cover
Contact Name
Risfaisal ris
Contact Email
risfaisal@unismuh.ac.id
Phone
+6282337038444
Journal Mail Official
risfaisal@unismuh.ac.id
Editorial Address
Btn Pelita Asri, Blok V.1, Kabupaten Gowa
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Equilibrium: Jurnal Pendidikan
ISSN : 23392401     EISSN : 24770221     DOI : 10.26618/equilibrium
Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan mahasiswa dari seluruh dunia . Sedangkan ruang publikasi keseimbangan jurnal adalah pada bidang pendidikan, sosial, budaya; isu-isu terkini yang bersifat kontekstual sebagai ilmu murni dan terapan; hasil penelitian (kualitatif, etnografi, fenomenologi, studi kasus), penilaian dan pengembangan tesis/tesis/disertasi/hasil penelitian yang belum pernah dipublikasikan di media lain. Jurnal Ekuilibrium Pendidikan telah bekerjasama dengan ASOSIASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI) . Jurnal ekuilibrium diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas Muhammadiyah Makassar, terbit secara berkala tiga kali dalam setahun : januari, mei, september.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2018): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN" : 8 Documents clear
Rekonstruksi Sosial Ekonomi (Studi Bumdes Sebagai Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Desa Sangiang Kabupaten Bima) Irdansyah Irdansyah; Eliza Meiyani
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 6, No 2 (2018): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.012 KB) | DOI: 10.26618/equilibrium.v6i2.2593

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha Bumdes dikalangan masyarakat Masyarakat Nelayan Desa Sangiang Kabupaten Bima,Untuk mengetahui Rekonstruksi Sosial Ekonomi dalam Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Desa Sangiang Kabupaten Bima. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memahami lebih dalam tentang pemberdayaan masyarakat lewat bumdes dan kondisi perekonomian masyarakat nelayan. Informan ditentukan secara purposive sampling berdasarkan karakteristik informan yang telah ditetapkan yaitu pengurus BUMDes, pemerintah desa, serta masyarkat nelayan desa sangiang. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Teknik analisis data melalui berbagai tahapan yaitu reduksi data, panyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu.Hasil penelitian yang ditemukan dalam penelitian ini dari aspek Pemanfaatan : Bumdes Dalam pemanfaatan Usaha BUMDES pada masyarakat nelayan Di Desa Sangiang belum membuahkan hasil dan menyentuh nelayan dan belum pernah mendapatkan atau merasakan manfaat dari BUMDES itu sendiri bahkan unit-unit usaha yang dibuat oleh pengurus bumdes BUMDES Sangiang telah gagal dalam memanfaatkan sumber daya yang ada. Sementara dari aspek Rekonstruksi Sosial Ekonomi : Rekonstruksi yang berarti membangun atau pengembalian kembali sesuatu berdasarkan kejadian semula, dimana dalam rekonstruksi tersebut terkandung nilai-nilai primer yang harus tetap ada dalam aktifitas membangun kembali sesuatu sesuai dengan kondisi semula harus dilakukan agar kemudian terjadi perubahan dalam aspek ekonomi maupun social masyarakat nelayan. 
Tinjauan Kriminologis Terhadap Kegiatan Praktik Prostitusi di Kota Makassar Pambudi Putra Yahya; Kaharuddin Kaharuddin; Zainuddin Bin Hassan
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 6, No 2 (2018): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.544 KB) | DOI: 10.26618/equilibrium.v6i2.2590

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab perempuan menjajakan dirinya sebagai pekerja seks komersial, dampak yang ditimbulkan keberadaan pekerja seks komersial di wilayah Jl. Abu Bakar Lambogo serta bagaimana upaya pemerintah dalam penanggulangan prostitusi di Jl. Abu Bakar Lambogo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara kualitatif deskriptif. Analisis ini dilakukan dengan cara menyusun dan mereduksi data, mendisplay data yang dikumpulkan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa (i) Faktor penyebab perempuan menjajakan dirinya sebagai pekerja seks komersial adalah factor lingkungan pergaulan yakni pergaulan bebas marak oleh karena tidak adanya pendidikan sehingga terjerumus pada pekerjaan sebagai PSK, factor ekonomi yakni kurangnya penghasilan dan lapangan pekerjaan yang sempit, factor factor broken home yakni tidak akurnya keluarga seperti pertengkaran dan semacamnya menyebabkan anak tidak terurus atau tidak adanya fungsi orang tua terhadap anak. (ii) Dampak yang ditimbulkan keberadaan pekerja seks komersial di wilayah Jl. Abu Bakar Lambogo ialah masyarakat setempat merasa resah dengan keberadaan PSK di lingkungan sekitar tempat tinggalnya dan Kesulitan berinteraksi dengan masyarakat sekitar. (iii) Upaya pemerintah dalam penanggulangan prostitusi di Jl. Abu Bakar Lambogo adalah rehabilitasi yang di dalamnya adalah upaya resosialisasi dan bimbingan lanjut.Kata Kunci : Kriminologis, Praktik Prostitusi.
Strategi Adaptasi Ojek Konvensional dalam Merespon Adanya Ojek Online di Kota Surakarta Destiyan Armando Yogi; Nurhadi Nurhadi; Abdul Rahman
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 6, No 2 (2018): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.6 KB) | DOI: 10.26618/equilibrium.v6i2.2594

Abstract

Kehadiran jasa transportasi berbasis aplikasi, termasuk ojek sepeda motor online di Kota Surakarta telah menggeser transportasi konvensional khususnya ojek sepeda motor konvensional. Hal ini membuat ojek konvensional merubah  strategi layanan agar tetap mempertahankan eksistensinya. Penelitian ini bertujuan untuk (1)menjelaskan pelayanan jasa transportasi ojek sepeda motor konvensional dan (2)mengidentifikasi strategi adaptasi yang berhasil dilakukan pengemudi ojek sepeda motor konvensional sebagai pekerjaan di Kota Surakarta. Dengan pendekatan fenomenologis/kualitatif peneliti melibatkan 9 informan terdiri  koordinator pangkalan ojek konvensional Surakarta, anggota ojek konvensional, dan Satbinmas Polresta Surakarta. Data tentang pelayanan ojek konvensional dari informan dikumpulkan dengan wawancara mendalam. Setelah transkrip peneliti menggunakan teori Etika Subsistensi karya James C. Scott yang menyajikan 3 pilihan strategi: (1) perluasan jaringan sosial, (2) wirausaha alternatif, dan (3) penghematan pengeluaran belanja rumah tangga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ojek konvensional berusaha memperbaiki pelayanan jasa transportasi kepada pelanggan mereka serta menerapkan tiga strategi adaptasi: (1) membangun organisasi/komunitas ojek konvensional, (2) penegasan zonasi/wilayah layanan dan (3) merintis usaha lain sebagai sumber pendapatan baru. Kata Kunci : strategi adaptasi, ojek konvensional, dan ojek online
Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembinaan Akhlak Di SMP Unismuh Makassar Nursuci Indriati Sukoco; Nurdin Nurdin
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 6, No 2 (2018): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.633 KB) | DOI: 10.26618/equilibrium.v6i2.2592

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah SMP Unismuh Makassar merupakan sekolah yang berbasis agama namun siswa-siswanya masih ada yang sering melakukan penyimpangan yang tidak mencerminkan karakter religious,jujur, dan disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dan konsep pendidikan karakter dalam pembinaan akhlak di SMP Unismuh Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam pembinaan akhlak di SMP Unismuh Makasar, (ii) untuk mengetahui konsep pembinaan akhlak sehingga menjadi karakter di SMP Unismuh Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMP Unismuh Makassar. Dengan jumlah informan sebanyak 10 orang teknik dalam menentukan informan ini dilakukan dengan 3 cara yaitu infoman kunci, informan utama dan informan tambahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, mendisplaykan data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber, triangulasi waktu dan tringulasi teknik. Hasil penelitian dilapangan bahwa, (i) menunjukan bahwa peran guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter itu sangat penting. Pembinaan karakter disekolah dimulai dari awal pagi untuk menciptakan kondisi kondusif bagi perkembangan karakter peserta didik dan semua kegiatan pembelajaran harus tersentuh dengan pendidikan karakter. (ii) Pembinaan akhlak peserta didik dari personal diri pribadi kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya, jadi peserta didik masih melakukan penyimpangan perilaku karena kurangnya pertahan diri peserta didik dalam mengikuti perkembangan zaman sehingga mudah terpengaruh oleh teman, dan lingkungan di sekitarnya.
Harmonisasi Agama (Studi Kasus Koeksistensi Umat Beragama di Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu) Siti Miftahul Jannah; Muhammad Nawir
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 6, No 2 (2018): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.413 KB) | DOI: 10.26618/equilibrium.v6i2.2595

Abstract

Penelitian ini adalah salah satu kajian ilmiah yang membahas tentang koeksistensi atau hidup rukun secara berdampingan umat beragama antara masyarakat Islam dan Kristen di Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu yang mana berdasarkan fenomena saat ini, di dunia tak terkecuali di Indonesia terdapat isu konflik yang mengatasnamakan agama. Penelitian ini memberikan batasan masalah yaitu bagaimana bentuk-bentuk koeksistensi umat beragama di Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu dan apa peran penting pendidikan dalam koeksistensi umat beragama di Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk memahami bentuk koeksistensi umat beragama di Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu serta untuk memahami peran penting pendidikan dalam koeksistensi umat beragama di Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu. Metode penelitian yang digunakan adalah  penelitian bersifat kualitatif deskriptif, dengan tujuan menggambarkan fenomena koeksistensi umat beragama antara masyarakat Islam dan  Kristen secara sistematis dari suatu fakta secara faktual dan cermat.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya tiga bentuk koeksistensi umat beragama di Kecamatan Lamasi dapat ditinjau dari koeksistensi umat beragama dengan pemerintah, koeksistensi umat beragama melalui budaya, serta koeksistensi umat beragama melalui pendidikan. Koeksistensi umat beragama dengan pemerintah diwujudkan dalam beberapa peran pemerintah Kecamatan Lamasi seperti sosialisasi tentang toleransi, memfasilitasi dialog antaragama, pemerataan pelayanan, filterisasi berita palsu, serta adanya kerjasama dengan umat beragama dalam menjaga keharmonisan. Sedangkan koeksistensi umat beragama melalui budaya diimplementasikan melalui kesenian, adat pernikahan, kegiatan ekonomi, dan sistem kekeluargaan. Dan yang terakhir, bentuk koeksistensi umat beragama melalui pendidikan dilakukan dengan pergaulan antara pendidik dan peserta didik, memberi suri tauladan yang baik serta mengajak dan mengamalkan. Kemudian peran penting pendidikan dalam koeksistensi umat beragama di Kecamatan Lamasi yang diamati melalui pendidikan formal diantaranya sekolah sebagai ajang sosialisasi, sekolah sebagai salah satu wadah untuk memperingati hari raya keagamaan, sekolah sebagai tempat untuk menumbuhkembangkan jiwa toleransi, sekolah sebagai penunjang kegiatan sosial, serta sekolah sebagai upaya prefentif dan kuratif mengenai keharmonisan dalam bermasyarakat. Selain itu peran penting pendidikan dalam koeksistensi umat beragama yang diwujudkan dalam pendidikan informal dilakukan dengan tiga gaya pendisiplinan, diantaranya gaya pendisiplinan autotarif, pendisiplinan autotarian serta gaya pendisiplinan permisif.
Dampak Media Sosial Terhadap Perilaku Sosial Anak di Kota Makassar Sam'un Mukramin
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 6, No 2 (2018): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.82 KB) | DOI: 10.26618/equilibrium.v6i2.2583

Abstract

Perilaku Sosial, Media Komunikasi
Analisis Sosial Terhadap Sekolah Unggulan dan Non Unggulan Kabupaten Enrekang Sri Iril Anjani; Nursalam Nursalam; Risfaisal Risfaisal
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 6, No 2 (2018): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.258 KB) | DOI: 10.26618/equilibrium.v6i2.2596

Abstract

Tujuan umum dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui sudut pandang sosial tentang perbedaan kualitas antara sekolah unggulan dan non unggulan,Untuk mengetahui persepsi masyarakat  dari segi kekurangan, dan kelebihan antar sekolah unggulan dan non unggulan. Secara khusus penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang Mengetahui secara khusus yang menjadi wacana perbedaan di sosial tentang sekolah unggulan dan non unggulan Faktor-faktor yang membedakan antar sekolah unngulan dan non unggulan. adapun Jenis  penelitian yang akan digunakan pada penelitian ini adalah Jenis penelitian kualitatif dan Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan fenomenologi.                  Adapun Analisis data dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan dan verifikasi dan selain itu adapun  Instrumen Penelitian di lakukan peneliti sebgaia berikut  Interview atau wawancara dan Observasi.                 Hasil analisis dari hasil wawancara dengan masyarakat berkaitan dengan sudut pandang terhadap sekolah unggulan dan non unggulan di mana masyarakat melihat kualitas sekolah dari segi fasilitas yang layak dan itu hanya dimiliki oleh sekolah unggulan di mana fasilitas dalam hal dunia pendidikan hampir semua mencakupi di sekolah unggulan sedangkan sekolah non unggulan bukannya tidak memiliki Cuma kurang maksimal, Yang selanjutnya kualitas yang di hasilkan oleh sekolah unggulan lebih baik dibandingkan sekolah non unggulan di mana sistem cara mendidik di sekolah unggulan lebih baik dibandingkan di sekolah non unggulan,Sesuai hasil penelitia di mana pendapat dari pihak pemerintah yang hanya menjalankan aturan sudah di perlakukan, pemerintah tidak aslal ambil keputusan di mana  parapemerintah hanya mengikuti seusatu yang sudah di tetapkan dalam hal pengadaan sekolah unggulan dan non unggulan dimana mereka hanya menjalankan sesuai dengan job yang telah mereka tempati dan ikuti aturan dan apabila sekolah sudah memenuhi aturan maka pemerintah tidak berhak menundanya.   Kata Kunci : Analisis Sosial , Sekolah Unggulan dan Non Unggulan
Implementasi Pendidikan Demokrasi Dalam Pembelajaran IPS Study Kasus Sma Negeri 6 Takalar Syahban Nur; Sudarsono Sudarsono
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 6, No 2 (2018): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.318 KB) | DOI: 10.26618/equilibrium.v6i2.2585

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan demokrasi pada mata pelajaran IPS di SMA Negeri 6 Takalar (2) Untuk mengetahui apakah faktor-faktor penghambat pada implementasi pendidikan demokrasi dalam proses pembelajaran IPS di SMA Negeri 6 Takalar dan (3) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung pada implementasi pendidikan demokrasi dalam proses pembelajaran IPS di SMA Negeri 6 Takalar.Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Takalar.Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer berupa hasil wawancara dan sumber data sekunder berupa dokumen-dokumen.Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 6 Takalar. Sampel penelitian ini yaitu kelas X IPS1. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Implementasi Pendidikan Demokrasi Pada Mata Pelajaran IPS di SMA Negeri 6 Takalar sudah terimplementasikan dengan baik dengan nilai-nilai demokrasi yang ditanamkan yaitu toleransi, kerjasama, kebebasan berpendapat, kebebasan berpartisipasi, kebebasan berkelompok, menghormati orang lain, kepercayaan diri dan kesadaran akan perbedaan yang dilaksanakan melalui metode diskusi, ceramah, tanya jawab, Dan penugasan, (2) Faktor-Faktor Pendukung Pada Implementasi Pendidikan Demokrasi Dalam Proses Pembelajaran IPS di SMA Negeri 6 Takalar yaitu Sarana dan Prasarana pendukung yang dimanfaatkan guru antara lain LCD, Laptop, dan beberapa buku referensi pendukung menjadi faktor penunjang keberhasilan proses pembelajaran, dan (3) Faktor-Faktor Penghambat Pada Implementasi Pendidikan Demokrasi Dalam Proses Pembelajaran IPS di SMA Negeri 6 Takalar yaitu Perbedaan individual, perbedaan kemampuan antar siswa menjadi sesuatu yang tidak terhindarkan, karena setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda.Kata kunci : Pendidikan Demokrasi, Mata Pelajaran IPS 

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol. 13 No. 3 (2025): EQUILIBRIUM: JURNAL PENDIDIKAN Vol 13, No 2 (2025): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol. 13 No. 2 (2025): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol. 13 No. 1 (2025): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 13, No 1 (2025): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol. 12 No. 3 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 12, No 3 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol. 12 No. 2 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 12, No 2 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 12, No 1 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol. 12 No. 1 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 11, No 3 (2023): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 11, No 2 (2023): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 11, No 1 (2023): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 10, No 3 (2022): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 10, No 2 (2022): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 10, No 1 (2022): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 9, No 3 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 9, No 2 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 9, No 1 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 8, No 2 (2020): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 8, No 1 (2020): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 7, No 2 (2019): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 7, No 1 (2019): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 6, No 2 (2018): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 6, No 1 (2018): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 5, No 2 (2017): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 5, No 1 (2017): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 5, No 1 (2017): KEARIFAN LOKAL Vol 4, No 2 (2016): PENDIDIKAN Vol 4, No 2 (2016): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 4, No 1 (2016): PENYIMPANGAN SOSIAL Vol 4, No 1 (2016): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 2, No 1 (2016): EQUILIBRIUM Vol 3, No 2 (2015): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 3, No 1 (2015): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN More Issue