cover
Contact Name
rudi salam
Contact Email
rudisalam@unm.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
rudisalam@unm.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Ad'ministrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran
ISSN : 24071765     EISSN : 25411306     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Administratre focuses on the research of a study on Guidance Administration science, Management Science, Public Policy, Administration Educational and Public Administration. Jurnal Administrare is published twice a year, every June and December, containing papers/articles about the ideas and the research written by experts, educator, scientist, practitioners, and reviewers in the guidance Administration discipline/study.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1, No. 1, Desember 2014" : 5 Documents clear
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PELAYANANIZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (Studi pada Kantor Pelayanan Terpadu Kabupaten Gowa) Akhmad .; Haedar Akib
Jurnal Ad'ministrare Vol. 1, No. 1, Desember 2014
Publisher : Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (88.671 KB) | DOI: 10.26858/ja.v1i1.880

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada upaya untuk meneliti dan mengungkapkan secara deskriptif analitis berbagai Implementasi Kebijakan terkait dengan izin mendirikan bangunan yang ada di kantor Pelayanan terpadu Kabupaten Gowa. Penelitian ini dilaksanakan pada kantor pelayanan terpadu Kabupaten Gowa dengan menggunakan metode penelitian kualitatif  dengan pendekatan penomenologi. Data penelitian ini diperoleh dari dokumen, penelitian relevan, dan informan, buku-buku yang relevan dengan konteks penelitian ini. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan pengamatan, wawancara dan dokumen. Teknik analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif dengan tahapan: (1) data reduksi, (2) data display, (3) data conclusion. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Peraturan Daerah No. 18 Tahun 2001 tentang Retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) pada Kantor Pelayanan Terpadu Kabupaten Gowa diterapkan melalui pelaksanaan pelayanan IMB dan penerbitan sertifikat IMB yang mengacu pada unsur-unsur pelayanan publik berupa kesederhanaan, ketepatan waktu, keterbukaan, tidak diskriminatif, efisien, dan ekonomis. Pelaksanaan pelayanan IMB yang sederhana diterapkan melalui kegiatan pelayanan yang sesuai prosedur untuk mewujudkan pelayanan yang memuaskan. Ketepatan waktu dalam penyelesaian IMB minimal 3 hari kerja sesuai mekanisme pelayanan IMB. Keterbukaan diterapkan melalui pengenaan biaya untuk menciptakan transparansi pemberian data dan informasi. Tidak diskriminatif dengan pemberian pelayanan IMB yang adil dan merata. Efisiensi pelayanan yaitu melaksanakan pelayanan sesuai jam kerja berdasarkan komitmen pelayanan yang berlaku. Ekonomis dalam hal ini pengenaan biaya yang terjangkau yang tidak membebani masyarakat. Kata Kunci: Implementasi Peraturan Daerah, Izin Mendirikan Bangunan, Pelayanan Terpadu
PENEGAKAN DISIPLIN (Suatu Upaya Peningkatan Kinerja Pegawai) Sirajuddin Saleh
Jurnal Ad'ministrare Vol. 1, No. 1, Desember 2014
Publisher : Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (91.247 KB) | DOI: 10.26858/ja.v1i1.876

Abstract

Kinerja pegawai merupakan salah satu tolak ukur yang sangat vital dalam mencapai tujuan organisasi publik maupun profit.Salah satu upaya meningkatkan kinerja adalah dengan jalan memberikan peraturan kedisiplinan pegawai.Akan tetapi dalam realitas terjadi meskipun kedisiplinan pegawai telah diatur dalam undang-undang belum terlaksana secara maksimal. Hal tersebut, dilator belakangi oleh faktor pejabat yang Berwenang dalam Menerapkan Peraturan Disiplin belum terlaksana maksimal,  dan kesadaran pegawai akan pentingnya disiplin kerja masih rendah. Oleh karena itu, dbutuhkan kebijakan lebih lanjut yang sifatnya mengikat agar terciptanya kinerja pegawai yang berkualitas. Kata Kunci: Kinerja Pegawai, Penegakan Kedisiplinan
RESPON MASYARAKAT TERHADAP KINERJA PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN PINOGALUMAN Ferdi S Gani
Jurnal Ad'ministrare Vol. 1, No. 1, Desember 2014
Publisher : Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (90.635 KB) | DOI: 10.26858/ja.v1i1.881

Abstract

Mutu pelayanan dari Pemerintah Kecamatan sangat rendah sehingga banyak menimbulkan keluhan dari masyarakat. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa persoalan camat tersebut tidak terlepas dari perubahan fungsi dan peran camat dari Kepala Wilayah menjadi Perangkat Daerah. Aparat kecamatan memperlakukan masyarakat yang dilayani dengan ramah, sopan santun dengan tetap memperhatikan peraturan serta standar operasional dan prosedur pelayanan. Aparat dalam memberikan pelayanan masih dalam koridor yang normatif dan wajar. Aspek responsivitas yang ditunjukkan oleh sikap aparat yang tanggap cepat dan tepat dalam melayani masyarakat. Kinerja pelayanan publik sudah maksimal dimana segala persyaratan administrasi dan proses pelayanan sudah sesuai dengan standarisasi pelayanan. Aparat kecamatan selalu bertanggung jawab dan lebih mementingkan kepentingan umum disbanding kepentingan pribadi atau golongan. Kata Kunci : Respon, Perilaku, Pelayanan Publik
PELAYANAN FUNGSI ADMINISTRASI PERKANTORAN MODERN Said Saggaf; Rudi Salam; Fakhri Kahar; Haedar Akib
Jurnal Ad'ministrare Vol. 1, No. 1, Desember 2014
Publisher : Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (72.846 KB) | DOI: 10.26858/ja.v1i1.877

Abstract

Pelayanan administrasi merupakan pekerjaan yang dipandang sebelah mata tetapi mampu memberikan efek yang signifikan bagi suatu Negara.Hancurnya suatu organisasi bukan karena tidak mampu menghadapi persaingan yang ketat tetapi data yang dimiliki belum mampu untuk jadi informasi yang akurat yang demi keberlangsungan suatu organisasi. Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisisis pelaksanaan fungsi administrasi perkantoran modern menyangkut 5 (lima) fungsi seperti: 1) Fungsi Manajerial, 2) Interpersonal, 3) Teknis, 4) Rutin, dan Analisis atau dengan kata lain Fungsi MITRA. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Analisis (kualitatif) yang didukung oleh data kuantitatif.Responden pada penelitian ini adalah Pegawai pada Kantor Kecamatan Barombong yang terdiri dari 14 orang.Sedangkan informannya adalah camat, sekretaris camat, staf / pegawai dan masyarakat.Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan fungsi administrasi perkantoran modern di Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa mencakup fungsi manajerial, interpersonal, rutin dan analisis termasuk dalam kategori tinggi sedangkan fungsi teknis termasuk dalam kategori rendah.Aspek tersebut memberikan gambaran bahwa fungsi teknis menjadi perhatian penting dalam pelaksanaan fungsi MITRA terlebih dalam penyediaan teknologi seperti software, akses internet dan ketersediaan sumber daya manusia masih rendah.Keywords: Function Modern Office Administration, administrative services, Government, Public Service.
KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT KECAMATAN PATTALLASSANG KABUPATEN GOWA Ferayanti .; Nasaruddin H
Jurnal Ad'ministrare Vol. 1, No. 1, Desember 2014
Publisher : Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (89.043 KB) | DOI: 10.26858/ja.v1i1.878

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai: kualitas pelayanan kesehatan pusat kesehatan masyarakat Pattallassang kabupaten Gowa, dengan fokus penelitian (1) kualitas pelayanan yang dilihat dari 5 dimensi RATER yaitu Releability, Assurance, Tangebles, Empathi, Responsiveness pelayanan pasien di Pusat Kesehatan MasyarakatKecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa, (2) faktor-faktor yang mendukung terwujudnya kualitas pelayanan di pusat kesehatan kabupaten Gowa. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi langsung. Teknik analisis data meliputi tahap-tahap reduksi data, penyajian data, pemeriksaan data dan penarikan kesimpulan. Metode yang digunakan ini dilaksanakan pada (1) pemimpin pusat kesehatan masyarakat Pattallassang (2) pegawai di lingkungan pusat kesehatan masyarakat (3) pasien/keluarga pasien yang berobat di pusat kesehatan masyarakat Pattallassang sebagai unsur penting dalam menunjang langkah-langkah atau teknis pengelolaan pusat kesehatan masyarakat Pattallassang sebagai upaya perbaikan kualitas pelayanan. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) kualitas pelayanan kesehatan di pusat kesehatatan masyarakat Pattallassang yang tergambar pada sikap dan kepedulian pemimpin dalam memberikan perhatian, memotivasi dan menilai kinerja pegawai yang berdampak pada kualitas pelayanan yang dinilai cukup baik, (2) faktor-faktor yang mendukung terwujudnya kualitas pelayanan kesehatan meliputi: faktor komunikasi, faktor struktur birokrasi dan faktor sumber daya yang menentukan keberhasilan pelaksanaan program pusat kesehatan masyarakat.Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan, Pusat Kesehatan Masyarakat

Page 1 of 1 | Total Record : 5