cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran)
ISSN : 24423874     EISSN : 27757609     DOI : https://doi.org/10.36728/jip
Core Subject : Education,
Jurnal penelitian, pendidikan dan pengajaran yang diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FKIP UTP Surakarta.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2017): JURNAL ILMIAH PENJAS" : 6 Documents clear
SEPAK BOLA EGRANG ARIF ROHMAN HAKIM; SLAMET SANTOSO
JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran) Vol. 3 No. 2 (2017): JURNAL ILMIAH PENJAS
Publisher : UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.494 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalis produk permainan sepakbola egrang yang dapat memberikan solusidalamupayamelestarikan permainan tradisional egrang dan meningkatkan minat masyarakat dalam memainkan permainan sepakbola egrang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengem banganResearch and Developmen (R&D) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian tentang analisis kualitas produk permainan sepak bola egrang berdasarkan tim validasi ahli yang berjumlah 5 (lima) responden terdiri dari 2 pakar dosen permainan tradisional dan 3 anggota FORMI didapat rata-rata klasikal sebesar 77,67%,masuk dalam kategori penilaian “Baik”. Analisis mengenai aspek kualitas, model dan sarana dan prasarana berdasarkan 15 item pertanyaan menunjukan bahwa yang termasuk dalam kategori kurang baik 0 yaitu 0%, kategori cukup baik 14 yaitu 18,67%, kategori baik 38 yaitu 50,67% dan kategori sangat baik sebanyak 23 yaitu 30,67%. Hasil penelitian tentang minat dan ketertarikan masyarakat terhadap produk pengembangan sepak bola egrang dari 100 orang yang berumur 14-17 tahun, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) dari 100 orang yang memiliki tingkat kurang  berminat/tertarik mengikuti pelatihan sepak bola egrang sebanyak 38 orang yaitu 38%, (2) masyarakat yang  berminat/tertarik mengikuti pelatihan sepak bola egrang sebanyak 62 orang atau sekitar 62%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas produk permainan sepak bola egrang dalam kategori baik dan masyarakat berminat atau tertarik terhadap model permainan ini, sehingga permainan ini dapat dipergunakan sebagai solusi untuk melestarikan permainan tradisional egrang.   Keyword :  Sepak Bola Egrang
PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERGANTI DAN PENGULANGAN TERHADAP KEMAMPUAN PUKULAN GROUNSTROKE BACKHAND TENIS LAPANGAN DITINJAU DARI KOORDINASI MATA-TANGAN RISA AGUS TEGUH WIBOWO
JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran) Vol. 3 No. 2 (2017): JURNAL ILMIAH PENJAS
Publisher : UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.277 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh antara model pembelajaran berganti dan pengulangan terhadap kemampuan pukulan grounstroke backhand tenis lapangan, (2) Perbedaan kemampuan pukulan grounstroke backhand tenis lapangan antara siswa yang memiliki koordinasi mata-tangan tinggi, sedang dan rendah, (3) Pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan koordinasi mata-tangan terhadap kemampuan pukulan grounstroke backhand tenis lapangan. Penelitian ini menggunakan metode ekperimen dengan rancangan faktorial 2 x 3. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra SMA Negeri 1 Plupuh Sragen Tahun 2017. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive random sampling, besarnya sampel yang diambil yaitu sebanyak 60 siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan ANAVA. Sebelum diuji dengan ANAVA, terlebih dulu menggunakan uji prasyarat analisis data dengan uji normalitas sampel (Uji Lilliefors dengan α = 0,05 %) dan Uji homogenitas varians (Uji Bartlett dengan α = 0,05 %). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) ada perbedaan pengaruh antara model pembelajaran berganti dan pengulangan terhadap kemampuan pukulan grounstroke backhand tenis lapangan. Pengaruh model pembelajaran berganti lebih baik dari pada pengulangan, (2) ada perbedaan kemampuan pukulan grounstroke backhand tenis lapangan antara siswa yang memiliki koordinasi mata-tangan tinggi, sedang dan rendah. Kemampuan pukulan grounstroke backhand tenis lapangan pada siswa yang memiliki koordinasi mata-tangan tinggi lebih baik dari pada siswa yang memiliki koordinasi mata-tangan sedang, siswa yang memiliki koordinasi mata-tangan sedang lebih baik dari pada siswa yang memiliki koordinasi mata-tangan rendah, (3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan koordinasi mata-tangan terhadap kemampuan pukulan grounstroke backhand tenis lapangan. Siswa yang memiliki koordinasi mata-tangan tinggi lebih cocok jika diberikan berganti. Siswa yang memiliki koordinasi mata-tangan sedang lebih cocok jika diberikan pengulangan. Sedangkan siswa yang memiliki koordinasi mata-tangan rendah lebih cocok jika diberikan berganti.
KANDUNGAN EKSTRAK CABE JAWA UNTUK ALTERNATIF ENERGI DALAM AKTIVITAS OLAHRAGA GALIH DWI PRADIPTA; BUYUNG KUSUMAWARDHANA; TUBAGUS HERLAMBANG
JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran) Vol. 3 No. 2 (2017): JURNAL ILMIAH PENJAS
Publisher : UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.898 KB)

Abstract

Cabe jawa merupakan salah satu tanaman yang diketahui memiliki efek stimulan terhadap sel saraf sehingga mampu meningkatkan stamina tubuh . Bagian yang dimanfaatkan sebagai afrodisiaka adalah buahnya dan diduga senyawa aktif yang berkhasiat afrodisiaka di dalam buahnya adalah senyawa piperine. Pengolahan produk penghasil energi dapat memanfaatkan ekstrak cabe jawa yang tinggi akan kandungan piperine. Potensi ekstrak cabe jawa sebagai stimulan energi yang ditujukan untuk aktivitas olahraga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsumsi ekstrak cabe jawa terhadap produksi energi dalam tubuh pada aktivitas olahraga. Subyek terdiri dari 10 orang laki-laki usia 18-21 tahun dengan kondisi fisik yang terlatih. Peningkatan energi dalam tubuh pada aktivitas olahraga dengan tredmill diukur menggunakan analisa meliputi uji stamina tubuh, tes glukosa darah, dan tes tekanan darah. Untuk melihat adanya pengaruh konsumsi ekstrak cabe jawa terhadap produksi energi dalam tubuh pada aktivitas olahraga dilakukan analisis data analisis varian (ANOVA) dilanjutkan dengan uji beda nyata yaitu BNT (Beda Nyata Terkecil) menggunakan selang kepercayaan 1% dan 5% serta DMRT (Duncan Multiple Range Test) dengan selang kepercayaan 1% dan 5%. Terdapat pengaruh konsumsi ekstrak cabe jawa terhadap produksi energi pada aktivitas olahraga.  
EVALUASI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN NILAI DALAM PEMBELAJARAN PENJAS FAJAR ARI WIDIYATMOKO; MAFTUKIN HUDAH
JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran) Vol. 3 No. 2 (2017): JURNAL ILMIAH PENJAS
Publisher : UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (119.91 KB)

Abstract

This study was aimed to obtain empirical data on the implementation of value education in physical education learning both in the Learning Implementation Plan (RPP) and in the process of learning practiced in the field. Data were collected in two steps: first, the data will be collected on the Learning Plan (RPP) which has been prepared by the teacher of Physical Education to find the presence or absence of content value education in which the data analysis performed on 100 sample RPP shows that there is 100% . The second step was to deepen the understanding of teachers about the value of education taught to learners and observation of the implementation of value education in the learning process. Of the 100% RPP that contained educational or character values, however only 65% or 13 out of 20 teachers were taken at random, applying the educational value in the learning, 35% did not apply. Of the 65% of teachers applying only 5 teachers  applied the educational values from the opening, main activities and closing activities, 8 teachers only applied from the opening and closing only in the form of prayer and advice to the students.
KETERAMPILAN GERAK DASAR ANAK USIA DINI PADA TAMAN KANAK-KANAK (TK) DI KOTA SURAKARTA HUSNUL HADI; IBNU FATKHU ROYANA; DANANG AJI SETYAWAN
JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran) Vol. 3 No. 2 (2017): JURNAL ILMIAH PENJAS
Publisher : UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.465 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan gerak dasar anak usia dini pada taman kanak-kanak. Gerak dasar adalah kemampuan untuk melakukan tugas sehari-hari yang meliputi gerak jalan, lari, lompat, lempar. Perkembangan pada anak usia dini mencakup perkembangan fisik dan motorik, kognitif, sosial emosional dan bahasa. Usia anak pada masa pertumbuhan merupakan fase fundamental yang akan menentukan kehidupannya dimasa datang. Oleh sebab itu, sebagai orang tua dan pendidik harus memahami perkembangan anak usia dini khususnya perkembangan fisik dan motorik. Penelitian dilakukan di TK Negeri Pembina dan TK Cita Nanda yang berada di Kota Surakarta. Subjek penelitian ditentukan melalui purposive sampling dengan jumlah 50 anak yang terbagi atas 27 anak di TK Negeri Pembina dan 23 anak di TK Cita Nanda. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 4 dan 11 Agustus 2017. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes yang sesuai dengan gerak dasar anak usia dini. Tes yang digunakan adalah TGMD-2 (Test of Gross Motor Development). Berdasarkan tes yang dilakukan didapat hasil keterampilan gerak dasar anak atau motorik kasar anak sebagai berikut, nilai sangat tinggi ada 25 (dua puluh lima) anak dengan memperoleh skor >130. Anak dengan nilai tinggi ada 16 (enam belas) orang dengan memperoleh skor 121 - 130. Anak dengan nilai diatas rata-rata ada 6 (enam) orang dengan memperoleh skor 111 - 120. Anak dengan nilai rata-rata ada 3 (tiga) orang dengan memperoleh skor 90 – 110. Anak dengan nilai dibawah rata-rata, nilai rendah dan sangat rendah tidak ada.
ETOS KERJA DAN PROFESIONAL GURU SUCI PRASASTI
JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran) Vol. 3 No. 2 (2017): JURNAL ILMIAH PENJAS
Publisher : UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (97.077 KB)

Abstract

Kenyataan dilapangan sangat memprihatinkan dan mengundang berbagai pertanyaan tentang konsistensi guru terhadap profesinya. Kondisi ini cukup memprihatinkan dan apabila dibiarkan terus menerus akan mengakibatkan penurunan kualitas perilaku profesioanal guru yang berdampak terhadap kualitas pendidikan di Indonesia. Etos kerja lebih merujuk kepada kualitas kepribadian yang tercermin melalui. unjuk kerja secara utuh dalam berbagai dimensi kehidupannya. Dengan demikian etos kerja lebih merupakan kondisi internal yang mendorong dan mengendalikan perilaku ke arah terwujudnya kualitas kerja yang ideal. Etos kerja guru yang tinggi akan mempengaruhi kualitas pendidikan dan perilaku profesinya. Begitu pentingnya peranan dan tugas guru sehingga perlu adanya perhatian khusus dalam bentuk pelatihan dalam bidang pengetahuan dan ketrampilan baru yang disesuaikan dengan perkembangan jaman. Selain itu perlu adanya penghargaan dan pengakuan terhadap profesi guru sehingga akan meningkatkan etos kerja yang positif dan rof melaksanakan tugas dan kewajiban secara rofessional.

Page 1 of 1 | Total Record : 6