E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan
Vol 2, No 2 (2013): E-Tech

PENGARUH PENGGUNAAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL

Leny Radily Leny radily (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2013

Abstract

Penelitian  ini  berawal  dari  fenomena  di  sekolah  guru  sering menggunakan  metode  ceramah,  sehingga  siswa  pasif  dan  mengakibatkan rendahnya  hasil  belajar  pada  mata  pelajaran  TI&K.  Penelitian  ini  bertujuan untuk  melihat  pengaruh  dari  penggunaan  strategi  Active  Learning  Tipe Crossword Puzzle  terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K di kelas VII SMP N 3 Batang Anai. Penelitian  ini  berbentuk  kuantitatif  dengan  pendekatan  quasy experiment. Populasi adalah siswa kelas VII yang berjumlah 334 orang yang terdiri  dari  9  kelas  dan  teknik  pengambilan  sampelnya  adalah  purposive sampling,  yaitu  kelas  VII9  sebagai  kelas  eksperimen  dan  VII4  sebagai  kelas kontrol  masing-masing  berjumlah  36  orang.  Teknik  pengumpulan  data adalah  tes  dan  alat  pengumpul  data  adalah  lembaran  tes  dan  lembaran jawaban siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  penggunaan  strategi  Active Learning  Tipe  Crossword  Puzzle  berpengaruh  terhadap  hasil  belajar  siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas VII9, nilai rata-rata  yang  diperoleh  kelompok  eksperimen  sebesar  79,5  dan  kelompok kontrol  72,2.  Kelompok  eksperimen  yang  belajar  dengan  Strategi  Active Learning  Tipe  Crossword  Puzzle  memperoleh  nilai  rata-rata  “lebih  tinggi” dibandingkan  dengan  kelompok  kontrol  yang  belajar  dengan  pembelajaran konvensional

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

e-tech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects about planning, application, and production of communications media for instruction, curriculum, educational technology and research development, tech trend, computer – supported in collaboratif learning, instructional, ...