) how much the achievement of the standard management of elementary school in Depok Regency Sleman District, (2) what factors are the obstacles and supporters in achieving the standards of educators and education personnel. This research uses survey methods to explore data both qualitatively and quantitatively. The sample in this study were 9 elementary schools in Depok Subdistrict which were taken by purposive sampling, taking into account the elementary clister 1, clister 2, and clister 3. The data collection techniques used FGD techniques, questionnaires, documents, observations, and interviews. Validity and reliability of the questionnaire instrument using expert validation. The validity of the qualitative data is validated with the informant review model, and data triangulation. Quantitative data analysis with descriptive analysis techniques and qualitative data with interactive analysis models. The results showed that the achievement of each indicator in the management standard for Primary Schools (SD) in Depok District of Sleman Regency the highest level of achievement was the indicator of supervision and evaluation (90.5%), and the lowest was the indicator of School Management Information System (73.0%) and School Leadership (76.9%). Obstacles and efforts experienced by schools in achieving education management standards include the lack of a standard management model, management officers who are in accordance with their expertise are inadequate, unable to manage adequate management information systems to support education administration, vision, mission, goals and work plans that are corresponding. Efforts are made to coordinate with stakholders especially schools to create management models according to their respective schools, synchronize the vision, mission and work of schools, recruit management officers who are able to manage management information systems to support educational activities that are more adaptive to the dynamics of education. Keywords: studies, national standards, management
- PERAN SUPERVISI –KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU SMK SANTO YUSUP – BLITAR Vincentius Prastowo
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 10 No 2 (2019): Jurnal Manajemen Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.048 KB) | DOI: 10.21009/jmp.v10i2.15042

Abstract

Abstract: The research is aimed at knowing the role of supervision of the principal in the effort of upgrading the performance of the teacher at Vocational Middle School St. Joseph Blitar. The research uses the qualitative approach, with the method of the case study of Robert K. Yin with six steps of the research: plan, design, prepare, collect, analyze, and share. The act of determining the source in this research uses purposive sampling. The technique of gathering data uses three methods: interview, observation and study documentation. The result of the research shows that: first, the carrying out of the diagnosis with regards to the problem of teaching of the teachers at Vocational Middle School St. Joseph Blitar could be seen by (a) gathering data of the performance of the teachers, (b) breaking down into its parts the problem of the performance of the teachers,(c) making the criteria for the conclusion. Second, the improvement of the teaching of the teachers at Vocational Middle School St. Joseph Blitar can be seen from (a) preparing an alternative solution to the problem of the performance of teachers, (b) evaluating the strength and weakness of each of the alternative solution the problem, (c) making the recommendation. Third, formation as a continuous measure to solve the problem of the teaching of the teachers can be seen from (a) applying the decision, (b) monitoring, (c) evaluation of the implementation of the decision. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pengawasan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru di SMK St. Joseph - Blitar. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus Robert K. Yin dengan enam langkah penelitian yaitu: merencanakan, merancang, mempersiapkan, mengumpulkan, menganalisis, dan berbagi. Tindakan menentukan sumber dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode: wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pelaksanaan diagnosis masalah pengajaran guru-guru SMK St. Yusup Kota Blitar dapat dilihat dengan adanya proses: (a) mengumpulkan data dari kinerja guru, (b) pemetaan masalah kinerja guru, (c) merumuskan masalah dan penyebab masalah kinerja guru. Kedua, perbaikan permasalahan mengajar guru-guru SMK St. Yusup Blitar dapat dilihat dari: (a) menyiapkan solusi alternatif untuk masalah mengajar guru, (b) mengevaluasi kekuatan dan kelemahan solusi alternative, (c) membuat rekomendasi. Ketiga, langkah pembinaan untuk menyelesaikan masalah mengajar guru dapat dilihat dari: (a) menerapkan keputusan program pembinaan, (b) pemantauan program pembinaan, (c) evaluasi pelaksanaan program pembinaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol. 16 No. 1 (2025): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 15 No. 2 (2024): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 15 No. 1 (2024): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 15 No 1 (2024): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 14 No. 2 (2023): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 14 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 13 No. 2 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 13 No 2 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 13 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 13 No. 1 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 12 No 01 (2021): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 12 No 2 (2021): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 11 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 11 No 1 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 10 No 2 (2019): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 10 No 1 (2019): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 9 No 2 (2018): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 9 Nomor 2 Desember 2018 Vol 9 No 1 (2018): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 9 Nomor 1 Juli 2018 Vol 8 No 2 (2017): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 8 Nomor 2 Desember 2017 Vol 8 No 1 (2017): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 8 Nomor 1 Juli 2017 Vol 7 No 2 (2016): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 7 Nomor 2 Desember 2016 Vol 7 No 1 (2016): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 7 Nomor 1 Juli 2016 Vol 6 No 2 (2015): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 6 Nomor 2 Desember 2015 Vol 6 No 1 (2015): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 6 Nomor 1 Juli 2015 Vol 5 No 2 (2014): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 5 Nomor 2 Desember 2014 Vol 5 No 1 (2014): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 5 Nomor 1 Juli 2014 Vol 4 No 2 (2013): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 4 Nomor 2 Desember 2013 Vol 4 No 1 (2013): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 4 Nomor 1 Juli 2013 Vol 3 No 2 (2012): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 3 Nomor 2 Desember 2012 Vol 3 No 1 (2012): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 3 Nomor 1 Juli 2012 Vol 2 No 2 (2011): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 2 Nomor 2 Desember 2011 Vol 2 No 1 (2011): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 2 Nomor 1 Juli 2011 Vol 1 No 2 (2010): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 1 Nomor 2 Desember 2010 Vol 1 No 1 (2010): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 1 Nomor 1 Juli 2010 More Issue