cover
Contact Name
Bambang
Contact Email
bambang.afriadi92@gmail.com
Phone
+6285692038195
Journal Mail Official
bambang.afriadi92@gmail.com
Editorial Address
LPPM UNJ, Gedung Ki Hajar Dewantara Lt.6-7, Jalan Rawamangun Muka, Jakarta 13220
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 25978659     DOI : https://doi.org/10.21009/jmp
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) E-ISSN: 2597-8659 is an open-access scientific journal published online through the Open Journal System. JMP published biannually, June and December by Magister Program and Doctoral Program of Education Management Universitas Negeri Jakarta. Its aim is to publish research results from the work of students and lecturers in the fields of Educaton anagement and Education Administration. Articles can be in the form of theoretical studies or research results written in Indonesian or English
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 14 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen Pendidikan" : 5 Documents clear
STRATEGI PENGELOLAAN PROGRAM UNGGULAN SEKOLAH DI MA NEGERI Aprilia Dewi Astuti
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 14 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jmp.v14i1.28646

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan terkait strategi pengelolaan program unggulan sekolah di MA Negeri 1 Kabupaten Ngawi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasilnya bahwa program unggulan sekolah terdiri dari 2 jenis, yaitu akademik dan non akademik; (2) Landasan penetapan penyelenggaraan program unggulan sekolah dilatarbelakangi oleh aspek pencapaian tujuan lembaga, sosial ekonomi, persaingan antar lembaga, kondisi budaya, serta kebutuhan pembelajaran dan pengembangan siswa; (3) Pada tahap perencanaan program unggulan dilakukan analisis situasi meliputi sosial ekonomi siswa, sarana dan prasarana, kompetensi guru, peluang, tantangan, serta target; (4) Strategi pengorganisasian program unggulan yaitu membentuk struktur organisasi dan tim akademik, membagi tugas dan tanggung jawab tiap anggota; (5) Strategi pelaksanaan program unggulan sekolah yaitu memotivasi, melakukan kerja sama tim, komunikasi yang efektif, serta membangun sinergi antar anggota dengan menerapkan penilaian integritas untuk menjaga kualitas kinerja para anggota; (6) Strategi pengawasan program unggulan sekolah yaitu melaksanakan supervisi internal, mengawasi dan melakukan penilaian kegiatan, mengadakan rapat evaluasi, menetapkan target dan capaian, serta menetapkan indikator keberhasilan program; Dan (7) faktor penghambat dan solusi dalam pengelolaan program unggulan sekolah yaitu kurangnya sumber dana dan sarana prasarana, pandemi COVID-19, serta banyaknya kegiatan dan beban tugas guru. Solusi yang dilakukan yaitu mengajukan permohonan dana, mengatur jadwal penggunaan sarana dan prasarana, memanfaatkan sumber belajar digital, mengatur jadwal pertemuan pembelajaran tatap muka terbatas, serta pemberian memotivasi kepada guru terkait manajemen waktu.
MANAJEMEN KURIKULUM TERPADU DI PONDOK PESANTREN AL-KAMAL WONODADI KABUPATEN BLITAR Rafiq, Muhammad Ainur; Fitri, Agus Zaenul; Sulistyorini
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 14 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jmp.v14i1.29894

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk membahas manajemen kurikulum terpadu di Pondok Pesantren Al-Kamal yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentas. Sedangkan keabsahan data yang digunakan melalui ketekunan pengamatan, diskusi dengan teman sejawat, trianggulasi sumber, metode dan waktu. Adapun hasi penelitian meliputi (1) Perencanaan kurikulum terpadu pada pembelajaran bahasa arab di pondok pesantren al-kamal dalam kriteria pembagian mata pelajaran sangat disesuaikan dengan tujuan adanya progam bahasa asing disini, dimana madrasah diniyah dipondok tersebut secara khusus mempelajari bahasa arab dari segi tata bahasa, menulis, cara membaca selain itu juga mempelajari tentang hadist, ushul fiqih agar membiasakan seorang santri ketika nantinya terjun ke masyarakat. Sedangkan, untuk pembelajaran bahasa arab modern di bawah naungan LPBA secara khusus di pondok tersebut untuk mempelajari muhadatsah sehingga nantinya diharapkan para santri tidak hanya mampu mempelajari bahasa arab dari segi kaidah tapi juga dari segi berbicara bahasa asing khususnya dalam bahasa arab. (2) Pelaksanaan kurikulum terpadu pada pembelajaran antara madrasah diniyah dan idhofiyah lughah di pondok al-kamal di ada tiga langkah inti yaitu kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. kurikulum terpadu dalam pembelajaran bahasa arab terbagi dalam dua bagian. Pertama, salafiyah dibawah naungan madrasah diniyah untuk mempelajari kitab-kitab berbahasa arab. Kedua, kegiatan bahasa arab modern yang di bawah naungan LPBA terbagi dalam dua kelas besar yakni kelas persiapan (santri baru) dan kelas lanjutan, dimana kegiatan tersebut untuk melatih para setiap santri terbiasa menggunakan percakapan bahasa asing khususnya dalam bahasa arab, karena di pesantren ini pada kehidupan sehari-harinya menggunakan percakapan bahasa asing. (3) Evaluasi yang digunakan oleh pondok al-kamal secara garis besar yang di evaluasi meliputi : Pertama, tujuan pembelajaran yang memuat (ujian tulis, ujian lisan, ujian praktek). Kedua, evaluasi muatan kurikulum yang memuat (progam, strategi, kriteria ketuntasan belajar), Ketiga, hasil belajar, Keempat, evaluasi pengembangan kurikulum.
PERAN PEMIMPIN DAN PENERAPAN MANAJEMEN PERUBAHAN DI BIDANG ORGANISASI PENDIDIKAN DALAM MENCIPTAKAN SEKOLAH BERPRESTASI Triwiyanto, Teguh; Waluyo, Rika Ayu Zulaikah
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 14 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jmp.v14i1.31606

Abstract

Dalam melaksanakan tugas sebagai pemimpin pendidikan tentu harus memiliki keterampilan maupun kemampuan yang kompeten untuk menjalankan organisasi secara dinamis. Hal tersebut utamanya ketika ada perubahan dalam suatu lingkungan organisasi yang secara langsung atau tidak langsung dapat mempengaruhi organisasi itu sendiri. Pemimpin pendidikan tentunya perlu mencapai prestasi sekolah yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari lebih lanjut tentang peran pemimpin dan penerapan manajemen perubahan di bidang organisasi pendidikan. Selain itu, untuk mengkaji pelaksanaan prestasi sekolah yang dapat dicapai. Penelitian ini menggunakan metode literatur. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa peran pemimpin dalam manajemen perubahan, yaitu membangun hubungan kerja yang efektif, migrasi fungsi manajer (pergeseran), pemimpin dengan memberi contoh, mengembangkan kerja tim, libatkan bawahan dalam pengambilan keputusan, jadikan pemberdayaan karyawan sebagai cara hidup, membangun keterlibatan. Berkaitan dengan prestasi sekolah, ada tiga variabel kunci dalam mengembangkan strategi prestasi/pencapaian tujuan organisasi, yaitu sumber daya yang dimiliki, bisa yang terlibat (industri), dan penciptaan struktur organisasi.
STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) DARUNNAJAH 02 CIPINING BOGOR Ramadani, Rizki; Pratama, Arizqi Ihsan
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 14 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jmp.v14i1.32317

Abstract

Peran kepala sekolah merupakan hal yang paling penting dalam mewujudkan visi dan misi lembaga pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian berdasarkan studi pustaka (kepustakaan) data-data yang diperoleh beserta referensi yang didapatkan dari perpustakaan, buku, ensiklopedia, jurnal, dokumen, media sosial, blog, artikel dan majalah. Penelitian ini bertujuan untuk membangun strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di MTs Darunnajah 02 Cipining Bogor. Strategi kepala sekolah sangat diperlukan dalam meningkatkan kompetensi guru, dengan adanya strategi kepala sekolah maka akan memudahkan kepala sekolah dalam mencapai tujuan yang telah direncanakan. Sehingga dengan adanya strategi serta kompetensi guru yang berkualitas akan memicu peserta didik berkompetensi, berkualitas, dan memiliki daya saing tinggi.
PERENCANAAN STRATEGI PENDIDIKAN DALAM BUDAYA ORGANISASI DI MTs. TARBIYATUS SA’ADAH Mohammad Afif Choironi
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 14 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen Pendidikan
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jmp.v14i1.32522

Abstract

Dalam Pendidikan, analisis lingkungan internal dan eksternal merupakan langkah utama dalam penyusunan perencanaan strategis. Secara umum, perencanaan strategis terdiri dari tiga langkah: perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi. Perumusan strategi meliputi pengembangan visi dan misi, mengidentifikasi peluang dan ancaman eksternal bagi organisasi, menentukan kekuatan dan kelemahan internal organisasi, menetapkan tujuan jangka panjang, merumuskan strategi alternatif, dan memilih strategi khusus untuk diterapkan. Suasana dan lingkungan merupakan komponen penting dalam perumusan tujuan organisasi, sehingga perbaikan organisasi memerlukan semua informasi yang relevan untuk mencapai mutu pendidikan. Dengan budaya organisasi yang baik, organisasi akan berkembang jauh dibandingkan dengan organisasi dengan budaya yang lemah. Analisis lingkungan internal dan eksternal yang mengintegrasikan budaya dan tugas pokok organisasi ini memerlukan proses pembelajaran yang mencakup pengembangan kemampuan dalam transformasi dan transformasi budaya di lembaga pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan feomenologi. Lokasi penelitian di MTs. Tarbiyatus Sa’adah Gresik.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 16 No. 1 (2025): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 15 No. 2 (2024): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 15 No 1 (2024): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 15 No. 1 (2024): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 14 No. 2 (2023): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 14 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 13 No. 2 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 13 No 2 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 13 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 13 No. 1 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 12 No 01 (2021): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 12 No 2 (2021): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 11 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 11 No 1 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 10 No 2 (2019): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 10 No 1 (2019): Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 9 No 2 (2018): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 9 Nomor 2 Desember 2018 Vol 9 No 1 (2018): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 9 Nomor 1 Juli 2018 Vol 8 No 2 (2017): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 8 Nomor 2 Desember 2017 Vol 8 No 1 (2017): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 8 Nomor 1 Juli 2017 Vol 7 No 2 (2016): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 7 Nomor 2 Desember 2016 Vol 7 No 1 (2016): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 7 Nomor 1 Juli 2016 Vol 6 No 2 (2015): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 6 Nomor 2 Desember 2015 Vol 6 No 1 (2015): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 6 Nomor 1 Juli 2015 Vol 5 No 2 (2014): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 5 Nomor 2 Desember 2014 Vol 5 No 1 (2014): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 5 Nomor 1 Juli 2014 Vol 4 No 2 (2013): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 4 Nomor 2 Desember 2013 Vol 4 No 1 (2013): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 4 Nomor 1 Juli 2013 Vol 3 No 2 (2012): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 3 Nomor 2 Desember 2012 Vol 3 No 1 (2012): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 3 Nomor 1 Juli 2012 Vol 2 No 2 (2011): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 2 Nomor 2 Desember 2011 Vol 2 No 1 (2011): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 2 Nomor 1 Juli 2011 Vol 1 No 2 (2010): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 1 Nomor 2 Desember 2010 Vol 1 No 1 (2010): Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 1 Nomor 1 Juli 2010 More Issue