cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN FISIKA AL BIRUNI
ISSN : 23031832     EISSN : 2503023X     DOI : 10.24042
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni is a medium of communication used by researchers, lecturers, teachers, practitioners, and University student for submitting result of studies and prioritized result of research in the field of theoretical physics, applied physics, and physics learning include: development of instruments of evaluation physics, development of instructional media physics, the development of learning model of physics, and Quasi-Experiment. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni published comprehensive research articles and reviews by leading experts in the field. Selected articles, which has a high scientific achievement, provide important new knowledge, and high benefits to society of physics and physics education. The Journal was first published in 2012 and regularly published twice per year in April and October. Since 2014 this journal began in the online.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni" : 7 Documents clear
"Penelitian Dan Pengembangan" Yang Belum Diminati Dan Perspektifnya Yuberti, Yuberti
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 3 No 2 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/jipfalbiruni.v3i2.69

Abstract

Ditengah keragaman persoalan dan perdebatan terhadap ragam metodologi penelitian yang ada, muncul apa yang disebut dengan "Penelitian dan Pengembangan" yang seakan-akan barang baru, tetapi sesungguhnya stok lama. Dikatakan stok lama, karena "Penelitian dan Pengembangan" sudah lama digunakan di sektor industri yang menghasilkan produk, baik itu produk manufaktur, maupun produk olahan atau makanan. Hanya saja untuk penelitian dibidang pembelajaran, baru mulai dilirik belakangan ini.
PEDAGOGI DAN TEKNOLOGI DALAM E-LEARNING Studi Kasus: Pengembangan E-Learning di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung Gunawan, Indra
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 3 No 2 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/jipfalbiruni.v3i2.70

Abstract

Aspek pedagogi sangat berpengaruh terhadap pengembangan materi (content development) dan pembelajaran (learning) dengan memperhatikan teknik dan behavior interaksi antara dosen (lecturer) dan mahasiswa (students). Di sisi lain aspek teknologi berpengaruh terhadap pengembangan materi yang dinamis dan rich multimedia, serta menyediakan fiturfitur (features) komponen sistem e-learning. Mengintegrasikan kedua aspek tersebut dapat meningkatkan kualitas pengembangan materi yang didukung oleh system e-learning agar proses belajar-mengajar menjadi optimal. Subjective Analysis atas pengintegrasian kedua aspek tersebut dalam sistem e-learning yang digunakan-SCELE, menunjukkan bahwa lingkungan pembelajaran online dapat menghadirkan suasana sebagaimana pembelajaran konvensional.
INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH Latifah, Sri
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 3 No 2 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/jipfalbiruni.v3i2.71

Abstract

Salah satu pengertian pendidikan adalah proses memanusiakan manusia. Untuk meraih derajat manusia seutuhnya sangatlah tidak mungkin tanpa melalui proses pendidikan. Pendidikan harus dapat menghasilkan insan-insan yang memiliki karakter mulia, di samping memiliki kemampuan akademik dan keterampilan yang memadai. Salah satu cara untuk mewujudkan manusia yang berkarakter adalah dengan mengintegrasikan pendidikan karakter dalam setiap pembelajaran. Nilai-nilai karakter utama yang harus terwujud dalam sikap dan perilaku peserta didik sebagai hasil dari proses pendidikan karakter adalah jujur (olah hati), cerdas (olah pikir), tangguh (olah raga), dan peduli (olah rasa dan karsa). Pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan pemuatan nilai-nilai karakter dalam semua mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Untuk itu guru harus mempersiapkan pendidikan karakter mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasinya. Pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah perlu didukung oleh keteladanan guru dan orang tua murid serta budaya yang berkarakter.
MODEL PEMBELAJARAN JUST IN TIME TEACHING (JITT) BERBANTUAN WEBSITE PADA TOPIK LISTRIK ARUS BOLAK-BALIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA Irwandani, Irwandani
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 3 No 2 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/jipfalbiruni.v3i2.72

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan metode quasy experiment tentang penerapan pembelajaran JiTT berbantuan website untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi listrik arus bolak-balik. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMA tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapatkan model pembelajaran JiTT berbantuan websitesedangkan kelas kontrol mendapat model pembelajaran JiTT tanpa bantuan website.Hasil uji statistik menunjukkan bahwakelas eksperimen secara signifikan lebih dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswanyadibandingkan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran JiTT berbantuan website dapat lebih meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.
SUPERKAPASITOR SEBAGAI PIRANTI PENYIMPAN ENERGI LISTRIK MASA DEPAN Riyanto, Agus
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 3 No 2 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/jipfalbiruni.v3i2.73

Abstract

Superkapasitor merupakan teknologi baru yang dikembangkan dari kapasitor konvensional yang dikembangkan untuk penyimpan energi yang modern. Kapasitor ini memanfaatkan permukaan elektroda yang luas dan bahan dielektrik yang tipis untuk mencapai nilai kapasitansi yang jauh lebih besar daripada kapasitor konvensional. Hal ini memungkinkan superkapasitor akan memiliki rapat energi yang jauh lebih besar dibanding dengan kapasitor konvensional dan memiliki rapat daya jauh lebih besar daripada baterai. Sehingga, superkapasitor akan menjadi solusi yang sangat baik sebagai piranti penyimpan energi.
Pemodelan Gravity Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul Provinsi D.I. Yogyakarta Sari, Dian Novita
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 3 No 2 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/jipfalbiruni.v3i2.74

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan menggunakan metode gravity di daerah Dlingo, Kabupaten Bantul, Provinsi D.I. Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk membuat model struktur bawah permukaan tanah daerah Dlingo Kabupaten Bantul dengan menggunakan metode gravity. Metode gravity adalah metoda penyelidikan geofisika yang didasarkan pada variasi percepatan gravitasi di permukaan bumi. Pengukuran gravitasi ini disebabkan oleh adanya perbedaan dari medan gravitasi yang diakibatkan variasi massa di kerak bumi. Hasil yang didapat antara lain Sekitar 75% daerah penelitian didominasi oleh daerah dengan variasi percepatan gravitasi tinggi dan selebihnya merupakan daerah dengan variasi percepatan gravitasi rendah, Pemodelan downward memperlihatkan bahwa dibawah permukaan tanah terdapat dua tubuh batuan yaitu batupasir dan batugamping dengan densitas 1,9g/cm3 dan 2,385 g/cm3. Di daerah tersebut terdapat patahan berupa sesar pada koordinat disekitar X= 530800 dan Y= 9104200.
Aplikasi Distribusi Maxwell-Boltzmann dalam Menentukan Kecepatan Molekular Wati, Widya
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni Vol 3 No 2 (2014): Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24042/jipfalbiruni.v3i2.75

Abstract

Distribusi Maxwell-Boltzmann adalah salah satu dari tiga distribusi partikel yang dikenal pada sistem partikel. Distribusi Maxwell-Boltzmann, masih dalam kategori pada sistem partikel klasik, dimana partikel-partikel didalamnya masih dapat terbedakan.Salah satu penerapan distribusi Maxwell-Boltzmann yang ada disekitar kita adalah distribusi partikel pada tabung gas rumahan baik yang 3 kg maupun 12 kg. Dengan  memahami distribusi Maxwell-Boltzmann, kita dapat mengetahui bagaimana kecepatan molekular yang terjadi pada tabung gas.Pada tulisan ini dipaparkan akan dipaparkan aplikasi distribusi Maxwell-Boltmann dalam menentukan kecepatan molekular, visualisasi ruang kecepatan, kecepatan gas dalam tabung gas, dan juga fenomena ledakan tabung gas.

Page 1 of 1 | Total Record : 7