PROSIDING SEMINAR NASIONAL LEMBAGA PENELITIAN DAN PENDIDIKAN (LPP) MANDALA


PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL BERBANTUAN MEDIA APLIKASI ANDROID TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR

Nova Rizkiyansyah (Unknown)
Yusran Khery (Unknown)
Citra Ayu Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2018

Abstract

Dewasa ini hadirnya teknologi berbasis mobile dalam pembelajaran menjadi pilihan karena menghadirkan kenyamanan dalam aksestabilitas dan proses yang lebih baik. Bagaimana dampak hadirnya teknologo mobile dalam pembelajaran berbasis CTL merupakan isu yang masih perlu dipelajari. Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui pengaruh media aplikasi android dalam penerapan model pembelajaran CTL terhadapmotivasi dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di MA Arraufiyah Jenggik Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA. Sampel diambil dengan menggunakan teknik non probablity sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur motivasi adalah angket motivasi, sedangkan hasil belajar diukur menggunakan tes pilihan ganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji-t. Hasil dari penelitian ini adalah (1) motivasi belajar siswa pada kelas eksperimenĀ  meningkat dengan nilai 81,61% dengan kategori motivasi tinggi dan kelas kontrol 61,18% dengan kategori motivasi sedan, (2) hasil belajar siswa memiliki signifikansi sebesar 0,003 < 0,005.Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran CTL berbantuan media aplikasi android terhadapĀ  motivasi dan hasilĀ  belajar siswa pada materi sistem periodik unsur.

Copyrights © 0000