cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Published by Universitas Lampung
ISSN : 23021373     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) adalah jurnal yang dikkhususkan untuk menampung tulisan hasil penelitian dosen dan mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi. Awal peneribtan JEE pada Juni 2012. JEE mengeluarkan 4 kali terbitan setiap tahunnya.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 5 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)" : 10 Documents clear
HUBUNGAN ANTARA PEMBERDAYAAN GURU, LINGKUNGAN KERJA, DAN KOMPENSASI DENGAN EFEKTIVITAS KERJA Rita Setiawati Suprihatin; Yon Rizal; Tedi Rusman
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 5 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aimed to determine whether there was a correlation between teacher empowerment, work environment, and compensation with the effectiveness of the work on teacher certification of SMA Terbanggi Besar District academic year 2014/2015. This research method was the correlational method with ex post facto approach. Population of this study amounted 124 teacher certification. Samples taken by proportionate stratified random sampling amounted 101 teacher certification calculated using the formula Nomogram Harry King. The results showed: (1) there was a correlation between teacher empowerment with the effectiveness of the work, (2) there was a correlation between work environment with the effectiveness of the work, (3) there was a correlation between compensation and effectiveness of the work, and (4) there was a correlation between teacher empowerment, work environment, and compensation with the effectiveness of the work. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara pemberdayaan guru, lingkungan kerja, dan kompensasi dengan efektivitas kerja pada guru sertifikasi SMA Kecamatan Terbanggi Besar Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode penelitian ini adalah metode korelasional dengan menggunakan pendekatan ex post facto. Populasi penelitian ini berjumlah 124 guru sertifikasi. Sampel diambil berdasarkan proportionate stratified random sampling berjumlah 101 guru sertifikasi yang dihitung dengan menggunakan rumus Nomogram Harry King. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada hubungan antara pemberdayaan guru dengan efektivitas kerja, (2) ada hubungan antara lingkungan kerja dengan efektivitas kerja, (3) ada hubungan antara kompensasi dengan efektivitas kerja, dan (4) ada hubungan antara pemberdayaan guru, lingkungan kerja, dan kompensasi dengan efektivitas kerja.Kata kunci: efektivitas kerja, kompensasi, lingkungan kerja, dan pemberdayaan guru
HASIL BELAJAR IPS TERPADU MODEL PBL DAN PJBL DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BELAJAR Miftahul Khairiah; Yon Rizal; Tedi Rusman
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 5 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to determine the student achievement using PBL and PjBL model in improving learning result in IPS Terpadu by considering students learning motivation. Based on the results of the research obtained: (1) There is a difference of students learning result in IPS Terpadu between the model of PBL and PjBL, (2) There is a difference of students learning results in IPS Terpadu for the low motivations student and high motivations student, (3) Results of IPS Terpadu learning using PBL model is higher than the PjBL at students who have a high learning motivation, (4) Results of IPS Terpadu learning using PjBL model is higher than the PBL at students who have a low learning motivation, (5) There is interaction beetwen PBL and PjBL with students learning motivation on IPS Terpadu subject.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan dan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran PBL dan PjBL dengan memperhatikan motivasi belajar. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL dan PjBL, (2) Terdapat perbedaan hasil belajar IPS Terpadu bagi siswa yang memiliki motivasi tinggi dan rendah, (3) Hasil belajar IPS Terpadu siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL lebih tinggi dibandingkan PjBL pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, (4) Hasil belajar IPS Terpadu siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PjBL lebih tinggi dibandingkan PBL pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, (5) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu.Kata kunci: hasil belajar, motivasi belajar, PBL, PjBL
PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN KERJA, DAN IMBALAN TERHADAP PERFORMANCE Tri Aminah; Yon Rizal; Tedi Rusman
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 5 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research was motivated by low teacher performance. This research aimed to investigate whether there was an impact of work motivation, job environment and rewards toward certified teacher working performance at Senior High School in Kota Agung Subdistrict in 2014/2015 academic year. Method used this research was verificative description with expost facto approach and survey. Teacher population in this researcher were 125 teacher with number of respondent chosen based on Nomogram Harry King formula as many as 102 teachers. To test hypothesis 1, 2 and 3, the researcher used a simple regression and for hypothesis 4, the research used multiple linier regression. The result of analysis showeel that: (1) there has an impact of working motivation of teacher toward certified teacher performance, 2) there has an impact of job environment of teacher toward certified teacher performance, 3) there has an impact of rewards of teacher toward certified teacher performance, 4) there has an impact of working motivation, job environment, and rewards on certified teacher performance.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh performance guru yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengethui apakah ada pengaruh motivasi kerja, lingkungan kerja dan imbalan terhadap performance pada guru sertifikasi SMA/MA Kecamatan Kota Agung Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif verivikatif dengan pendekatan Ex Post Facto dan Survey. Populasi penelitian ini berjumlah 125 orang guru dengan jumlah sampel berdasarkan rumus Nomogram Harry King sebanyak 102 orang guru. Untuk menguji hipotesis 1, 2 dan 3 menggunakan linier sederhana dan hipotesis 4 menggunakan regresi linier multipel. Hasil analisis menunjukan bahwa: (1) ada pengaruh motivasi terhadap performance guru, (2) ada pengaruh lingkungan kerja terhadap performance guru, (3) ada pengaruh imbalan terhadap performance guru, (4) ada pengaruh motivasi, lingkungan kerja, dan imbalan terhadap performance guru.Kata kunci: imbalan, lingkungan kerja, motivasi,performance
PENGARUH PEMBERDAYAAN, SARANA PRASARANA, LINGKUNGAN KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA Yuda Bimantara; Yon Rizal; Tedi Rusman
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 5 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The Background of this study was low effectivity of certified-teachers work. This study aimed to figure out the impact of the teacher empowerment, the use of infrastructure and work environtment on effectiveness of the certification teacher work of SMP Negeri in sub-district of Pringsewu school year 2014/2015. Descriptive Verificative is adopted for this study. The population in this study were all certified teachers of SMP Negeri in sub-district of Pringsewu with a total of 135 teachers and the sample is calculated by using the formula slovin to obtain a sample of 101 sample. The result shows that there are some positive effect wich is significant between the teacher empowerment (X1), the use of infrastructure (X2) and work environtment (X3) on effectiveness of the certification teacher work (Y).Penelitian ini dilatarbelakangi oleh efektivitas kerja guru sertifikasi yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberdayaan guru, penggunaan sarana prasarana dan lingkungan kerja terhadap efektivitas kerja guru sertifikasi SMP Negeri se-Kecamatan Pringsewu Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif verifikatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru sertifikasi SMP Negeri se-Kecamatan Pringsewu dengan jumlah sebanyak 135 guru dan sampel dihitung dengan menggunakan rumus slovin sehingga didapatkan sampel sebanyak 101 sampel. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara pemberdayaan guru (X1), penggunaan sarana prasarana (X2) dan lingkungan kerja (X3) terhadap efektivitas kerja guru sertifikasi (Y).Kata kunci: efektivitas kerja, lingkungan kerja, pemberdayaan, sarana prasarana
HASIL BELAJAR ANTARA TAKE AND GIVE DAN MIND MAPPING MEMPERTIMBANGKAN KONSEP DIRI Edy Darmadi; Edy Purnomo; Tedi Rusman
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 5 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research was to investigate of economics learning results and interaction between students. Method which is used was quasi experimentation. Based on data analysis, it could be concluded; (1) there was difference between learning outcomes economics students whose learning used the model of Take and Give cooperative learning type and than those whose learning used Mind Mapping cooperative learning type, (2) students economics learning outcomes who had a positive self-concept whose learning using the model of cooperative Take and Give type were higher than those who were learning using the model of those whose learning used Mind Mapping cooperative learning type, (3) students economics learning outcomes who had a negative self-concept whose learning using the model of cooperative Take and Give type were lower than those who were learning using the model of those whose learning used Mind Mapping cooperative learning type, (4) there was interactions between cooperative learning model and student self-concept in economics subjects.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi serta interaksi antara model pembelajaran dan konsep diri siswa. Metode penelitin menggunakan quasi eksperimen. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan; (1) terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipeMind Mapping, (2) hasil belajar ekonomi pada siswa yang memiliki konsep diri positif yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Take and Give lebih tinggi dibandingkan dengan yang pembelajaannya menggunakan model kooperatif tipe Mind Mapping, (3) hasil belajar ekonomi pada siswa yang memiliki konsep diri negatif yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Take and Give lebih rendah dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Mind Mapping, (4) ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan konsep diri siswa pada mata pelajaran Ekonomi.Kata kunci: belajar, konsep, TG, MM
PENGARUH IKLIM KERJA DAN DISIPLIN TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA Sandi Irwansyah; Yon Rizal; Nurdin Nurdin
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 5 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research was motivated by the low effectiveness of teachers' work. The purpose of this study was to determine the effect of climate on the effectiveness of the work and discipline of work on the certification of teachers of SMPN 01 Bandar Lampung Sub Rayon Academic Year 2014/2015. The method used in this research was descriptive method verification with ex post facto approach. The population in this research were 144 teachers and sample in this research were 106 teachers. The sampling technique in this study with Probability Sampling technique using the Proportionate Stratified Random Sampling using the formula slovin. Based on the analysis of data obtained as follows: (1) There is a work climate influence on the effectiveness of work on the certification of teacher. (2) There is a disciplinary effect on the effectiveness of work on the certification of teachers. (3) There is an effect of climate on the effectiveness of the work and discipline of work on the certification of teachers.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh efektivitas kerja guru yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklim kerja dan disiplin terhadap efektivitas kerja pada guru sertifikasi SMP Negeri Sub Rayon 01 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 144 guru dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 106 guru. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan teknik Probability Sampling dengan menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling dengan menggunakan rumus slovin. Berdasarkan analisis data diperoleh sebagai berikut: (1) Ada pengaruh iklim kerja terhadap efektivitas kerja pada guru sertifikasi. (2) Ada pengaruh disiplin terhadap efektivitas kerja pada guru sertifikasi. (3) Ada pengaruh iklim kerja dan disiplin terhadap efektivitas kerja pada guru sertifikasi.Kata kunci: disiplin, efektivitas kerja, iklim kerja
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL NHT DAN TTW DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN ADVERSITAS Meli Puspita; Eddy Purnomo; Tedi Rusman
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 5 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research was about comparison of IPS Terpadu learning result with Number Head Together (NHT) and Think Talk Write (TTW) with concerning the intelegency of students at the first grade of junior high school 1 Kasui. The result of analysis showed: (1) There was difference on students learning result in which learning by using NHT and TTW model, (2) There was interaction between learning model and intelegency of adversity student on learning result of IPS Terpadu, (3) The result of students that used NHT model was better than TTW model for student who have high intelegency of adversity, (4) The result of learning that used TTW was lower than NHT model for student who have high intelegency of adversity.Penelitian ini mengkaji tentang perbandingan hasil belajar IPS Terpadu dengan model Number Head Together (NHT) dan Think Talk Write (TTW) dengan memperhatikan kecerdasan adversitas kelas VIII SMP Negeri 1 Kasui. Metode penelitian ini adalah experimen semu dengan pendekatan komparatif. Hasil analisis menunjukan: (1) ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang pembelajarannya menggunakan model NHT dan TTW, (2) ada interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan adversitas siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu. (3), hasil belajar siswa menggunakan model NHT lebih baik dibandingkan model TTW untuk siswa yang memiliki kecerdasan adversitas tinggi, (4) hasil belajar menggunakan model TTW lebih rendah dari pada model NHT untuk siswa yang mempunyai kecerdasan adversitas rendah.Kata kunci : hasil belajar, number head together, think talk write
HUBUNGAN KOMPETENSI GURU DISIPLIN KERJA DAN KOMPENSASI DENGAN EFEKTIVITAS KERJA GURU SERTIFIKASI Sri Widiawati; Yon Rizal; Tedi Rusman
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 5 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research purpose was to find out whether there was a relationship of teacher competence, work dicipline, and compensation with the effectiveness of teacher certification of SMP Negeri in Terbanggi Besar District academic year 2014/2015. Based on the analysis of data, it were obtained as follows: (1) there was a positive correlation between the effectiveness of teacher competence on teacher certification of SMP Negeri in Terbanggi Besar District academic year 2014/2015, (2) there was a positive correlation between the effectiveness of the work discipline on teacher certification, (3) there was a positive relationship between compensation and effectiveness of the work on teacher certification, (4) there was a positive and significant correlation between teacher competence, work discipline and compensation to the effectiveness on teacher certification.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kompetensi guru, disiplin kerja, dan kompensasi dengan efektivitas kerja pada guru sertifikasi SMP Negeri Kecamatan Terbanggi Besar tahun pelajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh sebagai berikut (1) ada hubungan yang positif antara kompetensi guru dengan efektivitas kerja pada guru sertifikasi SMP Negeri Kecamatan Terbanggi Besar tahun pelajaran 2014/2015, (2) ada hubungan yang positif antara disiplin kerja dengan efektivitas kerja pada guru sertifikasi, (3) ada hubungan yang positif antara kompensasi dengan efektivitas kerja pada guru sertifikasi, (4) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi guru, disiplin kerja, dan kompensasi dengan efektivitas kerja pada guru sertifikasi.Kata kunci:disiplin, efektivitas kerja, kompensasi, dan kompetensi kerja
AKTIVITAS BELAJAR IPS TERPADU MENGGUNAKAN MODEL TC DAN MAM MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR Annida Yuswan; Yon Rizal; Pujiati Pujiati
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 5 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research was to investigate the social studies learning activity and the interaction between students. Methods which used was quasi experimentation. Based on data analysis, it could be concluded: (1) There was difference between learning activity in social study of students whose learning used the model of TC cooperative learning type than those whose learning used MaM cooperative learning type, (2) Learning activity in social studies who had a high learning interest whose learning using the model of cooperative TC type were higher than those who were learning using the model of MaM cooperative learning type, (3) Learning activity in social studies who had a low learning interest whose learning using the model of cooperative TC type were lower than those who were learning using the model of MaM cooperative learning type, (4) There was interactions between cooperative learning model and learning interest in social studies subjects.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan aktivitas belajar IPS Terpadu serta interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar siswa. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: (1) Terdapat perbedaan aktivitas belajar IPS Terpadu antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model TC dibandingkan dengan model MaM, (2) Aktivitas belajar IPS Terpadu siswa memiliki minat belajar tinggi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TC lebih tinggi dibandingkan MaM, (3) Aktivitas belajar IPS Terpadu siswa memiliki minat belajar rendah yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TC lebih rendah dibandingkan MaM,(4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu.Kata kunci :aktivitas belajar, MaM, minat belajar, TC
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN TGT DAN JIGSAW DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR Irfan Hidayat; Edy Purnomo; Yon Rizal
JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 5 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Publisher : FKIP Unila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research is motivated by The lack of students critical thinking skills. The purpose of this research were to know the difference of critical thinking skills of students and the presence or absence of interaction between students whose learning using TGT and Jigsaw models regarding to the learning interest. Methods which is used was quasi experimentation. The population are 81 students with 54 students as the sample. Data collection is through interviews, observation, documentation, tests and poll. Hypotheses testing was using two sample independent test and variance two ways analysis. Based on analysis of data, it was obtained that there are differences between critical thinking skills of students and there is interaction between students whose learning are using TGT and Jigsaw model regarding to the interest of learning.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis siswa yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dan ada tidaknya interaksi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model TGT dan Jigsaw dengan memperhatikan minat belajar. Metode yang digunakan eksperimen semu. Populasi berjumlah 81 siswa dengan sampel 54 siswa. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes dan angket. Uji hipotesis menggunakan t-test dua sampel independen dan analisis varians dua jalan. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan berpkir kritis siswa dan ada interaksi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model TGT dan Jigsaw dengan memperhatikan minat belajar.Kata kunci: berpikir kritis, Jigsaw, minat, TGT

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 2 (2022): JEE (Jurnal Ekonomi Ekobis) Vol 9, No 1 (2022): JEE (Jurnal Ekonomi Ekobis) Vol 8, No 2 (2021): Jurnal Edukasi Ekobis (JEE) Vol 8, No 1 (2021): Jurnal Edukasi Ekobis (JEE) Vol 8, No 1 (2020): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 7, No 5 (2019): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 7, No 4 (2019): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 7, No 3 (2019): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 7, No 2 (2019): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 7, No 1 (2019): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 6, No 9 (2018): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 6, No 8 (2018): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 6, No 7 (2018): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 6, No 6 (2018): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 6, No 5 (2018): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 6, No 4 (2018): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 6, No 3 (2018): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 6, No 2 (2018): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 6, No 1 (2018): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 5, No 9 (2017): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 5, No 8 (2017): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 5, No 7 (2017): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 5, No 6 (2017): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 5, No 5 (2017): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 5, No 4 (2017): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 5, No 3 (2017): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 5, No 2 (2017): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 5, No 1 (2017): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 4, No 8 (2016): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 4, No 7 (2016): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 4, No 6 (2016): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 4, No 5 (2016): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 4, No 4 (2016): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 4, No 3 (2016): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 4, No 2 (2016): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 4, No 1 (2016): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 10 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 9 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 8 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 7 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 6 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 5 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 4 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 3 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 2 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 3, No 1 (2015): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 2, No 8 (2014): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 2, No 7 (2014): JEE (Junal Edukasi Ekobis) Vol 2, No 6 (2014): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 2, No 5 (2014): JEE (jurnal Edukasi Ekobis) Vol 2, No 4 (2014): JEE (jurnal Edukasi Ekobis) Vol 2, No 3 (2014): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 2, No 2 (2014): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 2, No 1 (2014): JEE (jurnal Edukasi Ekobis) Vol 1, No 8 (2013): JEE (jurnal Edukasi Ekobis) Vol 1, No 7 (2013): JEE (jurnal Edukasi Ekobis) Vol 1, No 6 (2013): JEE (jurnal Edukasi Ekobis) Vol 1, No 5 (2013): JEE (jurnal Edukasi Ekobis) Vol 1, No 4 (2013): JEE (jurnal Edukasi Ekobis) Vol 1, No 3 (2013): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 1, No 2 (2013): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) Vol 1, No 1 (2013): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) More Issue