cover
Contact Name
Agung Setia Budi
Contact Email
agungsetiabudi@ub.ac.id
Phone
+62341-577911
Journal Mail Official
jtiik@ub.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Gedung F FILKOM Lt. 8, Ruang BPJ Jalan Veteran No. 8 Malang Indonesia - 65145
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Published by Universitas Brawijaya
ISSN : 23557699     EISSN : 25286579     DOI : http://dx.doi.org/10.25126/jtiik
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK) merupakan jurnal nasional yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya (UB), Malang sejak tahun 2014. JTIIK memuat artikel hasil-hasil penelitian di bidang Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. JTIIK berkomitmen untuk menjadi jurnal nasional terbaik dengan mempublikasikan artikel berbahasa Indonesia yang berkualitas dan menjadi rujukan utama para peneliti. JTIIK di akreditasi oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor: 36/E/KPT/2019 yang berlaku sampai dengan Volume 11 Nomor 2 Tahun 2024.
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2: April 2019" : 16 Documents clear
Sistem Notifikasi Sms Hasil Prediksi Saham/Forex Menggunakan Raspberry Pi Kennardi Dewanto Tiono; Murtiyanto Santoso; Rayymond Sutjiadi; Resmana Lim
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 6 No 2: April 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3806.696 KB) | DOI: 10.25126/jtiik.2019621140

Abstract

Proyek ini dimaksudkan untuk membuat sebuah sistem yang dapat menganalisa data saham, membuat prediksi trend harga naik atau turun, dan mengirimkan notifikasi SMS mengenai hasil analisa dan prediksi kepada para pengguna. Sistem memanfaatkan Raspberry Pi yang dikoneksikan dengan Internet serta sebuah modul GSM untuk keperluan pengiriman hasil notifikasi SMS. Langkah-langkah yang dilakukan untuk dapat membuat sistem yang dimaksud adalah dengan membuat algoritma untuk proses analisa dan prediksi serta proses notifikasi, merancang dan membuat tampilan halaman web untuk user profile, dan menguji coba kelayakan dari program-program yang sudah dibuat. Dari hasil percobaan diketahui bahwa sistem yang telah dibuat mampu membuat analisa prediksi harga pasar saham serta menggunakan hasil dari prediksi tersebut untuk mengirimkan notifikasi berupa SMS kepada para user.AbstractThis project is intended to create a system that can analyze and predict price trends up or down from a stock market, and send SMS notifications about the results of predictions to users. The system utilizes a Raspberry Pi that is connected to the Internet and a GSM module for sending SMS notification results. The steps taken to create the system in question is to create a program for the analysis and prediction process and notification process, design and create a web page display for the user profile, and test the feasibility of the programs that have been made. From the experimental results it is known that the system that has been made is able to analyze stock market price predictions and use the results of these predictions to send notifications in the form of SMS to users.
Kombinasi Metode Rule-Based dan N-Gram Stemming untuk Mengenali Stemmer Bahasa Bali Made Agus Putra Subali; Chastine Fatichah
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 6 No 2: April 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (135.168 KB) | DOI: 10.25126/jtiik.2019621105

Abstract

Proses untuk mengekstraksi kata dasar dari kata berafiks dikenal dengan istilah stemming yang bertujuan meningkatkan recall dengan mereduksi variasi kata berafiks ke dalam bentuk kata dasarnya. Penelitian terdahulu tentang stemming bahasa Bali pernah dilakukan menggunakan metode rule-based, tapi afiks yang diluluhkan hanya prefiks dan sufiks, sedangkan variasi afiks lain tidak diluluhkan, seperti infiks, konfiks, simulfiks, dan kombinasi afiks. Penelitian tentang stemming menggunakan pendekatan rule-based telah diterapkan di berbagai bahasa yang berbeda. Metode rule-based memiliki kelebihan jika diterapkan pada domain yang sederhana, maka rule-based mudah untuk diverifikasi dan divalidasi, tapi memiliki kelemahan saat diterapkan pada domain dengan level kompleksitas yang tinggi, apabila sistem tidak dapat mengenali rules, maka tidak ada hasil yang diperoleh. Untuk mengatasi kelemahan stemming menggunakan rule-based, kami menggunakan metode n-gram stemming, dimana kata berafiks dan kata dasar diubah ke bentuk n-gram, kemudian tingkat kemiripan antara n-gram kata berafiks dan n-gram kata dasar diukur menggunakan metode dice coefficient, apabila tingkat kemiripannya memenuhi nilai ambang batas yang ditentukan, maka kata dasar yang dibandingkan dengan kata berafiks ditampilkan. Pada penelitian ini, kami mengembangkan metode stemmer yang meluluhkan seluruh variasi afiks pada bahasa Bali dengan mengombinasikan pendekatan rule-based dan metode n-gram stemming. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan untuk kesepuluh query metode yang diusulkan memperoleh rerata akurasi stemming lebih baik 96,67% dari metode terdahulu 75%, sedangkan untuk kelima query metode n-gram stemming dapat mengenali beberapa kata berafiks diluar rules. Penelitian berikutnya, kami akan memperhatikan semantik setiap kata dan tahap validasi menggunakan aplikasi text mining.AbstractA process for extracting a stem word from the inflected word is known as stemming which aims to increase recall by reducing the variation of the inflected word into its stem word form. Previous research on stemming the Balinese language has been done using the rule-based method, but the affixes that are removed are only prefixes and suffixes, while other variations of affixes are not removed, such as infixes, confixes, simulfiks, and combinations of affixes. Research on stemming using the rule-based approach has been applied in a variety of different languages. The rule-based method has advantages when applied to a simple field, rule-based is easy to verify and validate, but has weaknesses when applied to domains with a high level of complexity, if the system cannot recognize rules, no results are obtained. To overcome the stemming weaknesses using rule-based, we use the n-gram stemming method, where the inflected word and stem word are converted to the n-gram form, then the level of similarity between the n-gram of the inflected word and the stem word is measured using the dice coefficient method, when the level of similarity meets the defined threshold value, then the stem word is displayed. In this study, we developed a stemmer method that removes all variations of affixes in the Balinese language by combining the rule-based approach and the n-gram stemming method. Based on the experiments for the ten queries the proposed method get 96,67% stemming accuracy than the previous method 75%, while for the five queries for the n-gram stemming method can recognize some inflected words outside the rules. The next study, we will pay attention to the semantics of each word and the validation stage using text mining application.
Social Media Listening pada Instagram untuk Kasus Kebakaran Hutan di Indonesia Menggunakan Graph Clustering Rina Trisminingsih; Riski Adi Kurniawan
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 6 No 2: April 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2688.601 KB) | DOI: 10.25126/jtiik.2019621270

Abstract

Social media listening merupakan salah satu metode untuk melakukan analisis media sosial berbasis graf untuk mengidentifikasi dan menilai suatu isu yang sedang banyak dibicarakan di media sosial. Penelitian ini melakukan social media listening terkait isu kebakaran hutan dari data Instagram untuk melihat lebih dalam topik pembicaraan warganet terkait isu kebakaran hutan serta mengidentifikasi isu-isu terkait lainnya yang muncul. Pada penelitian ini dilakukan graph clustering pada data Instagram dengan perangkat Gephi sehingga menghasilkan suatu graf dengan jumlah node sebanyak 36 dengan persentase 0.68% dari jumlah node awal sebanyak 5280 dan jumlah edge sebanyak 553 dengan persentase 0.92% dari jumlah edge awal sebanyak 64969. Proses labeling hasil graph clustering menghasilkan lima kelompok hashtag yaitu kategori isu lain yang muncul terkait kasus kebakaran hutan, kategori isu yang tidak berhubungan dengan kasus kebakaran hutan, kategori hashtag terkait lokasi kasus kebakaran hutan, kategori hashtag tentang slogan yang muncul pada kasus kebakaran hutan, dan kategori hashtag yang menggambarkan isu kebakaran hutan di Indonesia. Representasi graf dan hasil labelisasi kemudian divisualisasikan dalam aplikasi berbasis web untuk memudahkan identifikasi dan penilaian topik (hashtag) terkait isu kebakaran hutan di Indonesia.  AbstractSocial media listening is a method for conducting social network analysis by identifying and collecting information that can be used as the data source in certain cases. Using social media listening, we can summarize and get pattern from certain cases, for example in this study using  forest fire case in Indonesia. This research used hashtags from Instagram as the data source and conducted an analysis to understand the social interaction inside of forest fire case. The analysis aimed to obtain information summary using graph clustering on Gephi. Graph visualization was done using two-stage processess, which are modularity and filtering. This research resulted in 36 nodes with the percentage of 0.68% from 5280 initial nodes and 553 edges with the percentage of 0.92% from 64969 initial edges. The analysis process showed five clusters that represented the information summary from the graph clustering analysis result. The formed clusters were then analyzed and visualised on a web-based application to identifiy towards the node that represented another issues which appeared in the forest fire cases in Indonesia.
Analisis Kesenjangan dan Pemodelan Proses Bisnis Human Capital Management pada PTPN XI berdasarkan Best Practice SAP Eko Wahyu Tyas Darmaningrat; Hanim Maria Astuti; Andhika Iman Rizqy
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 6 No 2: April 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2532.818 KB) | DOI: 10.25126/jtiik.201962937

Abstract

Revolusi industri 4.0 dan persaingan bisnis yang semakin ketat menjadikan TI sebagai pendukung dalam pencapaian tujuan bisnis utama sebuah perusahaan. Salah satu bentuk dukungan TI dalam organisasi adalah penggunaan perangkat lunak Enterprise Resource Planning (ERP) dalam pengelolaan sumber daya perusahaan. Akan tetapi, dalam banyak kasus implementasi SAP tidak selalu membawa dampak sesuai dengan ekspektasi perusahaan. Hal ini disebabkan SAP menggunakan best practice yang belum tentu memiliki tingkat kesesuaian dengan proses bisnis perusahaan. Sehingga terdapat kesenjangan (gap) antara proses bisnis perusahaan yang digunakan sebagai acuan best practice oleh SAP dan perusahaan yang akan mengimplementasikan sistem ERP. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun dokumen pemodelan proses bisnis as-is dan to-be serta mengidentifikasi kesenjangan antara proses bisnis yang sedang berjalan saat ini dengan proses bisnis pada best practice SAP khususnya pada modul Human Capital Management, salah satu modul utama SAP yang memainkan peran penting dalam membangun manajemen sumber daya yang baik di perusahaan. Hasil analisis kesenjangan memperlihatkan perubahan apa saja yang terjadi pada komponen proses bisnis, baik dari sisi aktivitas, sumber daya yang terlibat, kebutuhan kebijakan, dan struktur organisasi. Perubahan yang terjadi karena penerapan SAP sebagai sistem informasi SDM tentunya membawa dampak. Dampak yang diperoleh dari penerapan teknologi biasa disebut dengan nilai (value). Nilai tersebut berupa manfaat yang mengacu kepada peningkatan efisiensi proses kerja yang diterapkan dalam organisasi.AbstractIndustrial revolution 4.0 and increasingly fierce business competition make IT as main supporter in achieving the main business objectives of an enterprise. One form of IT support within organizations is the use of Enterprise Resource Planning (ERP) software in enterprise resource management. However, the result of many SAP implementation cases do not always in line with the company expectations. This is because SAP used best practices that do not have the same level of compatibility with the company's business processes. Hence, there is a gap between the company's business processes used as the best practice reference by SAP and the company that will implement the ERP system. This study aims to establish as-is and to-be business process modeling documents and identify the gaps between current business processes of the organization and business processes in SAP best practices especially in the Human Capital Management module, one of SAP's main modules that plays an important role in building good resource management in the company. The gap analysis results show what changes occur in the business processes components in terms of activity, the resources involved, policy requirements, and organizational structure. These changes certainly would have some impacts. The impacts is usually called as value. This value is in the form of benefits that refer to an increase in the efficiency of work processes applied in the organization
Pengembangan Sistem Ekstraksi Metadata Artikel ilmiah secara Otomatis Faisal Rahutomo; Dyah Ayu Irawati; Muhammad Aisamuddin Eka Pramudita
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 6 No 2: April 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2241.739 KB) | DOI: 10.25126/jtiik.2019621227

Abstract

Pengarsipan artikel ilmiah di Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Malang menggunakan platform Open Journal Systems (OJS). Pengarsipan tersebut melalui tahapan penulisan metadata artikel ilmiah yang dilakukan satu-persatu. Metadata artikel ilmiah ini berupa judul, penulis, instansi, surel penulis, abstrak, kata kunci, dan daftar pustaka. Diperlukan waktu yang cukup lama untuk memasukkan metadata artikel ilmiah dalam OJS karena prosedur dalam OJS itu sendiri. Untuk itu penelitian ini mengusulkan sebuah sistem tambahan OJS yang bisa menyediakan metadata artikel ilmiah tersebut secara otomatis. Sistem dibangun menggunakan pendekatan rule-based text parsing. Dalam metode tersebut disusun beberapa aturan untuk mengambil teks yang diperlukan oleh isian metadata OJS yang mewakili sebuah artikel ilmiah. Artikel ilmiah diunggah ke dalam sistem tambahan tersebut untuk menghasilkan metadata-nya secara otomatis. Metadata tersebut selanjutnya disimpan dalam format XML. Pada sistem OJS terdapat perangkat native XML plugin yang bisa melakukan export – import metadata suatu artikel ilmiah untuk OJS. Dari hasil pengujian, sistem bisa memudahkan pengarsipan artikel ilmiah lebih cepat 13 kali dibanding pengisian metadata secara manual.AbstractDepartment of information technology, State Polytechnic of Malang archives its scientific article with Open Journal Systems (OJS) platform. Archiving in OJS needs to write the scientific article metadata manually through a form. Metadata of this scientific article includes title, author, agency, writer e-mail, abstract, keywords and bibliography. Inserting scientific articles metadata in OJS manually takes quite a long time because of the procedure in OJS itself. Highlighting this problem, this research proposes a text processing add-on system for OJS that able to extract the scientific article's metadata automatically. The system is built with rule-based text parsing method. In this method, the authors composed some rules to obtain the metadata of scientific article. Scientific articles were uploaded into the system to capture the metadata of the scientific article automatically. The metadata was then stored in XML. In OJS add-on there is native XML plugin tool that able to export - import the scientific article metadata for OJS. The experimental results show the system able to facilitate the archiving of scientific articles 13 times faster.
Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pramuka Pandega Berprestasi Menggunakan Metode Multi Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis Ramadiani - Ramadiani; Famylia Puspa Rani; Dyna Marisa Khairina; Heliza Rahmania Hatta
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 6 No 2: April 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2875.236 KB) | DOI: 10.25126/jtiik.2019621284

Abstract

AbstrakPemilihan Pramuka Pandega berprestasi, merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilakukan oleh Pengurus Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk memilih wakil Pandega yang akan dikirim ke Jakarta. Pemilihan Pramuka Pandega yang terbaik didasarkan pada kriteria usia, Indeks Prestasi Kumulatif, jumlah perkemahan wirakarya yang pernah diikuti, kepribadian dan penampilan, peluang kerja yang dimiliki dan pretasi lain serta karya tulis. Namun dengan cara penilaian yang masih manual, hal ini dianggap cukup sulit, kurang produktif, subjektif dan lambat bagi tim penilai. Sistem Pendukung Keputusan diperlukan untuk memudahkan pekerjaan tim penilai dalam memutuskan siapa yang layak dipilih sebagai Pandega berprestasi secara mudah, objektif, professional dan transparan. Pemilihan Pandega berprestasi menggunakan metode Multi Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis, studi literatur dan wawancara pada tim penilai, serta metode waterfall untuk tahapan pengembangan sistemnya. Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian, metode MOORA dipilih karena memiliki nilai cost dan benefit dalam menentukan keputusan. Penelitian ini telah menghasilkan rekomendasi untuk pemilihan Pandega berprestasi dengan hasil akurasi sebesar 100%.  AbstractSelection of Scouts Pandega achievers are an annual agenda organized by the Regional Board of the Scout Movement of East Kalimantan Province. This activity aims to elect Pandega representatives to be sent to Jakarta. The best selection of Pandega Scouts is based on the criteria of age, Grade Point Average, number of workshops that have been attended, personality and appearance, work opportunities that are owned and other achievements and writing. However, with calculations that have not been automated, this is considered quite difficult, not professional, not objective and slow for the assessment team. DSS is provided to help the assessment team complete their work professionally in deciding who is eligible to be chosen as Pandega to achieve easily, objectively, professionally and transparently. The selection of Pandega achieves using the MOORA method, literature study and interviews with the assessment team, and the waterfall method for the development stages of the system. Based on the results of several studies, the MOORA method is recommended because this method allows an assessment of the costs and benefits in the final decision. The final report of this study resulted in Pandega's achievement achievement based on 100% accuracy value
PerancanganSPesifikasi Keamanan Kontrol Akses pada Aplikasi Layanan Informasi di Lingkungan Instansi Pemerintah Esti Rahmawati Agustina; Faizal Achmad
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 6 No 2: April 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2759.832 KB) | DOI: 10.25126/jtiik.2019621304

Abstract

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik mengamanatkan kepada setiap instansi pemerintah untuk meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi di lingkungannya sehingga menghasilkan layanan informasi yang berkualitas. Setiap informasi publik bersifat terbuka dan dapat diakses oleh setiap pengguna informasi publik, kecuali informasi publik yang dikecualikan karena bersifat ketat, terbatas dan rahasia. Untuk membatasi agar suatu informasi hanya dapat diakses oleh pihak-pihak yang berwenang, maka perlu adanya suatu mekanisme kontrol akses yang melakukan proses otentikasi, otorisasi, audit dan pengamanan informasi dalam rangka mengamankan informasi melalui aplikasi layanan informasi.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Design Science Research Methodology (DSRM) yang terdiri dari tahap identifikasi masalah, solusi perancangan dan evaluasi untuk menghasilkan perancangan spesifikasi keamanan berdasarkan model kontrol akses yang menerapkan proses otentikasi, otorisasi, audit dan pengamanan informasi dengan kriptografi. Penyusunan spesifikasi keamanan sistem layanan informasi menggunakan Common Criteria for Information Technology Security Evaluation versi 3.1 (REV 5). Hasil perancangan diharapkan dapat menjadi acuan spesifikasi keamanan aplikasi layanan informasi di lingkungan instansi pemerintah, khususnya keamanan informasi yang terkait dengan kontrol akses.AbstractLaw Number 14 Year 2008 on Public Information Openness mandates to every government agency to improve management and information service in its environment so as to produce quality information service. Any public information is open and accessible to any user of public information, except for excluded public information because it is strict, limited and confidential. In order to limit information to access only by authorized parties, it is necessary to have an access control mechanism, which processes authentication, authorization, audit and information security in order to secure information through the application of information services.In this research we implement Design Science Research Methodology (DSRM) to design the security specifications based on the access control model. The model implements the process of authentication, authorization, audit and information security that implements cryptography techniques. The design of the security specification using Common Criteria for Information Technology Security Evaluation version 3.1 (REV 5). The design result is expected to become the reference of information security application specification in government institution, especially related to access control.
Pengembangan Alat Bantu Komunikasi Penderita Pascastroke Menggunakan Flex Sensor dan Accelerometer Agung Wahyu Setiawan; Lavita Nur'aviana Rizalputri; Ahmad Habbie Thias
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 6 No 2: April 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2482.13 KB) | DOI: 10.25126/jtiik.2019621264

Abstract

Pada tahun 2013, prevelansi penderita stroke di Indonesia sebesar 12,1 % serta merupakan penyebab kematian kedua dan penyebab disabilitas ketiga di dunia. Di Indonesia, angka kontribusi proporsional disability-adjusted life-years (DALYs) dari stroke sekitar 9,7 % dan merupakan penyebab disabilitas nomor satu. Penderita yang mengalami disabilitas akan kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari, terutama berkomunikasi. Oleh karena itu perlu dikembangkan alat bantu komunikasi yang dapat membantu penderita pascastroke berkomunikasi sehari-hari dengan memanfaatkan gerakan telapak tangan. Pada penelitian ini digunakan empat buah flex sensor yang diletakkan pada jari telunjuk, tengah, manis, dan kelingking serta satu sensor 3-axis gyroscope MPU6050. Alat bantu komunikasi untuk penderita pascastroke ini telah berfungsi untuk mendeteksi tujuh gerakan dasar, yaitu: “Ya”, “Tidak”, “Saya mau pergi kesana”, “Jam berapa sekarang?”, “Saya mau makan”, “Saya mau minum”, dan “Halo!”. Ketujuh kata atau kalimat tersebut juga ditampilkan di sebuah display. Pendeteksian ketujuh gerakan ini diperoleh dari tekukan empat jari yang dideteksi menggunakan flex sensor dan posisi tangan di arah 3 sumbu (x, y, dan z) menggunakan gyroscope yang diletakkan pada sebuah sarung tangan. Alat ini diharapkan dapat menjadi awal dalam pengembangan alat bantu komunikasi untuk penderita. AbstractIn 2013, prevalence of stroke in Indonesia is 12.1% and the second leading cause of deaths and the third most common cause of disability in the world. In Indonesia, disability-adjusted life-years (DALYs) proportional contribution of stroke is around 9.7% and the first leading cause of disability. Patients with disabilities will have difficulty for performing daily life activities, especially communicating with other people. Therefore, it is necessary to develop communication assistive device that can help post-stroke patients to communicate using their palm. Four flex sensors mounted on the index, middle, ring, and pinky fingers; and one 3-axis gyroscope MPU6050 sensor. This communication asisstive device has fully function to detect seven basic movement for daily life communication, that is: "Yes", "No", "I want to go there", "What time is it?", "I want to eat", "I want to drink" and "Hello!". The seven words / sentences also appear on the viewer screen. The detection of these seven motions is obtained from the four flex sensors and the position of the hand in the 3-axes (x, y, and z) direction from gyroscope that is placed on a glove. This research is a preliminary research in the area of assistive device technology for post-stroke patients.
Halaman Belakang & Daftar Indeks lina purbosari
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 6 No 2: April 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2901.464 KB) | DOI: 10.25126/jtiik.2019621793

Abstract

Halaman Belakang & Daftar Indeks
Penilaian Penerimaan Teknologi E-Learning Pemrograman berbasis Gamification dengan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Fajar Pradana; Fitra Abdurrachman Bachtiar; Bayu Priyambadha
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 6 No 2: April 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3114.955 KB) | DOI: 10.25126/jtiik.2019621288

Abstract

E-learning telah berkembang tidak hanya sekedar berbagi materi pembelajaran melalui internet, namun telah berevolusi menjadi tempat untuk kolaborasi, sosialisasi, project based learning, reflective practise, dan pembelajaran dengan simulasi. Untuk mewujudkan hal tersebut telah dikembangkan sebuah sistem e-learning gamification khusus bidang pemrograman. Penelitian ini menerapkan Technology Acceptance Model (TAM) untuk memeriksa faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap penerimaan sebuah teknologi baru yang diperkenalkan atau digunakan. Faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah Perceived Usefullness (PU), Perceived Ease of Use (PEU), Perceived Social Influence (PSI), Perceived Enjoyment (PE), Intention of Engagement (IoE), dan Elearning Gamification Attitude (EGA). Model TAM didasarkan beberapa hipotesis dan faktor yang berpengaruh. Hasil menunjukan bahwa TAM dapat digunakan untuk memeriksa penerimaan teknologi e-learning gamification bidang pemrograman. Perceived Social Influence (PSI) dan Perceived Enjoyment (PE) berkontribusi terhadap Intention of Engagement (IOE). Selain itu Perceived Usefullnes (PU), Perceived Social Influence (PSI), Perceived Enjoyment (PE), dan Intention of Engagement (IOE) berkontribusi terhadap Elearning Gamification Attitude (EGA).Abstract E-learning has evolved not only to share learning materials over the internet, but has evolved into a place for collaboration, socialization, project based learning, reflective practice, and simulated learning. To realize this has been developed a special e-learning gamification system in the field of programming. This study applies Technology Acceptance Model (TAM) to examine what factors influence the acceptance of a new technology introduced or used. The factors used in this study are Perceived Usefullness (PU), Perceived Ease of Use (PEU), Perceived Social Influence (PSI), Perceived Enjoyment (PE), Intention of Engagement (IoE), and Elearning Gamification Attitude (EGA) . The TAM model is based on several hypotheses and influencing factors. The results show that TAM can be used to check the acceptance of e-learning gamification technology in the field of programming. Perceived Social Influence (PSI) and Perceived Enjoyment (PE) contribute to the Intention of Engagement (IOE). In addition Perceived Usefullnes (PU), Perceived Social Influence (PSI), Perceived Enjoyment (PE), and Intention of Engagement (IOE) contribute to Elearning Gamification Attitude (EGA).

Page 1 of 2 | Total Record : 16


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 4: Agustus 2025 Vol 12 No 3: Juni 2025 Vol 12 No 2: April 2025 Vol 12 No 1: Februari 2025 Vol 11 No 6: Desember 2024 Vol 11 No 4: Agustus 2024 Vol 11 No 3: Juni 2024 Vol 11 No 2: April 2024 Vol 11 No 1: Februari 2024 Vol 10 No 7: Spesial Issue Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa Informasi (SENTRIN) 2023 Vol 10 No 6: Desember 2023 Vol 10 No 5: Oktober 2023 Vol 10 No 4: Agustus 2023 Vol 10 No 3: Juni 2023 Vol 10 No 2: April 2023 Vol 10 No 1: Februari 2023 Vol 9 No 7: Spesial Issue Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa Informasi (SENTRIN) 2022 Vol 9 No 6: Desember 2022 Vol 9 No 5: Oktober 2022 Vol 9 No 4: Agustus 2022 Vol 9 No 3: Juni 2022 Vol 9 No 2: April 2022 Vol 9 No 1: Februari 2022 Vol 8 No 6: Desember 2021 Vol 8 No 5: Oktober 2021 Vol 8 No 4: Agustus 2021 Vol 8 No 3: Juni 2021 Vol 8 No 2: April 2021 Vol 8 No 1: Februari 2021 Vol 7 No 6: Desember 2020 Vol 7 No 5: Oktober 2020 Vol 7 No 4: Agustus 2020 Vol 7 No 3: Juni 2020 Vol 7 No 2: April 2020 Vol 7 No 1: Februari 2020 Vol 6 No 6: Desember 2019 Vol 6 No 5: Oktober 2019 Vol 6 No 4: Agustus 2019 Vol 6 No 3: Juni 2019 Vol 6 No 2: April 2019 Vol 6 No 1: Februari 2019 Vol 5 No 6: Desember 2018 Vol 5 No 5: Oktober 2018 Vol 5 No 4: Agustus 2018 Vol 5 No 3: Juni 2018 Vol 5 No 2: April 2018 Vol 5 No 1: Februari 2018 Vol 4 No 4: Desember 2017 Vol 4 No 3: September 2017 Vol 4 No 2: Juni 2017 Vol 4 No 1: Maret 2017 Vol 3 No 4: Desember 2016 Vol 3 No 3: September 2016 Vol 3 No 2: Juni 2016 Vol 3 No 1: Maret 2016 Vol 2, No 2 (2015) Vol 2 No 2: Oktober 2015 Vol 2, No 1 (2015) Vol 2 No 1: April 2015 Vol 1, No 2 (2014) Vol 1 No 2: Oktober 2014 Vol 1, No 1 (2014) Vol 1 No 1: April 2014 More Issue