SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 1, No 1 (2018): Jurnal SeBaSa

Impelementasi Konsep Maksim dalam Menilai Kejujuran Komunikasi Antara Dosen dan Mahasiswa

Muttaqin, Zainul ( Universitas Hamzanwadi)
Wijaya, Herman ( Universitas Hamzanwadi)
Taufiq, Muh. ( Universitas Hamzanwadi)



Article Info

Publish Date
10 May 2018

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Tujuan penelitianyaitu (a) untuk mengetahui maksim apa saja yang dilanggar oleh mahasiswa dan dosenUniversitas Hamzanwadi dalam berkomunikasi, (b) menjelaskan implementasi konsep Maksimdalam menilai kejujuran komunikasi Dosen dan Mahasiswa di Universitas Hamzanwadi.Lokasipenelitian dilakukan di kampus Universitas Hamzanwadi dengan sampel penelitian adalah 30mahasiswa dan 3 dosen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi,dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini statistik deskriptifdalam bentuk distribusi frekuensi. Data nilai kejujuran (awal dan akhir) dianalisis menggunakanT-Test tipe Paired Samples Test, sedangkan data nilai kejujuran menggunakan T-Tes tiapIndependent Samples Test.Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa maksim yang sering dilanggar oleh Dosendan Mahasiswa PGSD pada tahap verbal yaitu maksim kualitas dan maksim cara. Berdasarkanuji Normalitas tingkat kejujuran komunikasi Mahasiswa PGSD dengan rerate 0,56 berkatagori“cukup jujur” pada kelas A,B da C pada interval skors 0,30-0,70. Berdasarkan sebaran angketkejujuran dosen MKU BI yang mengajar di PGSD ditemukan tingkat kejujuran yang berbedabedayaitu dosen SD 66,67 % dengan indeks interval skor 0,67 yang berkatagori “cukup jujur”,kemudian dosen HY 80% dengan indeks intervalskor 0,80 yang berkatagori “jujur”, dan doseNE 73.33% dengan indeks interval skor 0,73 yang berkatagori “jujur” dengan rerate ketigadosen yaitu 73.33. Implementasi konsep maksim nilai kejujuran komunikasi antara dosen danmahasiswa PGSD pada pembelajaran MKU BI sudah memenuhi prinsip kerjasama maksimdengan tingkat kejujuran yang cukup baik.Kata Kunci: Implentasi, Maksim, Nilai Kejujuran, Komunikasi,

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sbs

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

SEBASA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah berkala ilmiah yang dipublikasikan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Hamzanwadi. Jurnal ini menerima artikel dari dosen, peneliti, mahasiswa, atau pemerhati yang berupa hasil penelitian, hasil ...