Penelitian ini berawal dari fenomena di sekolah guru sering menggunakan metode ceramah, sehingga siswa pasif dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran TI&K. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan strategi Active Learning Tipe Crossword Puzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K di kelas VII SMP N 3 Batang Anai. Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasy experiment. Populasi adalah siswa kelas VII yang berjumlah 334 orang yang terdiri dari 9 kelas dan teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling, yaitu kelas VII9 sebagai kelas eksperimen dan VII4 sebagai kelas kontrol masing-masing berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data adalah tes dan alat pengumpul data adalah lembaran tes dan lembaran jawaban siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi Active Learning Tipe Crossword Puzzle berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas VII9, nilai rata-rata yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 79,5 dan kelompok kontrol 72,2. Kelompok eksperimen yang belajar dengan Strategi Active Learning Tipe Crossword Puzzle memperoleh nilai rata-rata “lebih tinggi” dibandingkan dengan kelompok kontrol yang belajar dengan pembelajaran konvensional
Copyrights © 2013