Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan)
Vol 7, No 2 (2019)

KONTRIBUSI PERILAKU INOVATIF DAN ETOS KERJA TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SMP NEGERI SE-KECAMATAN BAGAN SINEMBAH

Elinawati Elinawati (Post Graduate Student of Riau University)
Muhammad Nasir (Lecturer of Education Management Study Programme PPs University of Riau)
Murni Baheram (Lecturer of Education Management Study Programme PPs University of Riau)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya kontribusi perilaku inovatif dan etos kerja terhadap kompetensi professional guru SMP Negeri Sekecamatan Bagan Sinembah. Penelitian dilakukan terhadap 70 guru SMP Sekecamatan Bagan Sinembah yang dipilih dengan teknik random sampling. Metode penelitian ini menggunakan metode survey. Uji terhadap instrument dilakukan uji validitas dan reliabilitas instrument dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Persyaratan analisis data di uji dengan normalitas populasi dengan uji Liliefors, teknik analisis statistic parametric, yaitu analisis regresi, korelasi sederhana, dan korelasi ganda dengan taraf α = 0,05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Secara parsial perilaku inovatif memiliki koefisien korelasi sebesar 0,516 atau 52,6 % menghasilkan thitung = 4,97 lebih besar dari ttabel = 2,65 pada α = 0,01. Secara parsial etos kerja memiliki koefisien korelasi sebesar 0,551atau 55,1% menghasilkan thitung = 5,44 lebih besar dari ttabel = 2,65 pada α = 0,01. 4m. Dan Perilaku inovatif dan etos kerja  secara bersama-sama berhubungan secara simultan terhadap kompetensi professional yaitu dengan koefisien korelasi ganda antara kedua variabel bebas dengan variabel terikat Ry.12 sebesar 0,655 atau 65,5% menghasilkan Fhitung = 25,24 lebih besar dari Ftabel = 4,94 pada α = 0,01. Dari koefisien korelasi tersebut, dapat dihitung koefisien determinasi (Ry.12)2 sebesar 0,4296 berarti bahwa 42,96% proporsi varians kompetensi profesional dapat dijelaskan secara bersama-sama oleh perilaku inovatif serta etos kerja

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) (p-ISSN: 2338-5278) adalah Artikel ilmiah hasil penelitian yang diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Riau. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) berisi publikasi tentang ...