cover
Contact Name
Fera Tri Susilawaty
Contact Email
feralawata@gmail.com
Phone
+6287843836544
Journal Mail Official
jurnal.komunikasiuho@gmail.com
Editorial Address
Redaksi Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Gedung Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Halu Oleo. Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 25279173     DOI : 10.52423
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Is a journal of scientific in the form of research results in communication and information science. This journal is published 4 times a year (January, April, July and October) published by the Laboratorium Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Halu Oleo, Kendari. Articles are written in Indonesian and English. Each text that is published will go through the verification and editing process by the editor and the articles will be reviewed using a double-blind review system by the partners who are competent in their field. This journal is expected to be a medium for researchers / writers who want to publish the results of their research so that it can become a reference for further studies related to the study of Communication and information. Scope of the Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi covers communication management, mass media (TV, Radio, Newspapers), public relations, marketing communications, political communication, organizational communication, cultural communication, online media and popular culture. Also focus on studies of information and libraries including information literacy, information technology, digital library, librarian profession development, information management.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 3 (2018): Edisi Juli" : 9 Documents clear
ELEKTABILITAS KEPALA DAERAH KOTA KENDARI DALAM FACEBOOK (STUDI PADA MAHASISWA JURNALISTIK TERHADAP KASUS WALIKOTA KENDARI ADRIATMA DWI PUTRA) Mona Azrani, Zulfiah Larisu, Sitti Utami Reskiyawati
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 3, No 3 (2018): Edisi Juli
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.988 KB) | DOI: 10.52423/jikuho.v3i3.5098

Abstract

MONA ASRANI Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Stambuk C1D1 14 062 dengan judul skripsi “Elektabilitas Kepala Daerah Kota Kendari Dalam Facebook (Studi pada Mahasiswa Jurnalistik UHO terhadap Kasus Adriatma Dwi Putra)” Pembimbing: (I) Dr. Zulfiah Larisu, S.Sos, M.Si (II) Sitti Utami Rezkiawati Kamil, S.Sos.,M.I.Kom Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui elektabilitas kepala daerah kota kendari Adriatma Dwi Putra dalam facebook. Penelitian ini menggunakan teori Media Baru oleh Pierre Levy. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu dengan memberikan gambaran yang jelas dan terperinci mengenai Elektabilitas kepala daerah kota kendari dalam facebook (Studi pada Mahasiswa Jurnalistik UHO terhadap Kasus Adriatma Dwi Putra). Penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan facebook terhadap elektabilitas kepala daerah kota kendari dapat dilihat dari bagaimana kepala daerah menggunakan facebook untuk meningkatkan elektabilitas dengan postingan berita tentang kepala daerah Kota kendari. Penggunaan facebook juga dapat menurunakan elektabilitas kepala daerah karena postingan negatif kepala daerah yang di bagikan ke pengguna facebook lain. Yang dapat dilihat dari intraksi sosial dan integrasi sosial. Interaksi sosial berupa informasi terbuka, informasi fleksibel, informasi dinamis dan interasi sosial berupa Network (jaringan), informasi, archive (arsip), interactive, dan interface (alat penghubung). Hal ini saling berkaitan antara satu dan lainnya yang tujuannya bagi masyarakat maupun pemerintah agar kota kendari menjadi lebih baik lagi kedepannya. Kata Kunci:  Elektabilitas, Kasus Kepala Daerah, Penggunaan Facebook, Mahasiswa Jurnalistik  
KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA DALAM MENCIPTAKAN HARMONISASI SOSIAL (STUDI STEREOTIPE ETNIS BUGIS MENURUT ETNIS JAWA DI DESA SUKAMUKTI KECAMATAN LALEMBUU KABUPATEN KONAWE SELATAN) Sitti Utami Reskiyawati, Dwi Verdianto, Sutiyana Fachrudin
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 3, No 3 (2018): Edisi Juli
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jikuho.v3i3.5104

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi antar budaya dalam menciptakan harmonisasi sosial (studi stereotipe etnis Bugis menurut etnis Jawa di Desa Sukamukti Kecamatan Lalembuu Kabupaten Konawe Selatan). Untuk menyelesaikan permasalahan dalam penelitian ini digunakan teori kategorisasi diri (self-categorization theory) karya McGarty, Yzerbyt dan Spears (Littlejohn, 2009: 870). Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat di Desa Sukamukti Kecamatan Lalembuu Kabupaten Konawe Selatan. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu memilih secara sengaja dengan mempertimbangkan bahwa informan yang bersangkutan mengetahui dan memahami betul inti permasalahan. Dengan jumlah informan sebanyak 8 orang. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa stereotipe yang ada pada etnis Bugis adalah seseorang yang pemberani, namun baik dan ramah. Stereotipe ini cenderung positif dimana proses pembentukan stereotipe etnis Bugis yang ada pada seseorang yang beretnis Jawa mempertimbangkan berbagai data atau pengetahuan yang diperoleh dari interaksi personal dengan etnis Bugis. Kemudian, dari data-data yang diperoleh tersebut di dapatkan berbagai perbedaan-perbedaan antara etnis Bugis dan etnis Jawa, serta dapat juga data mengenai perbedaan diperoleh dari hasil observasi pribadi seseorang. Selain data dari hasil interaksi dan perbedaan antaretnis, seseorang beretnis Jawa juga mempertimbangkan mengenai nilai, norma, dan sikap  yang berasal dari latar belakang keluarga, lingkungan dan pengalaman pribadi sesama Etnis Jawa. Semua ini merupakan suatu bentuk proses kategorisasi informasi dalam pembentukan stereotip etnis Bugis.
MODEL KOMUNIKASI BNN KOTA KENDARI DALAM PENANGANAN REHABILITASI PENGGUNA NARKOBA Muh. Ikram Junianto, Muh Najib Husain, Asrul Jaya
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 3, No 3 (2018): Edisi Juli
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jikuho.v3i3.5099

Abstract

MUH. IKRAM JUNIANTO (CID1 14 069) dengan judul  Model Komunikasi BNN Kota Kendari Dalam Penanganan Rehabilitasi Pengguna Narkoba Dibawah bimbingan Bapak Dr. Muh. Najib Husain, S.Sos. M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Asrul Jaya, S.Sos. M.Si selaku pembimbing II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Model Komunikasi BNN Kota Kendari dalam Penanganan Rehabilitasi Pengguna Narkoba. Penelitian ini menggunakan teori Difusi Inovasi, Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan subjek penelitian ini yaitu Ketua BNN Kota Kendari dan staff  yang menangani Rehabilitasi serta pengguna narkoba yang di Rehabilitasi. Adapun teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling.  Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Model komunikasi BNN Kota Kendari dalam Penanganan rehabilitasi pengguna narkoba yakni konselor sebagai komunikator menyampaikan pesan berisi informasi, persuasif dan  motivasi dimana dalam menyampaikan pesan tersbut dilakukan dengan menggunakan saluran komunikasi yang dilakukan secara langsung (face to face) maupun menggunakan media elektronik baik via telpon maupun via sms, dalam menyampaikan pesan rehabilitasi pengguna narkoba BNN Kota Kendari memiliki jangka waktu yang perlu ditempuh dan disepakati oleh konselor dan klien rehabilitasi. Sehingga jangka waktu tersebut diharapkan dapat memberikan pemulihan terhadap klien rehabilitasi.Kata Kunci : Model Komunikasi, Rehabilitasi BNN Kota Kendari.
ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KALANGAN REMAJA Ridha Mawadha, Masrul, Hasriani Amin
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 3, No 3 (2018): Edisi Juli
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.901 KB) | DOI: 10.52423/jikuho.v3i3.5105

Abstract

RIDHA MAWADHA Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo Kendari. Stambuk C1D1 14 052 dengan judul skripsi Analisis Kemampuan Literasi Media Sosial Instagram di Kalangan Remaja (Studi Pada Siswa SMP Negeri 1 Kendari) Pembimbing: (I) Masrul, S.Ag, M.Si (II) Hasriani Amin, S.Sos, M.Si Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan literasi media sosial instagram siswa SMP Negeri  Kendari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi media sosial instagram siswa SMP Negeri 1 Kendari. Penelitian ini menggunakan model european comission 2009, untuk menjelaskan tingkat kemampuan Literasi Media. Peneliti menggunakan personal competences yang terdiri dari technical skill dan critical understanding. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan memberikan gambaran yang jelas dan terperinci mengenai kemampuan literasi media sosial instagram di kalangan remaja (studi pada siswa SMP Negeri 1 Kendari). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan yang dimiliki siswa SMP Negeri 1 Kendari secara umum berada pada level basic. Dari hasil penelitian diketahui untuk tehnical skill (kemampuan teknis), tingkat kemampuan literasi media sosial instagram siswa pada berada pada level basic dan untuk critical understanding (kemampuan kritis) juga berada pada level basic. Kata Kunci: Literasi Media, Instagram, Personal Competences
POLA KOMUNIKASI ORANGTUA DALAM MENERAPKAN SIKAP TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAM TERHADAP ANAK REMAJA DI KELURAHAN SENDANG MULYA SARI KECAMATAN TONGAUNA KABUPATEN KONAWE Joko, Nasria, La Ode Jumaidin,
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 3, No 3 (2018): Edisi Juli
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.707 KB) | DOI: 10.52423/jikuho.v3i3.5100

Abstract

NASRIA Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Stambuk C1D1 14 020 dengan judul skripsi Pola Komunikasi Orangtua dalam Menerapkan Sikap Toleransi antar Umat Beragam terhadap Anak Remaja di Kelurahan Sendang Mulya Sari Kecamatan Tongauna Kabupaten Konawe Pembimbing: (I) La Ode Jumaidin, S.Sos. M.Si (II) Joko, S.Sos.,M.Si.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pola komunikasi orangtua dalam menerapkan sikap toleransi antar umat beragama terhadap anak remaja di Kelurahan Sendang Mulya Sari Kecamatan Tongauna Kabupaten Konawe dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi apa yang di gunakan orangtua dalam menerapkan sikap toleransi antar umat beragama terhadap anak remaja di Kelurahan Sendang Mulya Sari Kecamatan Tongauna Kabupaten Konawe. Penelitian ini menggunakan Model Komunikasi Transaksional, oleh Barnlund (1970).Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan memberikan gambaran yang jelas dan terperinci mengenai Pola Komunikasi Orangtua dalam Menerapkan Sikap Toleransi antar Umat Beragama terhadap Anak Remaja di Kelurahan Sendang Mulya Sari Kecamatan Tongauna Kabupaten Konawe. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam menerapkan sikap toleransi antar umat beragama terhadap anak remaja para orangtua di Kelurahan Sendang Mulya Sari Kecamatan Tongauna Kabupaten Konawe menggunakan pola komunikasi satu arah, dua arah dan pola komunikasi multi arah dalam melakukan komunikasi pada anak melalui pesan Verbal dan Non-verbal yang di lakukan secara terus menerus, melalui pesan Verbal orangtua selalu memberikan pesan kepada anak bahwa bertoleransi sangat penting dalam hidup bertetangga dengan masyarakat yang berbeda agama sedangkan melalui pesan Non-verbal orangtua selalu memberikan isyarat dengan menunjuk pada meja yang makanannya halal hal ini di lakukan ketika berada di pesta masyarakat non muslim dari penerapan inilah terjadi perubahan sikap anak yang tadinya tidak memahami toleransi dan seberapa penting toleransi antar umat beragama sekarang toleransi antar umat beragama telah di junjung tinggi dalam diri anak remaja di Kelurahan Sendang Mulya Sari Kecamatan Tongauna Kabupaten Konawe.Kata Kunci: Pola komunikasi orangtua, Sikap Toleransi antar umat Beragama, Anak Remaja
KOMUNIKASI POLITIK PASANGAN H.TAFDIL DAN JOHAN SALIM PADA PILKADA BOMBANA TAHUN 2017 Safitri Safitri
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 3, No 3 (2018): Edisi Juli
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.474 KB) | DOI: 10.52423/jikuho.v3i3.5106

Abstract

Safitri. D, C1D1 14 027, Judul Skripsi “Komunikasi Politik Pasangan H.Tafdil dan Johan Salim Pada Pilkada Bombana Tahun 2017”, Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo Kendari. Pembimbing I Dr. Muh. Zein Abdullah, S.IP.,M.Si dan Pembimbing II Masrul, S.Ag., M.Si.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana komunikasi politik pasangan H.Tafdil dan Johan Salim pada pilkada Bombana tahun 2017. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemasaran politik dari Wiebe dan Kotler. Teknik pengambilan sampel yang digunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi Politik yang digunakan pasangan H.Tafdil dan Johan Salim melalui marketing politik dari empat indikator, yaitu product (produk), place (tempat), price (harga), promotion (promosi). Produk (produk) yaitu visi misi untuk melanjutkan pembangunan di lima tahun kedepan yaitu melanjutkan percepatan infrastruktur, reformasi birokrasi, pembangunan ekonomi, upaya peningkatan sumber daya manusia, dan pemantapan pembangunan budaya masyarakat dan juga menjanjikan program Gembira Desa yaitu bantuan yang diberikan oleh masyarakat yang kurang mampu, program Gembira Cerdas yaitu bantuan Beasiswa yang diberikan oleh siswa yang berprestasi dan kurang mampu. Place (tempat) yaitu media yang digunakan oleh pasangan H.Tafdil dan Johan Salim. Mereka menggunakan media cetak (surat kabar Wonua Bombana dan Radar Buton), radio (Cakrawala Bombana), televisi (Metro tv), media sosial (facebook). Price (harga)  mencangkup harga ekonomi yaitu dana yang dihabiskan dalam kampanye sebanyak 2 miliyar, harga persepsi psikologis yaitu anggapan masyarakat mengenai latar belakang, etnis dan pekerjaan, harga image nasional yaitu harapan masyarakat kepada pasangan H.Tafdil dan Johan Salim bisa membangun Kabupaten Bombana. Promotion (promosi)  kegiatan yang dilakukan pasangan H.Tafdil dan Johan Salim yaitu  kampanye akbar, kegiatan lomba balap taksi motor di desa Teppo dan sosialisasi ke desa yang ada di Kabupaten Bombana untuk meraih simpati masyarakat.Kata Kunci : Komunikasi Politik, Marketing Politik, Pilkada
DOMINASI BAHASA DAERAH DALAM KOMUNIKASI KELUARGA BEDA SUKU TOLAKI-BUGIS (STUDI KASUS DI KELURAHAN KENDARI CADDI KECAMATAN KENDARI) Marsia Sumule G, Nur Ainun Watri, La Ode Muh Umran,
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 3, No 3 (2018): Edisi Juli
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.273 KB) | DOI: 10.52423/jikuho.v3i3.5101

Abstract

NUR AINUN WATRI (C1D1 14 057) Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo Kendari dengan judul skripsi “Dominasi Bahasa Daerah dalam Komunikasi Keluarga Beda Suku Tolaki-Bugis (Studi Kasus di Kelurahan Kendari Caddi Kecamatan Kendari)”. Pembimbing: (I) DR. H. La Ode Muhammad Umran, M. Si, (II) Marsia Sumule, S.Sos., M. I. Kom.Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui dominasi bahasa daerah dalam komunikasi keluarga beda suku Tolaki-Bugis di Kelurahan Kendari Caddi Kecamatan Kendari; (2) mengetahui faktor yang mempengaruhi dominasi bahasa daerah dalam komunikasi keluarga beda suku Tolaki Bugis di Kelurahan Kendari Caddi Kecamatan Kendari. Penelitian ini menggunakan teori Sapir-Whorf. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, dimana peneliti mengumpulkan data yang ada, menyusun secara sistematis, kemudian mendeskripsikan hasil penelitian berdasarkan gambaran atau data yang didapatkan mengenai dominasi bahasa daerah dalam komunikasi keluarga beda suku Tolaki-Bugis di Kelurahan Kendari Caddi Kecamatan Kendari.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dominasi bahasa daerah dalam komunikasi keluarga beda suku Tolaki-Bugis pada Kelurahan Kendari Caddi Kecamatan Kendari adalah dominasi bahasa daerah Bugis. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi dominasi bahasa daerah Bugis yaitu: (1) kebiasaan, (2) tingkat kesulitan bahasa, (3) lingkungan masyarakat mayoritas, dan (4) dominasi orang tua (ayah/ibu). Sedangkan faktor yang mendominasi bahasa daerah dalam keluarga beda suku Tolaki-Bugis di Kelurahan Kendari Caddi Kecamatan Kendari adalah faktor lingkungan masyarakat mayoritas sehingga mempengaruhi pula faktor-faktor yang lain.Kata Kunci: Dominasi, Bahasa Daerah, Komunikasi Keluarga, Teori Sapir          Whorf
PENGGUNAAN SIMBOL KOMUNIKASI WARIA MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP SESAMA WARIA DAN MASYARAKAT (Studi Kasus Komunitas Kerukunan Waria Sulawesi Tenggara Kelurahan Bende Mauni, Sumadi Dilla, La Iba
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 3, No 3 (2018): Edisi Juli
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.168 KB) | DOI: 10.52423/jikuho.v3i3.5097

Abstract

MAUNI, C1D114083 Penggunaan Simbol Komunikasi Waria Melalui Media Sosial Facebook terhadap Sesama Waria dan Masyarakat (Studi Kasus Komunitas Kerukunan Waria Sulawesi Tenggara Kelurahan Bende Kecamatan Kadia). Pembimbing I Sumadi Dilla, S.Sos.,M.Si dan Pembimbing II La Iba,S.IP. M.Si. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, 2018.         Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan symbol komunikasi waria melalui media sosial facebook terhadap sesama waria dan masyarakat. Adapun Informan yang digunakan pada penelitian ini yaitu kaum waria yang tergabung dalam suatu komunitas kerukunan waria provinsi Sulawesi tenggara dan digunakan 5 orang informan sebagai sumber informasi, yang diasumsikan dapat mewakili jawaban yang dibutuhkan peneliti. Dalam penentuan informan digunakan metode purposive sampling yaitu metode penentuan informan yang dilakukan secara sengaja oleh peneliti. Metode Penelitian menggunakan Teknik analisis data dengan Pendekatan Deskriptif Kualitatif dengan melakukan interprestasi data yang diperoleh dari informan.         Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan symbol berupa bahasa waria melalui media sosial facebook (komunikasi sekunder) yang dilakukan terhadap sesama waria, selalu menggunakan bahasa maupun istilah disetiap melakukan komunikasi maupun interaksi langsung kepada sesama kaum waria. Sedangkan symbol berupa bahasa dalam berkomunikasi kepada masyarakat melalui media sosial facebook, penggunaan bahasa dan istilah tidak digunakan dalam  interaksi komunikasi melalui media sosial facebook. Tujuan daripada penggunaan bahasa yang dilakukan kaum waria yaitu sebagai bentuk dari identitas diri mereka sebagai waria serta karakteristik mereka yang tertutup dalam melakukan komunikasi terhadap publik. Kata kunci : Komunikasi Waria, Simbol, Media Sosial
PERANCANGAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL CAFE RICH-O KENDARI DALAM MENARIK PERHATIAN PENGUNJUNG Patrisia Since, Marsia Sumule G, Asrul Jaya
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 3, No 3 (2018): Edisi Juli
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jikuho.v3i3.5103

Abstract

PATRISIA SINCE (C1D1 14 049) dengan judul Perancangan Desain Komunikasi Visual Cafe Rich-O Kendari dalam Menarik Perhatian Pengunjung. Dibawah bimbingan ibu Marsia Sumule, S. Sos. M.I.Kom selaku pembimbing I dan Bapak Asrul Jaya, S.Sos.M.I.Kom selaku pembimbing II.Perkembangan bisnis Cafe di kota Kendari saat ini sangat pesat, selain menawarkan  menu makanan dan minuman banyak cafe menjual suasana desain perancangan melalui desain komunikasi visual seperti pemanfaatan elemen-elemennya melalui ilustrasi, bentuk, tipografi, warna dan irama yang dapat membantu serta meningkat penjualan bisnis cafe.             Salah satunya adalah Cafe Rich-O kendari untuk menarik perhatian pengunjung pemanfaatan desain komunikasi visual dilaksanakan di cafe tersebut dengan memanfaatkan elemen-elemen visual melalui ilustrasi, bentuk, tipografi, warna dan irama didesain lebih modern, menarik dan kreatif agar menarik perhatian pengunjung.             Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui perancangan desain komunikasi visual Cafe Rich-O Kendari dalam menarik perhatian pengunjung agar dapat  mendukung, dan mampu memberikan pesan yang komunikatif.  Informan dalam penelitian ini terdiri 5 orang yaitu pemilik dan karyawan Cafe Rich-O.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan memanfaatkan desain komunikasi visual pengunjung dapat menikmati serta memanfaatkan hasil desain serta menumbuhkan serta menarik niat  pengunjung untuk  membeli. Dimana Perancangan desain komunikasi visual ini banyak dimanfaatkan oleh cafe- cafe dikota Kendari salah atunya adalah Cafe Rich-O Kendari. Kata kunci : Perancangan, desain komunikasi visual, Cafe Rich-O Kendari.    

Page 1 of 1 | Total Record : 9