cover
Contact Name
Dyana Wijayanti
Contact Email
dyana.wijayanti@unissula.ac.id
Phone
+6282137007434
Journal Mail Official
kontinu.pendmat@unissula.ac.id
Editorial Address
Gedung Kuliah Bersama FKIP Lt.2 Jl. Raya Kaligawe Km . 4, Semarang , Jawa Tengah
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika
ISSN : 27157326     EISSN : 26565544     DOI : 10.30659
Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika (E-ISSN: 2656-5544) merupakan e-jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Unissula sebanyak dua kali dalam setahun pada Bulan Mei dan November. Jurnal yang awalnya bernama Jurnal Pendidikan Matematika (2012-2016) ini mempublikasikan naskah-naskah artikel dalam bidang Pendidikan Matematika baik berupa diseminasi penelitian, telaah pustaka, maupun resensi dari buku ilmiah.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1: Mei 2021" : 6 Documents clear
Lintasan Pengambilan Keputusan dalam Penyelesaian Soal Kontradiktif pada Materi Geometri oleh Siswa SMA Pida Mahani; Dyana Wijayanti; Mohamad Aminudin
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 5, No 1: Mei 2021
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/kontinu.5.1.35-48

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Faktorisasi Prima Berbasis Android di Kelas IV Sekolah Dasar Suwandi Suwandi; Sri Utaminingsih; Eko Darmanto
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 5, No 1: Mei 2021
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/kontinu.5.1.3-16

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran faktorisasi prima berbasis android serta menguji keefektifannya. Penelitian ini pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan Borg & Gall yang dikombinasikan dengan metode Software Development Life Cycle. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan  analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian media pembelajaran yang dikembangkan adalah media pembelajaran faktorisasi prima berbasis android dengan tampilan berupa visual, gambar, suara dan video. Tampilan dalam media faktorisasi prima  berbasis android adalah ikon, pembuka / layar utama, materi, penjelas, latihan dan ulangan.
Integrasi Teori Van Hiele pada LKPD Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Mendukung Peningkatan Kemampuan Visual Spasial Siswa SMP Nia Nilamsari; Sri Rejeki
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 5, No 1: Mei 2021
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/kontinu.5.1.17-34

Abstract

Spasial Siswa SMP dan menganalisis kevalidan serta kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis teori van Hiele pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Mendukung Peningkatan Kemampuan Visual Spasial Siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap pengembangan dalam penelitian ini adalah studi pendahuluan, perencanaan, dan pengembangan lembar kerja, validasi lembar kerja, dan uji kelayakan lembar kerja. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Plupuh di tahun ajaran 2020/2021. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah observasi dan penilaian angket. Validasi lembar kerja oleh dua ahli materi dan satu ahli media, hasil uji kevalidan lembar kerja menunjukkan bahwa lembar kerja dinyatakan valid dengan skor rata-rata 4. Hasil uji kelayakan berdasarkan angket dari peserta didik menunjukkan skor rata-rata 3.6 dengan kategori sangat layak.
Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Yusuf Al Amin; Budi Murtiyasa
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 5, No 1: Mei 2021
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/kontinu.5.1.49-65

Abstract

Pembelajaran jarak jauh membuat siswa kesulitan dalam memahami pelajaran matematika secara maksimal sehingga menghambat kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesulitan siswa belajar matematika pada proses pembelajaran daring menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah yang ditinjau dari motivasi belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 27 siswa kelas VII MTs Negeri 6 Boyolali yang mengikuti pembelajaran matematika secara daring. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat faktor penghambat siswa berpikir kritis dalam belajar matematika salah satunya adalah motivasi belajar. Kesulitan siswa dalam berpikir kritis yang dipengaruhi motivasi belajar dibagi dalam kriteria motivasi belajar rendah, motivasi belajar sedang, dan motivasi belajar tinggi. Dalam meningkatnya kemampuan berpikir kritis akan membuat siswa mampu memecahkan masalah, dapat membantu pengambilan keputusan, dapat membedakan fakta dan opini, serta membuat siswa lebih tenang dalam menghadapi masalah, terlebih dalam proses pembelajaran matematika pada proses pembelajaran daring menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah.
Mengingat Sejarah untuk Mengawali Penerbitan “Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika” di awal tahun 2021 Dyana Wijayanti
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 5, No 1: Mei 2021
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/kontinu.5.1.1-2

Abstract

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis SBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII yerizon yerizon; Debby Marinda
JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 5, No 1: Mei 2021
Publisher : Universitas Islam Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30659/kontinu.5.1.64-79

Abstract

The problems found in the field were the low ability of students to solve problems, the preparation of mathematics learning tools that were still not in accordance with the characteristics of students. For this reason, a research development of mathematics learning tools has been designed. The purpose of this study was to describe the process and results of developing Situation Based Learning (SBL) based mathematics learning tools to improve the valid, practical and effective problem solving abilities of class VIII students. This type of research is development research, using Plomp's research procedures, namely the preliminary research phase, the development or prototyping phase and the assessment phase. This device was tested in SMP 06 Padang by taking three students for one to one (class VIII.1) and six students for the small group (VIII.3). The results of this study indicate that the device developed is valid with an average score of 0.862 for lesson plans and 0.965 for student worksheets, practical with an average score of 91.92% practicality and effective with a mastery of material completeness of 82.89%.

Page 1 of 1 | Total Record : 6