Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 4 No 2 (2020)

DESAIN DAN VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERDASARKAN KERAGAMAN IKAN DI SUNGAI PURA BENGKULU UTARA

Amalia Hafifah (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia)
Kasrina Kasrina (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia)
Abdul Rahman Singkam (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil uji validitas dan uji keterbacaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) materi keanekaragaman hayati berdasarkan hasil penelitian keanekaragaman jenis ikan di Sungai Pura Bengkulu Utara. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket (kuisioner). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket uji keterbacaan dan uji validitas. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket (kuisioner) untuk tiga orang validator (dua orang Dosen Program Studi Pendidikan Biologi dan guru Biologi SMA kelas X), dan lembar keterbacaan untuk peserta didik. LKPD yang disusun memperoleh kriteria sangat valid, dengan nilai 85,36% dari para validator, dan juga dinilai sangat layak dengan nilai 94,32% dalam uji keterbacaan oleh 26 orang peserta didik di SMAN 2 Bengkulu Utara. Hasil validasi dan uji keterbacaan ini menunjukkan bahwa LKPD yang disusun layak digunakan sebagai bahan ajar materi keanekaragaman hayati kelas X tingkat SMA.Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Keanekaragaman Hayati, Ikan Air Tawar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...