cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis
Published by Joyful Academy
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 26 Documents
Analisis Pengaruh Iklim Organisasi dan Budaya Organisasi terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Mustika Sembuluh di Sampit Noor, H. M. Thamrin
Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Institute fo Managing and Publishing Scientific Journals

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam penelitian ini respondennya adalah karyawan PT. Mustika Sembuluh yang di ambil secara keseluruhan, untuk mengetahui sejauh mana pengaruh iklim organisasi dan Budaya organisasi terhadap prestasi kerja karyawan PT. Mustika Sembuluh di Sampit yang akan diuraikan berdasarkan data-data yang diperoleh dari hasil kuesioner. Dari hasil perhitungan dengan program SPSS for windows versi 20 diperoleh nilai t hitung untuk masing-masing variable independen adalah sebagai berikut: t hitung variable iklim organisasi sebesar 1.953 dan tingkat signifikan 0,058 Nilai t table dapat diperoleh dengan rumus df = n-k = 40-3 = 37 dengan α = 0,05 adalah 2,026 (diperoleh dari table distribusi t). Untuk variabel Iklim organisasi mempunyai nilai t hitung = 1,953 < t tabel  =  2,026 dan tingkat signifikan iklim organisasi 0,058 > 0,05 maka Ho di terima dan Ha di tolak dan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh antara iklim organisasi terhadap prestasi kerja karyawan. t hitung variable budaya organisasi sebesar 6,158 dan tingkat signifikan 0,000. Nilai t table dapat diperoleh dengan rumus df = n-k = 40-3 = 37 dengan α = 0,05 adalah 2,026 (diperoleh dari table distribusi t). Untuk variabel budaya organisasi mempunyai nilai t hitung =6,158 > t table = 2,026 dan tingkat signifikan budaya organisasi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh antara budaya organisasi terhadap prestasi kerja karyawan. Uji-f (simultan) dilakukan untuk mmengetahui pengaruh variabel bebas secara simultan terhadap variable terikat. Berikut ini hasil perhitungan dari uji f yang diperoleh dengan bantuan program SPSS for windows versi 20.  Dari hasil perhitungan diperoleh besar nilai f hitung =275,871 dan tingkat signifikan F = 0,000 . Nilai F tabel  dapat diperoleh dengan rumus df pembilang  = k-1 = 3-1 = 2 dan df penyebut = n-k = 40-3 = 37 dengan α = 0,05 adalah sebesar 3,252 (diperoleh dari table distribusi f). Nilai f hitung  = 275,871 > f table  = 3,252 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh antara variable iklim organisasi dan budaya organisasi secara simultan terhadap prestasi kerja karyawan. Dengan demikian dikatakan hipotesis ketiga iklim organisasi dan budaya organisasi berpengaruh terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. Mustika Sembuluh Sampit. Nilai R Square (R2) sebesar 0,937 yang menyatakan bahwa kedua variabel independen yaitu iklim organisai (X1) dan budaya organisasi (X2) mempengaruhi variabel dependen yaitu prestasi kerja (Y) sebesar 93,7% dan sisanya sebesar 6,3% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.
Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Kualitas Pelayanan SIA terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa STIE Sampit TA. 2014-2015) Rudini, Ahmad
Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Institute fo Managing and Publishing Scientific Journals

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas sistem informasi akademik (SIA) terhadap kepuasan pengguna. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa aktif semester genap TA. 2014/2015 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sampit yang berjumlah 187 responden, metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling., sedangkan sampel yang memenuhi kriteria berjumlah 90 responden. Kuesioner diuji dengan uji reliabilitas dan uji validitas, selanjutnya dilakukan pengujian asumsi klasik meliputi uji multikolinearitas, uji normalitas dan uji heteroskedastisitas. Kemudian uji hipotesis dilakukan dengan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas sistem berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap terhadap kepuasan pengguna. Sedangkan variabel kualitas informasi dan kualitas pelyanan sistem informasi akademik (SIA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna.
Analisis Struktur Organisasi Universitas Telkom Pangarso, Astadi; Nurrahmasari, Intan Garnita; Nurnida, Ida; Rengganis, Renni; Setiawati, Cut Irna
Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Institute fo Managing and Publishing Scientific Journals

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

In the modern view, the structure becomes an important part in the analysis of the organization because structure as a part of an organization that is directly in contact with the environment. This study was conducted to analyze the organizational structure of Telkom University (Tel-U) at this time which means seeing how the Tel-U organizational structure of complexity, formalization, centralization, and coordination aspect based on the viewpoint of faculty.The variable used in this research that an organizational structure which consist of four dimensions (complexity, formalization, centralization, and coordination). The sample in this study is Management Coordinator Transformation and Affairs Chief in each faculty of Tel-U with purposive sampling. Processing data using descriptive analysis using Microsoft Excel as the analysis tool. The result showed that the organizational structure of Telkom University as a whole are included in the category sufficient good (respectable) with an average total score of 68%.
Dimensi Komitmen Organisasional: Dampaknya Terhadap Perilaku Kerja Pada Organisasi Sektor Publik Sambung, Roby
Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Institute fo Managing and Publishing Scientific Journals

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The goal of to the research to examine and analyze three dimensions of organizational commitment from meyer and allen models on work behavior publik Servants. To this end, after reviewing the literature on Reviews These themes, a conceptual framework with three hypotheses is proposed. Reviews These hypotheses were tested on 41 students of Master of Science in Management program through regresion with reflective indicator using SmartPLS 2.0M3. The main results of this study are as follows: (1) affective commitment strongly influence employee behavior, (2) the continuance commitment strongly influence employee behavior, (3) normative commitment strongly influence employee behavior. From the three commitment of normative commitment is a variable that affects most on work behaviors.
Pengaruh Motivasi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah di Kabupaten Kotawaringin Timur Christiana, Ansita
Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Institute fo Managing and Publishing Scientific Journals

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa  pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai pada Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, pengaruh kompensasi terhadap kinerja pegawai pada Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur serta pengaruh motivasi dan kompensasi terhadap kinerja pada Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur. Populasi penelitian ini yaitu seluruh pegawai pada Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur sebanyak 70 pegawai, yang terdiri dari Pegawai negeri 44 orang dan honorer 26 orang. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 70 responden dengan menggunakan teknik sampel jenuh untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji hipotesis melalui uji t dan uji F serta uji analisis koefisien determinasi (r2). Teknik analisis data digunakan adalah analisis linear berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0,195 + 0,553X1 + 0,435 X2.. Berdasarkan penelitian ini, menunjukan bahwa : terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi terhadap kinerja pegawai yang ditunjukan oleh nilai thitung sebesar 8,117 dengan tingkat signifikan 0,000; terdapat pengaruh positif dan signifikan kompensasi terhadap kinerja pegawai yang ditunjukan oleh nilai thitung sebesar 6,411 dengan tingkat signifikan 0,000; terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi dan kompensasi terhadap kinerja pegawai yang ditunjukan oleh nilai Fhitung sebesar 121,803 dengan tingkat signifikan 0,000. Dari hasil hipotesis nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 78,4%  sedangkan sisanya 21,6% dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Pengaruh Kepemimpinan dan Disiplin Kerja terhadap Prestasi Kerja Pegawai RSUD dr Murjani di Sampit Oetama, Seanewati
Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Institute fo Managing and Publishing Scientific Journals

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan disiplin kerja terhadap prestasi kerja pegawai RSUD dr.Murjani di Sampit. Populasi adalah pegawai RSUD dr. Murjani di Sampit dengan sampel 100  orang. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampel random sampling. Dari perhitungan regresi lineir berganda didapat persamaan Y=7.669 + 0,195(X1) + 0,326(X2). Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan :1)Berdasarkan uji-t. Ada pengaruh positif Kepemimpinan terhadap Prestasi kerja pegawai RSUD dr. Murjani di Sampit t hitung > t tabel (2,388 > 1,985 ) dengan tingkat signifikan 0,019 < 0,05. Ada pengaruh positif Disiplin kerja  terhadap Prestasi kerja pegawai RSUD dr. Murjani di Sampit t hitung > t tabel (4,003 > 1,985 ) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. 2)  Berdasarkan uji-f ada pengaruh positif Kepemimpinan dan Disiplin kerja terhadap Prestasi kerja pegawai RSUD dr. Murjani di Sampit. F hitung > F tabel (16,993 > 3,09 ) dengan tingkat  signifikan 0,000 < 0,05.
Pengaruh Pemasaran Relasional (Harapan Pelanggan dan Membina Hubungan dengan Pelanggan) Terhadap Kepuasan Nasabah Bank International Indonesia Cabang Sampit Oetama, Seanewati
Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Institute fo Managing and Publishing Scientific Journals

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran relasional (harapan pelanggan dan membina hubungan dengan pelanggan) terhadap kepuasan nasabah Bank International Indonesia cabang Sampit. Populasi adalah nasabah Bank International Indonesia cabang Sampit dengan sampel sebanyak 40 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sample random sampling. Dari perhitungan regresi linier berganda, didapat persamaan Y = 5,023 + 0,217 (X1) + 0,189 (X2). Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan: 1) variabel harapan pelanggan (X1) dan membina hubungan dengan pelanggan (X2) sebagai variabel bebas (independent) mempengaruhi variabel terikat (dependent) kepuasan nasabah (Y). Terlihat bahwa terdapat pengaruh sebesar 67,9% (berpengaruh kuat diatas 50%) dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,050. Sedangkan sisanya 32,1% (100% - 67,9%) dipengaruhi oleh variabel lain; 2) secara individu (parsial) variabel harapan pelanggan (X1) memiliki pengaruh yang signifikan sedangkan variabel hubungan dengan pelanggan (X2) tidak berpengaruh secara signifikan; dan 3) secara bersama-sama (simultan) variabel harapan pelanggan (X1) dan variabel membina hubungan dengan pelanggan (X2) memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan nasabah (Y) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,050.
Analisis Pengaruh Price dan Promotion Terhadap Penjualan Rokok pada Swalayan Bintang di Sampit Supramono, Eddy
Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : Institute fo Managing and Publishing Scientific Journals

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan pemasaran yang memungkinkan untuk membuat konsumen itu tetap kembali membeli terhadap produk perusahaan adalah melalui Price dan Promotion. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada penelitian ini adalah hasil uji-t untuk variabel Price (X1) yaitu t hitung  variabel Price sebesar 10,010 dengan signifikan  0,000 < 0,05 berarti Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Price terhadap penjualan. Dengan demikian dikatakan hipotesis pertama yang menyatakan ada pengaruh signifikan antara Price terhadap penjualan pada Swalayan Bintang di Sampit adalah terbukti, sedangkan hasil uji-t  untuk variabel Promotion (X2) yaitu t hitung variabel Promotion sebesar 8,453 dengan signifikan  0,000 < 0,05 berarti Ho ditolah dan  Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Promotion terhadap penjualan. Dengan demikian dikatakan hipotesis kedua yang menyatakan ada pengaruh signifikan antara Promotion terhadap penjualan  pada Swalayan Bintang di Sampit adalah terbukti. Kemudian untuk hasil uji-f yaituF hitung  sebesar 116,276 dengan signifikan 0,000 < 0,05 berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Price dan Promotion secara simultan terhadap penjualan. Dengan demikian dikatakan hipotesis ketiga Price dan Promotion berpengaruh signifikan terhadap penjualan pada Swalayan Bintang di Sampit adalah terbukti. Nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,874. Korelasi yang terjadi adalah korelasi positif. Ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel Price dan Promotion terhadap penjualan secara bersamaan. Nilai R Square (r2) sebesar 0,764 yang menyatakan bahwa kedua variabel independen yaitu price (X1) dan promotion (X2) mempengaruhi variabel dependen (Y) sebesar 76,4% dan sisanya 23,6% dipengaruhi variabel lain yaitu kualitas, kuantitas, mutu dan lain-lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda diperoleh persamaan Y=3,380+0,455 X1+0,389 X2.
PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEMEN CONCH PADA CV. BORNOE JAYA LESTARI DI SAMPIT Seanewati, Oetama
Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : Institute fo Managing and Publishing Scientific Journals

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian semen conch pada CV. Borneo Jaya Lestari Di Sampit. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purporsive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu sesuai dengan tujuan Penelitian dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji t ternyata bahwa tingkat signifikan untuk harga sebesar 0,000 < 0,050, artinya variabel Harga berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian, berdasarkan uji t ternyata bahwa tingkat signifikan untuk Promosi sebesar 0,014 < 0,050, artinya variabel Promosi berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian. Sedangkan berdasarkan uji F ternyata bahwa tingkat signifikan untuk Harga dan Promosi sebesar 0,000 < 0,050 artinya variabel Harga dan Promosi secara simultan berpengaruh signifikan  terhadap variabel Keputusan Kerja. Hasil koefisien korelasi diperoleh angka R sebesar 0,885, menunjukan terjadi hubungan kuat dan analisis determinasi R Square diperoleh angka 0,783 (78,3%) menunjukan bahwa adanya pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian, yakni sebesar 78,3% sedangakan selebihnya 21,7% keputusan pembelian dipengaruhi oleh faktor lain seperti kualitas produk, lokasi penjualan dan lain sebagainya.
Analisa Pengaruh Disiplin Kerja dan Stress Kerja terhadap Prestasi Kerja Pegawai Bandar Udara H. Asan di Sampit Noor, H. M. Thamrin
Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Institute fo Managing and Publishing Scientific Journals

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembahasan ini dilakukan mengacu pada tujuan penelitian yang didasarkan pada hasil-hasil statistik yang diperoleh. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan Regresi Linier Berganda dengan program SPSS for windows 16.0 maka diperoleh persamaan regresi linier berganda:Y = a +Y = 9,057+ 0,256 (X1) + 0,299 (X2)             Pada persamaan tersebut menunjukkan tingkat korelasi atau hubungan antara variabel independen yaitu disiplin kerja (X1) dan stress kerja (X2) terhadap dependen yaitu prestasi kerja pegawai (Y). Untuk mengetahui besar pengaruh tiap variabel independen terhadap dependen. Persamaan regresi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:1). Berdasarkan hasil uji-t setiap variabel independen atau secara individu terbukti memiliki pengaruh terhadap variabel dependen. Hal ini terbukti dengan hasil perhitungan uji statistik yang menunjukkan thitung ˃ t table dan juga diikuti dengan nilai probabilitas ˂ 0,05 maka H0 ditolak (Ha diterima). Dimana disiplin kerja (X1) dengan thitung (2,031) ˃ t table (2,0117) dengan tingkat signifikan sebesar( 0,048 ˂ 0,05) dan stress kerja (X2) dengan thitung (2,611) ˃ ttabel (2,0117) dengan tingkat signifikan ( 0,012 ˂ 0,05). Sehingga dari hasil uji t menunjukkan bahwa variabel stress kerja (X2) memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap prestasi kerja (Y) dari pada variabel disiplin kerja (X1). Dapat dilihat di uji t pada tabel 4.2). Dari perhitungan uji F , maka kita perlu tarik kesimpulan bahwa variabel independen (variabel disipilin kerja (X1) dan stress kerja (X2) ) secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu prestasi kerja (Y). Hal tersebut dapat dilihat dari hasil fhitung pada tabel 4.. Dimana fhitung˃ ftabel dengan tingkat signifikan sebesar 0,05 yaitu fhitung (10,592) ˃ ftabel (3,1950) dengan signifikasi 0,000 ˂ 0,05.3). Pada model summary tabel 4.., angka R sebesar 0,557 artinya disiplin kerja (X1) dan stress kerja (X2) memiliki hubungan yang cukup kuat terhadap prestasi kerja pegawai (Y) pada Bandar Udara H. Asan Sampit. Disebut cukup kuat karena berada diatas atau dengan angka yang lebih besar dari R square 0,311 (31,1 %).4). Dari perhitungan koefisien determinasi (r2) juga menunjukkan hasil bahwa variabel-variabel independen yang ada mempengaruhi peningkatan prestasi kerja (Y) sebesar 31,1%. Sedangkan sisanya 68,9% dijelaskan oleh variabel lain selain kedua variabel tersebut seperti motivasi, pendidikan, kepuasan kerja dan lingkungan kerja.

Page 1 of 3 | Total Record : 26