cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Energi Dan Manufaktur
Published by Universitas Udayana
ISSN : 23025255     EISSN : 25415328     DOI : -
"Jurnal Energi dan Manufaktur" is a journal published by Department of Mechanical Engineering, University of Udayana, Bali since 2006. During 2006-2011 the journal's name was "Jurnal Ilmiah Teknik Mesin CAKRAM" (Scientific journal in mechanical engineering, CAKRAM). "Jurnal Energi dan Manufaktur" is released biannually on April and October, respectively. We invite authors to submit papers from experimental research, review work, analytical-theoretical study, applied study, and simulation, in related to mechanical engineering (energy, material, manufacturing, design) to be published through "Jurnal Energi dan Manufaktur".
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 1 (2018): Published in April 2018" : 8 Documents clear
Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Terintegrasi Pada Program Studi Teknik Mesin Universitas Udayana I Made Dwi Budiana Penindra; Dewa Made Priyantha Wedagama
Jurnal Energi Dan Manufaktur Vol 11 No 1 (2018): Published in April 2018
Publisher : Department of Mechanical Engineering, University of Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (930.256 KB) | DOI: 10.24843/JEM.2018.v11.i01.p04

Abstract

Jurusan Teknik Mesin merupakan salah satu jurusan yang terakreditasi A. Jurusan Teknik Mesin Universitas Udayana pada tahun 2016 telah berhasil mempertahankan akreditasi A yang diperoleh sejak tahun 2011. Salah satu penunjang keberhasilan tersebut adalah karena telah dimilikinya sistem pengukuran kinerja yang dihasilkan penulis pada tahun 2015 dimana sistem tersebut telah mampu memantau kinerja jurusan secara berkesinambungan. Walaupun sistem pengukuran kinerja tersebut telah digunakan, tetapi pada implementasinya masih banyak kekurangan yang dimiliki oleh sistem tersebut terutama karena sistem tersebut masih berbentuk manual. Kekurangan lain juga dapat dilihat dari hasil penelitian penulis tahun 2016 yang menunjukkan bahwa dari Importance Performance Analysis (IPA) rata-rata persepsi dari mahasiswa sebesar 2,91 masih dibawah rata-rata ekspektasi mereka yaitu 3,14. Pada penelitian ini dilakukan perancangan kembali sistem pengukuran kinerja yang terintegrasi berdasarkan hasil-hasil penelitian di tahun 2015 dan 2016 dengan metode Performance Prism dimana metode tersebut diintegrasikan dengan beberapa metode yaitu Integrated Performance Measurement Systems (IPMS) di dalam penentuan Key Performande Indicator (KPI) yang menjadi indikator penentu kinerja yang kemudian dibantu menggunakan metode Analytical Hierarcy Process (AHP) di dalam pemberian bobot masing-masing KPI. Setelah KPI memiliki bobot kemudian dilakukan scoring secara menyeluruh dengan Metode Objectives Matrix (OMAX) sehingga dihasilkan angka indeks per periode yang menjadi acuan tingkat kinerja jurusan, serta Traffic Light System (TLS) untuk mengetahui KPI mana yang memerlukan perbaikan berdasarkan warna. Dari hasil penelitian didapatkan hasil Performance Indicator dari periode 1 sebesar 322,8 dan mengalami peningkatan 7,6% dibanding Performance Indicator rata-rata 300. Performance Indicator dari periode 2 sebesar 352,50 dan mengalami peningkatan 9,2% dibanding periode 1. Performance Indicator dari periode 3 sebesar 354,66 dan mengalami sedikit peningkatan 0,61% dibanding periode 2. Performance Indicator dari periode 4 sebesar 354,52 dan mengalami sedikit penurunan 0,04% dibanding periode 3. Performance Indicator dari periode 5 sebesar 573,35 dan mengalami peningkatan 61,73% dibanding periode 4. Performance Indicator dari periode 6 sebesar 606,68 dan mengalami peningkatan 5,81% dibanding periode 5 dan merupakan periode dengan Performance Indicator tertinggi dalam sistem pengukuran ini. Department of Mechanical Engineering Udayana University in 2016 has managed to maintain the A accreditation obtained since 2011. One of the supporting success is because it has owned performance measurement system generated by the author in 2015 where the system has been able to monitor the performance of majors on an ongoing basis. Although the performance measurement system has been used, but in its implementation there are still many shortcomings possessed by the system mainly because the system is still in the form of manual. Another disadvantage can also be seen from the results of research authors of 2016 which shows that from the Importance Performance Analysis (IPA) average perception of students of 2.91 is still below the average of their expectations of 3.14. In this research, re-design of integrated performance measurement system based on the results of research in 2015 and 2016 with Performance Prism method where the method is integrated with several methods of Integrated Performance Measurement Systems (IPMS) in the determination of Key Performande Indicator (KPI) a performance indicator that is then assisted using the Analytical Hierarcy Process (AHP) method in the weighting of each KPI. After KPI has weight then scoring thoroughly with Objectives Matrix (OMAX) method so that the result of index number per period become reference of department performance level, and Traffic Light System (TLS) to know which KPI need improvement based on color. From the research results obtained Performance Indicator from period 1 of 322.8 and increased 7.6% compared to Performance Indicator average 300. Performance Indicator from period 2 amounted to 352.50 and increased 9.2% compared to period 1. Performance Indicator from period 3 was 354.66 and slightly increased by 0.61% compared to period 2. Performance Indicator from period 4 was 354.52 and decreased slightly 0.04% compared to period 3. Performance Indicator from period 5 was 573.35 and an increase of 61.73% compared to period 4. Performance Indicator from period 6 of 606.68 and increased 5.81% compared to period 5 and is the period with the highest Performance Indicator in this measurement system.
Pengaruh Variasi Jarak Penghalang Segitiga di depan Silinder Arah Vertikal terhadap Drag I Putu Gede Gunawan Tista; I Gusti Ngurah Putra Tenaya; I Gusti Ngurah Putu Sudanta
Jurnal Energi Dan Manufaktur Vol 11 No 1 (2018): Published in April 2018
Publisher : Department of Mechanical Engineering, University of Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.526 KB) | DOI: 10.24843/JEM.2018.v11.i01.p03

Abstract

Salah satu cara untuk menghemat energi pada pesawat terbang dan bluff body lainnya adalah dengan mengurangi drag. Drag erat hubungannya dengan separasi aliran. Semakin awal terjadi separasi maka drag semakin meningkat. Oleh karena itu upaya yang dilakukan untuk mengurangi drag adalah dengan memanipulasi medan aliran fluida. Manipulasi aliran bisa dilakukan secara pasif antara lain menempelkan sebuah sirip pada bluff body, melubangi bluff body, menambahkan spiral pada bluff body dan menempatkan penghalang yang lebih kecil didepan bluff body. Penelitian ini yaitu dengan cara menempatkan penghalang berbentuk segitiga didepan silinder. Dalam penelitian ini pengujian dilakukan pada wind tunnel, yang terdiri dari blower, pipa pitot, manometer, pipa silinder, dan segitiga penghalang. Penempatan penghalang divariasikan pada arah vertikal posisi y = 0, y = 5 mm, y = 10 mm, y = 15 mm, sedangkan posisi penghalang pada arah horisontal pada jarak 60 mm terhadap silinder dengan panjang sisi segitiga adalah 8 mm. Distribusi tekanan diperoleh dengan mengukur tekanan permukaan silinder pada 36 titik dengan interval 10o. Data yang diukur adalah tekanan permukaan silinder, tekanan statis, dan kecepatan aliran fluida. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi penurunan drag pada saat diberi penghalang segitiga dibandingkan dengan tanpa diberi penghalang segitiga. Nilai koefisien drag untuk silinder tanpa diberi penghalang yaitu 0.1276. Sedangkan dari variasi jarak penghalang pada arah vertikal diperoleh penurunan koefisien drag tertinggi adalah pada posisi y = 0 yaitu sebesar 0,0186. Besarnya penurunan drag pada posisi ini adalah 85,45% dibandingkan dengan tanpa penghalang. One of the ways to reduce energy consumption an airplane and the other bluff body is by decreasing the drag. The drag is closely related to the flow of separation. The early separation, then the drag will increase. Based on the fact the effort to decrease drag is conducted by manipulating the field of fluid flow. The stream manipulation can be done passively, for example, by attaching a fin at the bluff body, by making a hole on the bluff body, enhancing spiral at the bluff body and placing a smaller barrier, on front of bluff body. The experiment was done by placing a triangle rod on front of the cylinder. In the present research the experiment was conducted in a wind tunnel, which consisted of a blower, a pitot pipe, a manometer, a main cylinder pipe, and a triangle rod. The triangle was variation vertical positioned at y = 0 mm, y = 5 mm, y = 10 mm, y = 15 mm. while the position of barrier in the horizontal direction at 60 mm distance towards the cylinder with the triangle side length was 8 mm. Pressure distribution was measured on 36 points at the cylinder surface with an interval of 100. The measured data was the pressure of cylinder surface, the static pressure, and the airflow speed.The research results showed that the triangle rod could decrease the drag of the main cylinder. The Coefficient drag for the cylinder without the triangle rod was 0, 1276 while the variation of barrier in the vertical direction obtained the biggest decrease of the coefficient of the drag with the triangle rod happened at position y = 0, which was 0, 0186. The magnitude of the drag reduction in this position was 85, 45% compared without barrier.
Cover & Preface JEM Vol. 11(1) 2018 Ainul Ghurri
Jurnal Energi Dan Manufaktur Vol 11 No 1 (2018): Published in April 2018
Publisher : Department of Mechanical Engineering, University of Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (885.701 KB)

Abstract

Puji syukur tercurahkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terbitnya JURNAL ENERGI DAN MANUFAKTUR, Universitas Udayana volume 11 Nomor 1 April 2018 ini. Penerbitan jurnal ini bertujuan menyediakan media publikasi untuk hasil-hasil penelitian maupun kajian aplikasi di bidang Teknik Mesin serta bidang keteknikan lain yang berkaitan. Dewan redaksi mengucapkan terima kasih atas dukungan tiada henti dari rekan-rekan di kampus serta pimpinan jurusan dalam menjaga keberlangsungan penerbitan jurnal ini. Dewan redaksi juga menyampaikan terima kasih atas partisipasi rekan-rekan peneliti yang mengirimkan naskahnya untuk dipublikasikan via Jurnal Energi dan Manufaktur. Dalam penerbitan JURNAL ENERGI DAN MANUFAKTUR Volume 11 Nomor 1 ini, disajikan 7 artikel, dalam berbagai topik hasil penelitian meliputi material dan biomaterial, drag reduction, manajemen industri, simulasi komputer (numerik) dan kincir air. Akhirnya, kami berharap semoga artikel-artikel dalam jurnal ini bermanfaat bagi pembaca dan memperkuat semangat untuk ikut dalam pengembangan ilmu dan teknologi terutama di bidang Teknik Mesin. Kami tunggu naskahnaskah untuk penerbitan berikutnya.
Pengaruh Perlakuan Temperatur dan Waktu Penahanan Pack Carburizing Terhadap Umur Lelah Baja St 42 Ketut Suarsana; Cok Istri Putri K; I Made Astika
Jurnal Energi Dan Manufaktur Vol 11 No 1 (2018): Published in April 2018
Publisher : Department of Mechanical Engineering, University of Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.315 KB) | DOI: 10.24843/JEM.2018.v11.i01.p05

Abstract

Pack carburizing merupakan suatu proses laku panas untuk memperoleh pengerasan hanya pada bagian permukaan dengan menggunakan media carburizer padat. Dengan memberikan temperatur pemanasan dan waktu penahanan yang tepat diharapkan dapat meningkatkan umur lelah suatu material baja St.42. Metode pada penelitian ini mengunakan pack carburizing padat berupa serbuk, yang dibuat dalam bentuk kotak dan didalamnya diisi serbuk carbon. Penelitian ini membahas tentang pengaruh waktu penahanan dan temperatur pack carburizing terhadap umur lelah baja ST 42 dengan menggunakan variasi temperatur pemanasan adalah : 850, 900 dan 950°C dan waktu penahanan 4, 6 dan 8 jam. Kedua variabel ini diamati pengaruhnya terhadap umur lelah. Berdasarkan hasil penelitian bahwa waktu penahanan dan temperatur pack carburizing berpengaruh nyata terhadap umur lelah, dimana umur lelah tertinggi yaitu pada 993.089 cycle pada temperatur pemanasan 950 °C dan waktu penahanan 8 jam. Umur lelah paling rendah adalah 440.613 cycle terjadi pada temperatur pemanasan 850 °C dan waktu penahanan 4 jam. Pack carburizing is a hot-selling process to obtain only hardening on the surface by using solid carburizer media. Providing proper heating temperature and retention time is expected to increase the fatigue life of a steel material of St.42. The method in this study using a solid pack carburizing of powder, which is made in the form of a box and inside it is filled with carbon powder. This study discusses the effect of detention time and pack carburizing temperature on ST 42 fat age by using variation of heating temperature are: 850, 900 and 950?C and holding time 4, 6 and 8 hours. Both of these variables were observed to influence the fatigue life. Based on the result of research that the holding time and temperature of pack carburizing have a significant effect on fatigue life, where the highest fatigue age is 993,089 cycles at heating temperature 950 ?C and 8 hours of detention time. The lowest fatigue period was 440,613 cycles occurring at a heating temperature of 850 ?C and a 4 hour detention time.
Optimization of Initial Folding Square Sections for the Crashworthiness Design M Yoggaraj Muthusamy; Kamaruddin Kamaruddin; Moch. Agus Choiron
Jurnal Energi Dan Manufaktur Vol 11 No 1 (2018): Published in April 2018
Publisher : Department of Mechanical Engineering, University of Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.808 KB) | DOI: 10.24843/JEM.2018.v11.i01.p06

Abstract

In this study, crash behavior of optimization of initial folding square sections are evaluated. Three parameters of design are set as width (w), height (h) and thickness (t) with three levels. Deformation mode of crash box and energy absorbing due to frontal load is observed. Response surface method is used to optimize the Initial folding square sections. Box-Bhenken is chosen to provide this setting and 13 models is built. Computer simulation is used to determine the energy absorption by using Software Finite Element Analysis. Based on computer simulation results, it can be denoted that w =1.1 mm, h = 0.9 mm and t = 2.75 mm produce the highest of energy absorption.
Pengaruh Perlakukan Alkali terhadap Sifat Fisik, dan Mekanik Serat Kulit Buah Pinang Cokorda Putri Kusuma Kencanawati; I Ketut Gede Sugita; NPG Suardana; I Wayan Budiasa Suyasa
Jurnal Energi Dan Manufaktur Vol 11 No 1 (2018): Published in April 2018
Publisher : Department of Mechanical Engineering, University of Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.695 KB) | DOI: 10.24843/JEM.2018.v11.i01.p02

Abstract

Makalah ini menganalisis pengaruh perlakukan alkali dan tanpa perlakukan alkali terhadap karakateristik fisik, morfologi dan sifat mekanik serat kulit buah pinang (areca Catechu L.). Selama ini pemanfaatan limbah pertanian belum dilakukan secara maksimal, sehingga dapat menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan. Serat kulit buah pinang (Areca Husk Fiber/AHF) selama ini hanya dipergunakan sebagai bahan bakar biomassa dan media tanam sedangkan untuk pemanfaatan lain belum ada sama sekali. AHF diberi perlakukan NaOH 2,5%, 5%, 7,5% dan 10% dengan waktu perendaman 2 jam pada temperatur kamar, untuk mengetahui karakteristik fisik AHF maka dilakukan pengukuran panjang dan diameter serat, pengujian densitas, pengujian kadar air dan moisture sedangkan untuk mengetahui karakteristik mekanik dilakukan pengujian tarik serat tunggal sesuai dengan ASTM D 3379. Dari penelitian ini diketahui bahwa diameter AHF mengalami pengurangan diameter akibat perlakukan alkali, hal ini terkait dengan hilangnya kandungan lignin, pektin dan wax. Densitas AHF menurun dengan meningkatan prosentase NaOH bila dibandingkan dengan AHF tanpa perlakukan NaOH. Kekuatan tarik bervariasi dengan adanya perlakuan alkali. Kekuatan tarik AHF tertinggi pada serat yang mengalami perlakukan NaOH 5% yaitu sebesar 165 Mpa dan kekuatan tarik terendah pada AHF dengan perlakuan Alkali 10% yaitu sebesar 137 MPa . This paper analyzes the effect of alkali and non-alkali treatments on the physical characteristics, morphology and mechanical properties of betel nut huks fiber (areca Catechu L.). the used of agricultural waste has not been done optimally, causing environmental pollution. Areca Husk Fiber (AHF) only used as biomass fuel and planting medium, while for the other uses it has not existed. AHF was given 2.5%, 5%, 7.5% and 10% NaOH treatment with 2 hours immersion at room temperature, to known the physical characteristics of AHF then measured the length and diameter of fiber, density test, water content and moisture test. Mechanical characteristics of single fiber tensile testing in accordance with ASTM D 3379. From this study that known the diameter of AHF has a reduction in diameter due to alkaline treatment, this is related to loss of lignin, pectin and wax content. The density of AHF decreases with the percentage increase of NaOH when compared with AHF without the treatment of NaOH. Tensile strength varies with alkaline treatment. The highest AHF tensile strength in treated fibers was 5% NaOH of 165 Mpa and lowest tensile strength in AHF with 10% Alkali treatment of 137 MPa.
Karakterisasi Kincir Air Sudu Melengkung pada Variasi Sudut Air Masuk (?1) dan Sudut Kelengkungan Sudu (?) Anak Agung Adhi Suryawan; I Nengah Suweden
Jurnal Energi Dan Manufaktur Vol 11 No 1 (2018): Published in April 2018
Publisher : Department of Mechanical Engineering, University of Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1569.307 KB) | DOI: 10.24843/JEM.2018.v11.i01.p07

Abstract

Bali memiliki banyak sumber energi aliran air sungai atau saluran irigasi yang mempunyai debit aliran relatif kecil pada head yang rendah, dengan demikian Hydropower dapat memberikan solusi praktis terhadap masalah konservasi energi dan masalah lingkungan. Pada penelitian ini didesain model kincir sudu melengkung ke belakang (back curve vanes) skala laboratorium, mengikuti kaidah-kaidah desain turbin air, dengan metode satu busur lingkaran, sehingga pengusaha bengkel nanti dapat membuat sudu kincir air dari potongan pipa besi. Data-data yang diamati adalah : kapasitas aliran (Qa), head (Ha), putaran kincir (n), pada setiap variasi beban, sudut aliran air masuk sudu, dan sudut kelengkungan sudu dengan demikian menjadi jelas karakteristik dari kincir air. Empat sudu yang diuji memiliki sudut kelengkungan sudu (?) yang berbeda yaitu 10o, 20o, 30o dan 40o, sudut air masuk (?1) yaitu 2/5 ?, 3/5 ?, 4/5 ? dan 5/5 ?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unjuk kerja sudu lengkung ke belakang dengan besarnya sudut aliran air masuk sudu (?1) yang sesuai/sama dengan sudut kelengkungan sudu (?) akan menghasilkan unjuk kerja yang paling baik. Empat sudu yang diuji pada konstan dan variasi kapasitas maka sudut kelengkungan sudu (?) = 20o menunjukkan hasil terbaik. Semakin kecil sudut kelengkungan sudu maka unjuk kerja akan semakin baik dalam batas toleransi atas meningkatnya kerugian gesekan/hidrolis dari fluida kerja yang terjadi. Bali has many sources of river water streams or irrigation channels that have relatively small flow discharge at low head, thus Hydropower can provide practical solutions to energy conservation and environmental issues. In this research, the model is designed for the back curve vanes of laboratory scale, following the rules of water turbine design, with the method of one circular arc, so that the workshop entrepreneur can make the waterwheel from the iron pipe binder. The observed data are: flow capacity (Qa), head (Ha), rotation (n), at each load variation, angle of the water entering the blade, and the angle of the blade curvature thus becomes clear the characteristic of the waterwheel. Four tested blades have different angle of curvature (?) that is 10o, 20o, 30o and 40o, the inlet angle (?1) is 2/5 ?, 3/5 ?, 4/5 ? and 5/5 ?. The results showed that the performance of the back end curve with the angle of the water flow in the blade corresponding to the angle of curvature of the blade (?) will produce the best performance. Four blades tested at constant and capacity variation then angle curvature angle (?) = 20o shows best result. The smaller the angle of the blade curvature, the better the performance within the tolerance limit of the increased friction / hydraulic losses of the working fluid that occurs.
Studi Sifat Mekanik Magnesium AZ31 Hasil Proses Pengecoran Tekan (Squeeze Casting) Muhammad Iqbal; Irza Sukmana; Yanuar Burhanuddin
Jurnal Energi Dan Manufaktur Vol 11 No 1 (2018): Published in April 2018
Publisher : Department of Mechanical Engineering, University of Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.464 KB) | DOI: 10.24843/JEM.2018.v11.i01.p01

Abstract

Magnesium forms 2% in the earth's crust, magnesium is widely used in industry. For example, industrial machinery and electronics, and many developed in the field of biomedicine, especially in the field of orthopedics. Magnesium about 60% is present in the human bones, therefore it has great potential for human body implants. However, it is necessary to increase the mechanical and chemical properties of magnesium in order to be used for bone implant materials. Production process using squeeze casting method. Through this method, Liquid metal is given hydraulic pressure, so the mechanical properties of magnesium were better. In this research use temperature parameter = 450?C, pressure = 300 MPa, duration of press 1 minute and variation of holding time 7 and 9 minutes. Magnesium AZ31 increased compared with samples without treatment. Tensile strength with holding time 7 minutes equal to120.27 MPa, holding time 9 minutes was 128.77 MPa, and samples without treatment of was 94.63 MPa. The magnesium hardness value of AZ31 decreased at 7 minute detention was 39 VHN, compared with the sample without treatment of was 41.8 VHN. And the hardness value increased at holding time 9 minutes equal to 46.2 VHN. However, it should be noted that excessive overheating and holding time may lead to decrease in magnesium mechanical properties of AZ31. Magnesium membentuk 2% pada kerak bumi, magnesium banyak digunakan pada industri. Misalnya, industri mesin dan elektronik, dan banyak dikembangkan pada bidang biomedik, terutama di bidang orthopedi. Magnesium sekitar 60% ada pada tulang manusia, oleh karna itu berpotensi besar untuk implan tubuh manusia. Namun, diperlukan peningkatan sifat mekanik dan kimia magnesium agar dapat digunakan untuk bahan implan tulang. Proses produksi menggunakan metode pengecoran tekan. Melalui metode ini, logam cair diberi tekanan hidrolik, sehingga sifat mekanik magnesium lebih baik. Dalam penelitian ini menggunakan parameter temperatur = 450?C, tekanan = 300 MPa, durasi tekan 1 menit dan variasi holding time 7 dan 9 menit. Magnesium AZ31 meningkat dibandingkan sampel tanpa perlakuan. Kekuatan tarik dengan holding time 7 menit sebesar 120,27 MPa, holding time 9 menit sebesar 128,77 MPa, dan sampel tanpa perlakuan sebesar 94,63 MPa. Nilai kekerasan magnesium AZ31 menurun pada holding time 7 menit sebesar 39 VHN, bila dibandingkan sampel tanpa perlakuan sebesar 41,8 VHN. Dan nilai kekerasan meningkat pada holding time 9 menit sebesar 46,2 VHN. Namun, perlu diperhatikan pemanasan dan holding time yang berlebih (over heat) dapat mengakibatkan penurunan sifat mekanik magnesium AZ31.

Page 1 of 1 | Total Record : 8