cover
Contact Name
salim
Contact Email
jpm@uho.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
salim@uho.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 20868235     EISSN : 25973592     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu periode Januari dan Juli.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2: Juli 2012" : 8 Documents clear
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Melalui Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kadir Tiya; Kadir &; Hasminah .
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 2: Juli 2012
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.297 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v3i2.1993

Abstract

penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mempelajari lebih tinggi atau tidak hasil belajar melalui kemampuan komunikasi matematik siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah dibandingkan hasil belajar siswa melalui kemampuan komunikasi matematik yang mendapat pembelajaran konvesional. Pengujian hipotesis dengan menggunakan statistic Uji-F dan Uji-t menunjukan bahwa (i) adanya perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dibandingakan pembelajaran konvensional, (ii) demikian juga kelompok siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional.Kata kunci : pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran  konvensional, dan kemampuan komunikasi matematik
Kesenjangan Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Model Pembelajaran Kooperatif dan Status Pekerjaan Orang Tua Faad Maonde
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 2: Juli 2012
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.994 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v3i2.1989

Abstract

Penelitian eksperimen ini menggunakan desain  3x2 faktorial dengan tujuan: (i) mempelajari perbedaan hasil belajar mtematika ditinjau dari status pekerjaan orang tua siswa dengan syarat model pembelajaran kooperatif TPS,TSTS dan konvensional, (ii) perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari  model pembelajaran kooperatif Ai dengan syarat Bj (PNS, bukan PNS), (iii) perbedaan dalam perbedaan (kesenjangan) tipe-1 dan tipe-2.   Hasil analisis varian pihak kanan menunjukkan bahwa: (a) perbedaan rerata hasil belajar matematika ditinjau dari Bj dengan syarat Ai dan perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari Ai dengan syarat Bj sebahagian besar hipotesis menolak H0  dan (b) kesenjangan tipe-1 dan tipe-2 menolak H0.Kata kunci: Pembelajaran TPS, TSTS dan Status Pekerjaan Orang Tua Siswa
Perbedaan Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Model Pembelajaran Kooperatif STAD dan Kemampuan Bahasa Indonesia Latief Sahidin; & Asriani
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 2: Juli 2012
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (690.838 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v3i2.1994

Abstract

Penelitian eksperimen ini menggunakan desain 2x3 faktorial bertujuan mempelajari: (i) perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari kemampuan bahasa Indonesia dengan syarat Ai, (ii) perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari model pembelajaran kooperatif STAD dan konvensional dengan syarat Bj, (iii) perbedaan dalam perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari kemampuan bahasa Indonesia dengan syarat Ai, (iv) perbedaan dalam perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari model pembelajaran kooperatif STAD dengan syarat Bj.  Hasil analisis dengan memakai statistik Uji-F dan Uji-t perbedaan hasil belajar matematika menurut faktor Bj|Ai menolak Ho, sementara perbedaan dan perbedeaan dalam perbedaan hasil belajar matematika menurut faktor Ai|Bj menerima Ho. Kata kunci:  Perbedaan hasil belajar matematika, pembelajaran kooperatif STAD,  kemampuan bahasa Indonesia. 
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan NHT Terhadap Hasil Belajar Matematika Kadir .; Suhar &; Siti Jibaigun
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 2: Juli 2012
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.62 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v3i2.1990

Abstract

Penelitian ini menggunakan desain 3x1 faktorial yang bertujuan untuk mempelajari (1) karakter siswa ditinjau dari aspek perilaku berkarakter dan keterampilan sosial dalam pembelajaran matematika dan, (2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement  Divisions), model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dan model pembelajaran konvesional terhadap hasil belajar matematika secara bersama-sama maupun secara parsial. Hasil analisis dengan menggunakan anava satu jalan berdasarkan statistik uji-F pada  =0,05 diperoleh hasil bahwa hipotesis yang diajukan untuk rumusan masalah secara umum menerima H0.  Diterimanya H0 dapat diambil kesimpulan bahwa semua perlakuan tidak memberikan perbedaan pengaruh yang signifikan.  Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe STAD dan NHT, hasil belajar matematika
Metode Pembelajaran Tugas Dalam Pembelajaran Geometri Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari Lambertus .; Awaludin &; Hijayah .
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 2: Juli 2012
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.162 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v3i2.1995

Abstract

Penelitian eksperimen ini , bertujuan untuk mengkaji efektivitas metode pemberian tugas dalam pembelajaran geometri pada siswa kelas VIII. Dipahami bahwa salah satu keberhasilan suatu pembelajaran juga ditentukan oleh ketepatan guru dalam memilih metode pembelajaran yang sesuai karakter materi pelajaran, tujuan pelajaran, karakter siswa, waktu, jumlah siswa, media, dan alat evaluasi. Temuan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Hasil belajar geometri pada siswa yang diajar menggunakan metode pemberian tugas pada materi prisma dan limas memilki nilai rata-rata lebih baik bila disbanding siswa yang diajar menggunakan metode konvensional; (2) Penerapan metode pemberian tugas dalam pembelajaran geometri lebih efektif dibanding metode konvensional. Kata kunci: Efektivitas, metode pemberian tugas, pembelajaran geometri
Perbedaan Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Model Pembelajaran Kooperatif dan Kemampuan Bahasa Indonesia Hj Arvyaty; & Munawar
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 2: Juli 2012
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (568.579 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v3i2.1991

Abstract

Penelitian ini menggunakan desain 2 x 3 faktorial bertujuan untuk mempelajari perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari faktor , dan perbedaan faktor , dan perbedaan dalam perbedaan ditinjau dari model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan pembelajaran konvensional  dan kemampuan bahasa Indonesia dengan hipotesis statistik: {[C(1)-C(3)=C(4)-C(6)], dan [C(1)-C(3)=C(4)-C(6)]}. Berdasarkan analisis statistik uji-t dengan nilai-p     <α.05, dua hipotesis pembelajaran menolak H0, yaitu C(1)=C(3) dan C(4)=C(6), sedangkan lima hipotesis lainnya menerima H0, yaitu C(2)=C(3), C(5)=C(6), C(1)=C(4), C(2)=C(5), dan C(3)=C(6). Analisis perbedaan dalam perbedaan berdasarkan statistik uji-t dengan nilai-p  keduanya menerima H0.           Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Perbedaan, TSTS, Bahasa Indonesia
Perbedaan Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS dan Tipe STAD Moh. Salam &; Asnawati Junta
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 2: Juli 2012
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (676.934 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v3i2.1996

Abstract

Penelitian eksperimen ini menggunakan anava satu jalan bertujuan untuk mempelajari: (i) perbedaan hasil belajar matematika untuk siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) sebagai kelas perlakuan dan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) sebagai kelas kontrol.   .Hasil analisis menunjukkan bahwa: secara empiris rerata hasil belajar matematika baik dalam grup maupun tanpa memandang grup relatif mempunyai perbedaan.  Analisis dengan memakai anava satu jalan pada  tidak mempunyai perbedaan yang signifikan. Pemakaian RPP berkarakter siswa telah menunjukkan karakter dapat dipercaya, menghargai orang lain, bertanggung jawab secara individu, bertanggung jawab secara sosial, adil dan peduli.Kata kunci:  Pembelajaran TSTS, STAD, Hasil Belajar Matematika dan RPP Berkarakter.
Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Hasnawati .; & Hasmiati
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 2: Juli 2012
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.541 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v3i2.1992

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Relasi dan Fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Data dikumpulkan melalui tes dan dianalisis secara inferensial melalui statistik uji-F dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw lebih efektif daripada pembelajaran konvensional.Kata kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Pembelajaran                  Konvensional.

Page 1 of 1 | Total Record : 8