cover
Contact Name
Yogi Kuncoro Adi
Contact Email
pedagogi@uniku.ac.id
Phone
+6282323239779
Journal Mail Official
pedagogi@uniku.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia, 45513
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Published by Universitas Kuningan
ISSN : 24074837     EISSN : 26141728     DOI : https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1
Core Subject : Education,
Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & November) sebagai media diseminasi hasil penelitian akademisi dan praktisi pendidikan dasar. Kami mengundang penulis untuk men-submit karya ilmiah di bidang pendidikan dasar yang belum pernah diterbitkan atau tidak sedang ditinjau oleh jurnal lain. Ruang lingkup jurnal ini adalah artikel dari penelitian yang berkaitan dengan pendidikan dasar termasuk strategi pembelajaran, media pembelajaran, kurikulum dan pembelajaran, manajemen pembelajaran dan/atau pendidikan, evaluasi pembelajaran, dan bimbingan konseling di sekolah dasar.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2020)" : 6 Documents clear
PENGARUH PENYAJIAN MATERI DALAM BENTUK MEDIA KOMIK TERHADAP MINAT BACA DAN HASIL BELAJAR Ira Wulandari Suparman; Marlina Eliyanti; Eli Hermawati
Pedagogi Vol 7, No 1 (2020)
Publisher : UNIKU PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.146 KB) | DOI: 10.25134/pedagogi.v7i1.2860

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya minat baca siswa terhadap materi pelajaran yang berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Kertaungaran. Materi bacaan perlu dibuat menarik, penuh warna, dan gambar yang dapat mengembangkan imajinasi. Bacaan menarik tersebut berupa media komik yang dapat diterapkan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan penyajian materi dalam bentuk media komik dengan kelas yang tidak menggunakan penyajian materi dalam bentuk media komik setelah perlakuan, (2) perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan penyajian materi dalam bentuk media komik dengan kelas yang tidak menggunakan penyajian materi dalam bentuk media komik, dan (3) pengaruh penyajian materi dalam bentuk media komik terhadap minat baca siswa kelas III pada pelajaran IPS materi Kerjasama di SDN Kertaungaran. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Jumlah siswa yang diteliti dalam penelitian ini sebanyak 61 siswa, terdiri dari 31 siswa kelas III A (kelas eksperimen) dan 30 siswa III B (kelas kontrol). Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, hasil belajar siswa sebelum perlakuan tidak jauh berbeda. Namun, setelah perlakuan menggunakan media komik hasil belajar berbeda secara signifikan. Siswa yang belajar menggunakan media komik mengalami peningkatan nilai rata-rata mencapai KKM. Peningkatan hasil belajar ini juga mempengaruhi minat baca siswa terhadap komik secara positif. Oleh karena itu, guru disarankan menggunakan media komik untuk menarik minat baca siswa terhadap materi pelajaran, sehingga hasil belajar siswa meningkat.Kata Kunci: minat baca; hasil belajar; media komik kerjasama
ANALISIS KARAKTERISTIK SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN: SEBUAH STUDI LITERATUR Rodatus Sofiah; Suhartono Suhartono; Ratna Hidayah
Pedagogi Vol 7, No 1 (2020)
Publisher : UNIKU PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (518.149 KB) | DOI: 10.25134/pedagogi.v7i1.2611

Abstract

Dalam proses pembelajaran dikenal istilah model dan pendekatan yang memiliki kemiripan makna sehingga seringkali orang merasa bingung dalam membedakan kedua istilah tersebut. Berdasarkan berbagai referensi dari hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat beberapa pendapat yang memposisikan Sains Teknologi Masyarakat (STM) sebagai suatu model pembelajaran, tetapi tidak sedikit juga yang mengkategorikannya sebagai pendekatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis apakah karakteristik pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) sudah dapat dikategorikan sebagai suatu model pembelajaran atau masih tergolong sebagai pendekatan pembelajaran. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang bersifat studi literatur (library research) yang menggunakan buku-buku dan literatur-literatur lainnya sebagai objek penelitian yang utama. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan buku-buku dan jurnal-jurnal hasil penelitian sebelumnya yang masih terkait. Setelah semua data terkumpul, selanjutnya dilakukan pengkajian dan pembandingan data yang ditemukan secara sistematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi (content analysis) dengan pengutipan pendapat-pendapat yang sesuai. Dari hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa Sains Teknologi Masyarakat (STM) dapat dikategorikan sebagai suatu model pembelajaran. Hasil pengkajian ini diharapkan dapat digunakan oleh peneliti selanjutnya sebagai tambahan informasi pada penelitian dengan studi literatur mengenai model Sains Teknologi Masyarakat (STM).
IMPLEMENTASI MULTIMEDIA I-SPRING DENGAN POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SALAT UNTUK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Irwanto Irwanto
Pedagogi Vol 7, No 1 (2020)
Publisher : UNIKU PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.898 KB) | DOI: 10.25134/pedagogi.v7i1.2861

Abstract

Capaian hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kurang dari KKM yang ditentukan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan peningkatan hasil belajar pendidikan agama Islam mengenai materi tata cara shalat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jambu dengan sampel 26 orang dan SDN Kampung Baru dengan sampel 26 orang. Hasil penelitian yang didapat adalah 1) terdapat peningkatan hasil belajar pada kelompok eksperimen jika dilihat dari peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, 2) terdapat peningkatan hasil belajar pada kelompok kontrol jika dilihat dari peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, dan 3) tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen yang menggunakan multimedia iSpring dengan kelompok kontrol yang menggunakan PowerPoint. Dengan adanya media yang digunakan dalam pembelajaran, maka hasil belajar siswa pun mengalami peningkatan.Kata Kunci: implementasi; multimedia iSpring; PowerPoint; hasil belajar
THE EFFECT OF USING POWERPOINT MEDIA ON STUDENT LEARNING OUTCOMES IN THE MATERIAL ADAPTATION OF LIVING THINGS Syaepudin Syaepudin; Juhji Juhji
Pedagogi Vol 7, No 1 (2020)
Publisher : UNIKU PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.702 KB) | DOI: 10.25134/pedagogi.v7i1.2749

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of using PowerPoint media on student learning outcomes in the material adaptation of living creatures. The research method uses a quasi-experimental design with a nonequivalent control group design. The study was conducted in classes 6 (six) A and B, each of which numbered 25 students with the same level of homogeneity. Class 6A was chosen as the experimental class and Class 6B as the control class. The sampling technique uses purposive sampling which is to determine the sample based on special characteristics by the expected research objectives. The study was conducted at Bakti Mulya 400 Pondok Indah South Jakarta Elementary School in grade 6. The learning achievement test instrument used multiple-choice questions that had been validated with content and construction. Hypothesis test results through the Independent Samples Test showed a significance value of 2 (two) directions (t-tailed) of 0.002 0.05, so it was concluded that there were significant scores between the control group and the experimental group. These results indicate the influence of the use of PowerPoint media on student learning outcomes in the material adaptation of living things. Although not the only variable that can affect learning outcomes, the use of PowerPoint media by teachers can be an alternative in efforts to increase students' interest and motivation to learn. so that their learning outcomes can improve
GOBAK SODOR DAN BENTENGAN SEBAGAI PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES BERBASIS KARAKTER PADA SEKOLAH DASAR Pajar Anugrah Prasetio; Gilang Kripsiyadi Praramdana
Pedagogi Vol 7, No 1 (2020)
Publisher : UNIKU PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.772 KB) | DOI: 10.25134/pedagogi.v7i1.2858

Abstract

Pada kajian penelitian terdahulu, terdapat muatan pendidikan karakter dalam setiap permainan tradisional. Guru yang mengajarkan Gobak Sodor dan Bentengan, dua permainan tradisional yang melatih kemampuan motorik, sering tidak memperhatikan nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter siswa yang dapat terbentuk melalui kedua permainan tradisional tersebut. Sementara, pembelajaran Penjasorkes dan permainan tradisional merupakan konsep yang beriringan dan dapat membentuk karakter yang baik bagi siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD dan guru Penjasorkes di SDN 3 Awirarangan, SDN 2 Kuningan, dan SDN 10 Kuningan. Peneliti sebagai human instrument menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Analisis dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Pelaksanaan olahraga permainan tradisional dalam pembelajaran Penjasorkes berbasis karakter yang dilaksanakan di SDN 3 Awirarangan, SDN 2 Kuningan, dan SDN 10 Kuningan dapat memunculkan nilai-nilai karakter siswa seperti kerjasama, percaya diri, jujur, tanggung jawab, toleransi, saling menghargai, dan disiplin. Peneliti menyimpulkan bahwa pelaksanaan permainan tradisional dalam pembelajaran Penjasorkes merupakan salah satu sarana alternatif yang dapat membentuk karakter siswa sekolah dasar.Kata Kunci: permainan tradisional; penjasorkes; pendidikan karakter
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN ARENDS TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI KELAS Syofi Syofiyah Dewi; Arrofa Acesta; Heru Purnomo
Pedagogi Vol 7, No 1 (2020)
Publisher : UNIKU PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (779.392 KB) | DOI: 10.25134/pedagogi.v7i1.2859

Abstract

Keterampilan sosial memiliki peran yang sangat penting untuk mendukung suatu interaksi dalam kegiatan pembelajaran. Namun, keterampilan sosial peserta didik di kelas V SDN 1 Purwawinangun masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends berpengaruh terhadap keterampilan sosial peserta didik di kelas dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V SDN 1 Purwawinangun. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends dapat dilihat dari perbedaan kedua rata-rata nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan uji t dua sampel independen serta dilihat dari peningkatan dengan menggunakan rumus n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai keterampilan sosial peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol serta peningkatan keterampilan sosial peserta didik di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Sehingga model kooperatif tipe Time Token Arends berpengaruh terhadap keterampilan sosial peserta didik di kelas pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V SDN 1 Purwawinangun. Peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian serupa dengan indikator lain dan aspek keterampilan sosial yang lebih kompleks.Kata Kunci: model kooperatif; time token arends; keterampilan sosial di kelas.

Page 1 of 1 | Total Record : 6