cover
Contact Name
Zulfiah Larisu
Contact Email
s2.admpublik@uho.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
s2.admpublik@uho.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Publica : Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 25025589     DOI : -
Jurnal Publica memuat berbagai karya tulis ilmiah dari hasil penelitian dan kajian literatur para mahasiswa, dosen, peneliti dan pemerhati pada masalah-masalah yang berkaitan dengan Kebijakan Publik, Organisasi dan Manajemen, Administrasi Kepegawaian, Administrasi Keuangan, Komunikasi dan Pembangunan Sosial.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Publica Vol 12 No 1" : 10 Documents clear
STRATEGI PENINGKATAN PAJAK REKLAME, PAJAK RESTORAN, DAN PAJAK HOTEL DI KABUPATEN KOLAKA (STUDI KASUS BADAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN KOLAKA) Amir Amir; Muhammad Amir; Muhammad Basri
Publica : Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Publica Vol 12 No 1
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/publica.v12i1.14454

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi peningkatan pajak reklame, pajak restoran dan pajak hotel di Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Kolaka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualititf dengan informan berjumlah sebanyak 6 orang yang ditentukan secara purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam dan dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif model interaktif yang mencakup pengumpulan data yang terintegrasi dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi peningkatan pajak reklame, pajak restoran, dan pajak hotel di Bapenda Kabupaten Kolaka yakni strategi berbasis demokrasi dan akuntabilitas yang mencakup penemuan, penilaian, pembebanan, sensitisasi, pengumpulan, dan kepatuhan, namun strategi-strategi tersebut seluruhnya belum terimplementasi secara optimal dan komprehensif. Kata Kunci: Strategi, Peningkatan, Pajak Daerah
INOVASI PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (Studi Kasus Di Kabupaten Konawe) Eka Sriwahyuni; Wempy Banga; La Ode Mustafa
Publica : Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Publica Vol 12 No 1
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/publica.v12i1.18968

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis inovasi pengelolaan keuangan daerah yang di Kabupaten Konawe. Penelitian ini menggunaan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan informan yang berjumlah 9 orang yang ditentukan secara purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pengelolaan keuangan daerah di Kabupaten Konawe yang sebuah Website yang bertujuan untuk menampilkan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD)  dan jenis kegiatan serta bentuk pengeluaran anggaran  yang dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Konawe kepada seluruh lapisan masyarakat. Kemudian Untuk peningkatan Reliasasi kemudian melakukan Koordinasi dengan pemangku kepentingan dalam hal penentuan kenaikan Pajak dan Retribusi Daerah setiap tahun.Kata Kunci: Inovasi, Pengelolaan Keuangan Daerah, Pajak Retribusi
ANALISIS PERAN STAKEHOLDER DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN BUTON UTARA Amalan Amalan; Arifin Utha; Muhammad Yusuf
Publica : Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Publica Vol 12 No 1
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/publica.v12i1.13926

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis peran stakeholder dalam perencanaan pembangunan daerah di Kabupaten Buton Utara. Penelitian kualitatif ini menggunakan studi kasus deskriptif. Informan penelitian berjumlah sembilan orang yang ditentukan secara purposif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peran stakeholder dalam perencanaan pembangunan daerah selaku pembuat kebijakan, fasilitator, koordinator, pelaksana dan mempercepat proses perencanaan belum berjalan secara optimal di Kabupaten Buton Utara. Sebagai pembuat kebijakan yakni ikut membahas program pembangunan yang ditetapkan dalam bentuk RPJMD, RKPD dan Renstra masih terdapat ketidaksinkronan. Musrenbang hanyalah sebatas partisipasi ide, gagasan, usulan dan penyampaian masukan saja. Koordinasi dan fasilitasi yang diperankan oleh Bappeda Kabupaten Buton Utara belum berjalan dengan baik, demikian pula SKPD dalam mengimplementasikan pelaksanaan kebijakan juga masih terjadi ketidakselarasan. Belum nampak peran stakeholders yang memberikan kontribusi dalam mempercepat capaian target sasaran pembangunan. Kondisi ini dapat mengakibatkan target yang direncanakan belum tercapai secara keseluruhan. Kata kunci: perencanaan pembangunan, program pembangunan, stakeholders
KINERJA PEMERINTAH DESA DALAM MENERAPKAN APLIKASI SISTEM KEUANGAN DESA (SISKEUDES) DI KECAMATAN KULISUSU KABUPATEN BUTON UTARA Garnadi Garnadi; Jamal Jamal; Jopang Jopang
Publica : Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Publica Vol 12 No 1
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/publica.v12i1.14046

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kinerja pemerintah desa dalam menerapkan aplikasi sistem keuangan desa (Siskeudes) di kecamatan kulisusu Kabupaten Buton Utara. Penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling, dengan model analisis data interaktif. Metode yang digunakan adalah Pendekatan kualitatif dengan teknik Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja pemerintah desa dalam mengoptimalkan penerapan aplikasi sistem keuangan desa (Siskeudes) dalam menilai kinerja organisasi dapat berfungsi secara optimal, tergambar melalui tampilan output berupa data dan informasi yang cepat dan akurat sesuai harapan, kemampuan beradaptasi dan penyesuaian informasi setiap ada perubahan data input serta keberlanjutan dalam penyajian data informasi keuangan desa. dapat dilihat dalam dimensi sistem kerja organisasi yaitu Sumber daya Manusisa yang Kompeten dalam mendukung penerapan Aplikasi Sistem Keuangan yang dilihat melalui input memadai, proses yang baik, sehingga menghasilkan output maksimal.Kata kunci: Aplikasi sistem informasi keuangan, Kinerja organisasi, Pemerintah desa
PENATAAN KELEMBAGAAN DALAM MENUNJANG KINERJA ORGANISASI PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN KONAWE UTARA Antasari Antasari; Gunawan Gunawan; Arifin Utha
Publica : Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Publica Vol 12 No 1
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/publica.v12i1.14784

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penataan kelembagaan pada Sekretariat Daerah Kabupaten Konawe Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan informan yang berjumlah 10 orang yang dipilih secara purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan studi dokumentasi, data yang diperoleh ini kemudian dianalisis secara kualitatif melalui analisis kualiatatif model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penataan kelembagaan pada Sekretariat Daerah Kabupaten Konawe Utara belum efektif dan efisien secara menyeluruh, pada indikator penataan strukur organisasi masih terjadi overlapping di sub unit jabatan, pada indikator penataan teknologi dan penerapan E-Government di organisasi masih sangat terbatas,  pada indikator setting fisik  telah menerapkan model tata ruang kantor yang terpisah-pisah atau ruang kantor tertutup (closed open office) dan penataannya telah memperhatikan asas-asas penataan ruang kantor dengan cukup baik, kemudian pada indikator penataan sumber daya manusia untuk pengaturan dan penempatannya telah dilaksanakan memperhatikan prinsip merit system dalam memanajemen Pegawai Negeri Sipil. Kata Kunci: Penataan, Kelembagaan,  Kinerja Organisasi
REFORMASI BIROKRASI MELALUI PENATAAN KELEMBAGAAN PADA SEKRETARIAT DAERAH KOTA KENDARI Al Asrin Rahman; Muhammad Amir; Adrian Tawai
Publica : Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Publica Vol 12 No 1
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/publica.v12i1.14498

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis reformasi birokrasi melalui penataan kelembagaan pada sekretariat daerah kota kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis data yang dikemukakan oleh miles dan huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumen. Informan penelitian berjumlah lima orang dan ditentukan dengan teknik puposif terdiri pimpinan dan staf di organisasi tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelaksanaan reformasi birokrasi pada sekretariat daerah kota kendari sudah berjalan baik melalui penerapan Grand desain reformasi birokrasi namun pada salah satu area perubahan yaitu pada Pola Pikir (Mind Set) Dan Budaya Kerja (Culture Set) Aparatur masih belum memiliki perubahan dimana masih terdapat pegawai yang terlambat datang dan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan belum tepat waktu dalam menyelesaikan tugas tersebut dan penataan kelembagaan pada sekretariat daerah sudah berjalan dengan baik yang meliputi struktur kelembagaan, sistem yang digunakan, dan perilaku SDM atau kultur birokrasi, sudah berjalan dengan baik sesuai dengan Permendagri 56 Tahun 2019 Tentang Pedoman Nomenklatur dan Unit Kerja Sekretariat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota.Kata kunci: Reformasi Birokrasi, Area Perubahan, Penataan Kelembagaan
PENEMPATAN SDM POLRI MENUJU PERSONIL YANG PROFESIONAL PADA KEPOLISIAN DAERAH PROVINSI SULAWESI TENGGARA Amrullah Amrullah; Eka Suaib; Muhammad Yusuf
Publica : Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Publica Vol 12 No 1
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/publica.v12i1.13298

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis penempatan sumber daya manusia Polri, menganalisis profesionalisme personil Polri dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi penempatan sumber daya manusia Polri pada Kepolisian Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara,  Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif  kualitatif  menggunakan teknik analisis model interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verivikasi, Hasil penelitian menunjukan penempatan sumber daya manusia Polri secara umum masih belum maksimal dan belum konsisten menerapkan prinsip meryt system dalam penyelenggaraan promosi, mutasi dan demosi personel, secara prosedural penempatan personel telah dilaksanakan dengan memperhatikan segala ketentuan pedoman/petunjuk yang tertuang PerkaPolri, namun masih ada tendensi terjadinya tindakan afirmatif yang berkembang dalam pelaksanaanya. Profesionalisme personil Polri dapat dikatakan cukup baik, anggota personel telah mempunyai keterampilan  tinggi dalam suatu bidang ,mempunyai ilmu &  pengetahuan  sesuai dengan  pendidikan  & pelatihan kejuruan mencakup keahlian teknik, taktik, strategi, maupun manajemen yang didukung dengan pertanggung jawaban administrasi sesuai dengan jenis bentuk dan tatarannya, mempunyai sikap yang berorientasi ke depan dengan  melakukan pemantapan terhadap fungsi mitigasi dan penegakan hukum menyikapi empat jenis kejahatan (konvensional, transnasional,kekayaan negara, dan kejahatan berimplikasi kontijensi) , telah mempunyai sikap mandiri dengan cukup baik dalam  melakasanakan tugas & fungsi kepolisian baik fungsi utama, fungsi operasional, fungsi organik, dan fungsi pendukung Polri lainya. Kata Kunci: Penempatan SDM, Profesional Polri, Polda Sultra
PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SUMBERDAYA APARATUR DI SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN KOLAKA Endang Suryandi; Eka Suaib; Arifin Utha
Publica : Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Publica Vol 12 No 1
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/publica.v12i1.14308

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pelaksanaan Pengembangan Kemampuan Sumberdaya Aparatur Pegawai Negeri Sipil di Sekretariat Daerah Kabupaten Kolaka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan informan sebanyak 9 orang yang ditentukan secara purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan studi dokumentasi, data yang diperoleh ini kemudian analisis secara kualitatif melalui analisis data interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan pengembangan Sumberdaya  Aparatur di Sekretariat Daerah Kabupaten Kolaka, baik melalui pendidikan formal maupun non formal, perlu mendapat perhatian yang serius dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka, khususnya dukungan dari pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Kolaka untuk melakukan diplomasi terutama terkait dengan kuota peserta tugas belajar, dan diklat serta peningkatan anggaran untuk kegiatan pengembangan kemampuan sumberdaya aparatur  di Sekretariat Daerah Kabupaten Kolaka.Kata Kunci: Pengembangan Kemampuan, Sumberdaya Aparatur Sipil Negara, Pendidikan Latihan
ANALISIS KINERJA FASILITATOR PROGRAM BANTUAN STIMULAN PERUMAHAN SWADAYA MASYARAKAT DI KECAMATAN TINANGGEA Asbul Bachri; H. Abdul Kadir; Rahman Rahman
Publica : Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Publica Vol 12 No 1
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/publica.v12i1.14484

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja fasilitator program Bantuan Stimulant Perumahan Swadaya Masyarakat di Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan , Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan  teknik analisis data  terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data , dan penarikan kesimpulan/verivikasi,  informan didalam penelitian ini berjumlah 13 orang yang ditentukan secara purposive sampling, Hasil penelitian menunjukan bahwa Fasilitator program bantuan stimulant perumahan Swadaya di Kecamatan Tinanggea, didalam melaksanakan tugas dan fungsinya untuk melaksanakan sosialisasi, menyeleksi calon penerima BSPS, melaksanakan pendampingan dan menyusun laporan kegiatan, setelah ditinjau berdasarkan instrument penelitian menunjukan bahwa kinerja tenaga fasilitator lapangan yang bertugas di Kecamatan Tinanggea belum efektif secara menyeluruh, dari aspek kualitas kerja (Quality of work) masih belum efektif, dari aspek ketepatan waktu (Pomptness) telah cukup efektif , dari aspek inisiatif (Initiative) masih belum efektif, aspek kemampuan (capability) masih belum efektif, dan aspek komunikasi (Communication) masih belum efektifKata Kunci : Kinerja , Fasilitator
PENERAPAN DIGITALISASI DALAM PENGADAAN BARANG DAN JASA PADA SEKRETARIAT DAERAH KOTA KENDARI Asprianto Asprianto; Syamsul Alam; Zulfiah Larisu
Publica : Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Publica Vol 12 No 1
Publisher : Pascasarjana Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/publica.v12i1.15020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan sistem digitalisasi dalam pengadaan barang dan jasa pada Sekretariat Daerah Kota Kendari. Penelitian ini dilaksanakan di Unit Layanan Pengadaan Sekretariat Daerah Kota Kendari dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik penentuan informan secara purposive sampling sebanyak 10 orang dan teknik pengumpulan data melalui   wawancara,   pengamatan,   serta   studi   dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah dengan cara melakukan interpretasi terhadap data, fakta dan informasi yang telah dikumpulkan melalui pemahaman intelaktul dan pengalaman empiris. Hasil penelitian menunjukkan faktor yang mempengaruhi penerapan digitalisasi dalam pengadaaan barang dan jasa di Kota Kendari meliputi aturan, sumberdaya manusia, dan perangkat keras dan infrastruktur jaringan. Faktor sumberdaya dan perangkat keras dan infrastruktur jaringan menjadi penghambat, sedangkan aturan menjadi faktor pendukung.Kata Kunci :  Penerapan Digitalisasi, Pengadaan Barang dan Jasa, Unit Layanan Pengadaan

Page 1 of 1 | Total Record : 10