Jurnal Fisika Indonesia
Vol 18, No 52 (2014)

Pengaruh Model Pembelajaran Anchored Instruction terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas X (Halaman 8 s.d. 12)

Ellyna Hafizah (Prodi Pendidikan Fisika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang Jl. Semarang No. 5 Malang)
Arif Hidayat (Prodi Pendidikan Fisika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang Jl. Semarang No. 5 Malang)
Muhardjito - (Prodi Pendidikan Fisika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang Jl. Semarang No. 5 Malang)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran anchored instruction terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah Fisika. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X MAN 2 Martapura semester genap tahun ajaran 2013/2014. Sampel terdiri atas kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih secara acak. Kelas eksperimen belajar menggunakan anchored instruction dan kelas kontrol belajar menggunakan inkuiri terbimbing. Pembelajaran dilakukan pada materi suhu dan kalor. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan multivariate of anova. Pengaruh pembelajaran diuji dengan uji Tukey. Hasil analisis menunjukkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah Fisika kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jfi

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Education Energy Physics

Description

Jurnal Fisika Indonesia (JFI) Is an open access scientific peer-reviewed journal published by Department of Physics Universitas Gadjah Mada that publishes researches on Physics, covering both theory, experiments, computation and applied physics including geophysics. We have a mission to build ...