cover
Contact Name
Ir. Gigih Forda Nama, S.T., M.T.I., IPM.
Contact Email
gigih@eng.unila.ac.id
Phone
+6285289774152
Journal Mail Official
jitet@eng.unila.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan
Published by Universitas Lampung
ISSN : 23030577     EISSN : 28307062     DOI : DOI: 10.23960/jitet
Core Subject : Science,
Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET) merupakan jurnal nasional yang dikelola oleh Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT), Universitas Lampung (Unila), sejak tahun 2013. JITET memuat artikel hasil-hasil penelitian di bidang Informatika dan Teknik Elektro. JITET berkomitmen untuk menjadi jurnal nasional terbaik dengan mempublikasikan artikel berbahasa Indonesia yang berkualitas dan menjadi rujukan utama para peneliti.
Articles 87 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 1 (2024)" : 87 Documents clear
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ASET MENGGUNAKAN METODE STRAIGHT LINE (Studi Kasus: SMK Samudra Nusantara Cirebon) Purnama, Yogie; Sokibi, Petrus; Parman, Suhadi
Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan Vol. 12 No. 1 (2024)
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/jitet.v12i1.3599

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode penyusutan aset tetap yang diterapkan oleh SMK Samudra Nusantara Cirebon. Untuk mengetahui penyusutan aset tetap berpengaruh terhadap laba SMK Samudra Nusantara Cirebon. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Straight Line yaitu metode yang paling sering digunakan di akuntansi untuk menjaga penyusutan tetap konstan. Dengan kata lain, biaya penyusutan suatu aset akan tetap bernilai sama di setiap periode sampai akhir umur ekonomisnya. Dalam menghitung biaya penyusutan, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya, seperti harga perolehan, umur ekonomis aset atau aktiva dan nilai residu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode penyusutan aktiva tetap yang digunakan SMK Samudra Nusantara Cirebon adalah metode penyusutan garis lurus. Dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus jumlah beban penyusutan lebih kecil dibandingkan dengan menggunakan metode saldo menurun ganda dan angka tahun. Metode penyusutan aktiva tetap berpengaruh terhadap laba sekolah dimana penggunaan metode penyusutan akan berdampak pada semakin besar atau semakin kecilnya laba sekolah.
PENERAPAN UI/UX PADA SITUS TOKO KUE BUNDA AL MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING Edward, MA Algifari; Setiawan, Iwan Rizal; Asriyanik, Asriyanik
Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan Vol. 12 No. 1 (2024)
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/jitet.v12i1.3600

Abstract

Abstract. Information and communication technology has developed very rapidly in various fields such as marketing and buying and selling. Technology that is often used by all groups, namely the internet, one of the uses of the internet is to search for information. According to a survey by the Association of Indonesian Internet Service Providers (APJII), around 78.19% or 215.6 million of Indonesia's population already use the Internet and use it for product marketing and buying and selling transactions. In the culinary industry, the use of Internet technology has a significant influence. Reports from Google and Temasek in 2023 show rapid growth in the e-commerce sector in Indonesia. The value of e-commerce transactions is predicted to reach 1,346 trillion rupiahs. In internet media as a means of marketing a product, not all culinary shops can take advantage of this, because of that a solution was made for creating a website that pays attention to users with the design thinking method. Making this cake shop website includes marketing products and providing information related to Bunda AL Cake Shop, the results of this research have been carried out on several respondents who have online shopping experience and several customers of Bunda AL Cake Shop. As a result of the respondents' experience in using the Bunda AL Cake Shop website, 7 out of 8 respondents liked the website appearance design and it was very easy to understand the information provided on the website.
IMPLEMENTASI SISTEM KONTROL PENGGERAK MOTOR STEPPER PADA PROSES MOLDING MICROPLASTIC BERBASIS PID MENGGUNAKAN PLC DAN ARDUINO Putra, Alvian Anggiana; Rifai, Muhamad; Safitri, Hari Kurnia
Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan Vol. 12 No. 1 (2024)
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/jitet.v12i1.3601

Abstract

The current industry has entered an era where every production process incorporates automation and data exchange in its manufacturing. This era is known as Industry 4.0. Industry 4.0 has had a significant impact on various industrial sectors, particularly in the production of plastic goods using techniques such as injection molding. This process is capable of producing more precise products. In the injection molding process, a well-controlled system is needed to guide plastic pellets according to the intended mold design, utilizing actuators like stepper motors. This research aims to apply the PID (Proportional-Integral-Derivative) method to control stepper motors in microplastic molding processes. The proposed system has been successfully implemented and can produce products according to the planned specifications. The most suitable PID parameter values for controlling the stepper motor are Kp = 14, Ki = 0.007, and Kd = 7000. Changing the setpoint value from 2500 to 2700 has an impact on the molding results, with the best results achieved at a setpoint value of 2700. A setpoint value of 2700 ensures that the mold and nozzle are in the correct, tight position, allowing the molding process to proceed smoothly in line with the provided design.
GAME PEMBELAJARAN MENULIS ANGKA DENGAN CONSTRUCT 3 DI SDN PUSPAJAYA Nugraha, Faoz; Prasetio, Rizki Tri
Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan Vol. 12 No. 1 (2024)
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/jitet.v12i1.3602

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi, game telah menjadi sarana hiburan dan pendidikan, termasuk sebagai bahan pembelajaran bagi siswa. Belajar pada zaman sekarang seringkali dianggap membosankan dan proses pembelajaran dianggap sulit atau tidak menarik. Oleh karena itu, diperlukan pembaharuan dalam perkembangan teknologi untuk menciptakan media pembelajaran dengan game yang mudah diakses kapanpun dan dimanapun, sehingga dapat membantu siswa untuk belajar. Dalam perancangan game ini, digunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahapan. Selain itu, aplikasi Construct 3 dipilih sebagai alat pengembangan untuk membuat game menulis angka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi menulis angka di SDN Puspajaya mendapatkan respon positif dari 25 siswa dan 5 orang guru yang mengisi kuesioner. Hampir 90% dari responden menyatakan sangat setuju terhadap permainan edukasi menulis angka ini. Hasil dari pembangunan game edukasi menulis angka ini membantu siswa kelas 1 dalam belajar menulis angka dengan cara yang menarik dan tidak membosankan, serta dapat dimainkan di mana saja dan kapan saja, sehingga siswa dapat belajar secara fleksibel. Aplikasi ini juga membantu guru dalam memudahkan proses pembelajaran bagi siswa kelas 1 di SDN Puspajaya. Selain itu, aplikasi ini juga berfungsi untuk memanfaatkan smartphone oleh siswa kelas 1 secara lebih optimal dalam kegiatan sehari-hari.
RANCANG BANGUN APLIKASI INDESA MOBILE SURVEY UNTUK PEMUTAKHIRAN INDEKS DESA MEMBANGUN SECARA REAL-TIME Wicaksono, Alun Paranggi; Muhammad, Meizano Ardhi; Mardiana, Mardiana
Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan Vol. 12 No. 1 (2024)
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/jitet.v12i1.3613

Abstract

Desa adalah elemen pemerintahan terkecil di Indonesia, dengan lebih dari 83.813 desa yang menjadi komponen vital dalam pelaksanaan pemerintahan. Salah satu inisiatif Kemendes adalah program Indeks Desa Membangun (IDM) untuk mengukur kemajuan desa. Saat ini, pemutakhiran IDM hanya dilakukan sekali setahun, menyebabkan ketidakakuratan data dan kurangnya pemantauan progres pembangunan. Penelitian ini memperkenalkan aplikasi Indesa Mobile Survey sebagai solusi efisien dan efektif untuk mengukur IDM. Metode pengembangan Kanban digunakan dalam pengembangan aplikasi ini, dengan pengujian unit dan blackbox menghasilkan keluaran yang sesuai. Hasil Usability Testing dengan 15 responden menunjukkan efektivitas 100%, efisiensi sangat cepat, dan kepuasan yang dapat diterima. Aplikasi ini memiliki potensi untuk meningkatkan pemantauan dan evaluasi pembangunan desa secara periodik.
ANALISA KUALITAS LAYANAN WEBSITE PERPUSTAKAAN NASIONAL DENGAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) Nugraha, Iram Iman; Supendar, Hendra; Fahlafi, Riza
Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan Vol. 12 No. 1 (2024)
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/jitet.v12i1.3615

Abstract

Dalam era pertumbuhan ilmu teknologi dan informasi, website telah menjadi bagian penting bagi organisasi atau perusahaan dalam menyediakan layanan berkualitas kepada penggunanya. Penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah juga penting dalam konsep e-government untuk membangun hubungan yang baik antara pemerintah dan masyarakat. Untuk memastikan efektivitas dan efisiensi sebuah website, pengukuran kualitas yang melibatkan pengguna akhir perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas layanan website Perpustakaan Nasional dari perspektif pengguna dengan menggunakan metode webqual 4.0 dengan tiga variable utama yaitu kualitas kegunaan, kualitas informasi dan kualitas layanan interaksi.  Metode pengukuran Importance Performance Analysis (IPA) juga digunakan untuk melihat harapan dan performa layanan pengguna berdasarkan persepektif pengguna akhir. Hasil penelitian menggunakan angket terhadap 100 sampel menunjukkan bahwa instrumen penelitian yang diajukan dinyatakan valid dan reliable dan tingkat kepuasan pengguna terhadap kualitas layanan website perpustakaan nasional sebesar 94,52%, dengan rata-rata penilaian terhadap performa dari website sebesar 4,57 dan dikategorikan sebagai "sangat puas". Penelitian ini memberikan wawasan tentang kualitas layanan website Perpustakaan Nasional dari perspektif pengguna dan diharapkan membantu meningkatkan kepuasan pengguna serta memberikan masukan untuk perbaikan di masa depan
EVALUASI KEANDALAN JARINGAN DISTRIBUSI 20 KV PENYULANG STROBERI 2 PT. PLN (PERSERO) ULP KOTA METRO DENGAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) Gusmedi, Herri; Hakim, Lukmanul; Ramadan, Rizki
Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan Vol. 12 No. 1 (2024)
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/jitet.v12i1.3617

Abstract

Kontinuitas dan ketersediaan tenaga listrik pada konsumen perlu dijaga dan ditingkatkan.  Keandalan suatu jaringan distribusi dari suatu penyulang dapat digambarkan melalui besaran dari indeks-indeks keandalan yang akan dibandingkan dengan indeks acuan pada Standar PLN untuk mengetahui tingkat keandalan dari jaringan distribusi tersebut. Indeks-indeks keandalan digunakan pada sistem distribusi yaitu SAIDI, SAIFI, CAIDI. Metode yang digunakan dalam menghitung indeks keandalan di tugas akhir ini adalah menggunakan metode FMEA (Failure Mode and Effect Analysis), dimana metode ini memperhitungkan indeks kegagalan pada tiap-tiap peralatan yang membentuk sistem distribusi tenaga listrik sehingga dapat mempresentasikan indeks keandalan sistem dalam keseluruhan. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari analisis pada penyulang Stroberi didapatkan nilai indeks keandalan SAIFI sebesar 2,958 gangguan/pelanggan tahun dan SAIDI sebesar 9,138 Jam/pelanggan tahun. 
KOMPARASI 2 METODE CLUSTER DALAM PENGELOMPOKAN INTENSITAS BENCANA ALAM DI INDONESIA Khoirunnisa, Fitri; Rahmawati, Yulianto
Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan Vol. 12 No. 1 (2024)
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/jitet.v12i1.3619

Abstract

Data mining merupakan sebuah proses pengolahan informasiyang digunakan untuk keperluan tertentu dari suatu database. Salah satumetode dalam data mining adalah Clustering, yang berfungsi untukmencari pola, titik, objek, atau dokumen yang dapat dikelompokkan. Algoritma K-Means clustering memiliki peran penting dalam bidang data mining karena mudah diimplementasikan dan dijalankan. Namun, terdapatvariasi pengembangan dari metode K-Means Clustering, yaitu K-Medoids, yang diciptakan untuk mengatasi kelemahan Algoritma K-Means yang cenderung sensitif terhadap outlier. Dalam penelitian ini, kedua algoritma clustering dibandingkan dengan menggunakan dataset yang berisi informasi tentang bencana alam di Indonesia dari tahun 2013-2022, yang terdiri dari atribut banjir, gempa bumi, kekeringan, putingbeliung, tanah longsor, dan tsunami. Hasil pengujian menunjukkan bahwanilai DBI pada K-Means lebih rendah dibandingkan K-Medoids, yaitumasing-masing 0.425 dan 0.939. Berdasarkan data tersebut, terdapat tigacluster yang terbentuk, yang dapat diinterpretasikan berdasarkan intensitasbencana alam, dengan masing-masing cluster memiliki karakteristik yang berbeda.
SISTEM INFORMASI PENJUALAN PAKAIAN PADA DUSTY ROOM BERBASIS WEBSITE Indrajati, Bagus Surya; Fajri, Hersanto; Fatimah, Fety
Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan Vol. 12 No. 1 (2024)
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/jitet.v12i1.3625

Abstract

Kemajuan teknologi, terutama internet telah mempengaruhi UMKM seperti Dusty Room yang saat ini memiliki proses bisnis manual. Untuk tetap bersaing, Dusty Room perlu mengadopsi penjualan online. Oleh karena itu, perlu dikembangkan sistem informasi penjualan berbasis web untuk mengatasi masalah ini. Dengan sistem ini, Dusty Room dapat mengelola data penjualan dengan lebih baik, memfasilitasi pemesanan online, dan memperluas jangkauan pemasaran. Solusi ini akan membantu mengatasi kendala dalam proses penjualan manual yang menghambat pertumbuhan Dusty Room. Pengembangan sistem ini menggunakan metode waterfall yang terstruktur dari analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi sistem, dan pengujian sistem. Sistem ini membantu Dusty Room dalam mengelola penjualan, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi risiko kesalahan. Selain itu, sistem ini memudahkan pelanggan dalam berbelanja online dan memungkinkan Dusty Room untuk mencapai pelanggan potensial di berbagai lokasi, mendukung pertumbuhan bisnis dan peningkatan penjualan.
ANALISIS SENTIMEN ULASAN PENGGUNA APLIKASI JASA OJEK ONLINE MAXIM PADA GOOGLE PLAY DENGAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER Hasanah, Anisa Nur; Sari, Betha Nurina
Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan Vol. 12 No. 1 (2024)
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23960/jitet.v12i1.3628

Abstract

In this age of digitalization, public transportation has developed, such as the creation of Online Transportation or commonly called Online Ojek.  Online transportation is clear evidence of the development of application-based technology. Now with the Online ojek service can provide convenience in ordering ojek. Currently, more and more online ojek service companies are emerging, one of which is Maxim. Maxim has been enjoyed by approximately 47 cities in Indonesia. Maxim is also famous for its relatively affordable price. With the many enthusiasts of the Maxim application, the author is interested in conducting Sentiment Analysis on this application. Sentiment Analysis is done by analyzing user reviews of the Maxim application on the Google Play Store with the Naïve Bayes Classifier method. The author conducts this research, namely to find out the opinions or opinions of users which can later be used as input for application developers so that later the Maxim application can continue to be improved in terms of quality. The results showed that the Maxim application received many positive comments, but there were also some negative comments that could be used as evaluation material for the application developer.