Jambura Journal of Educational Chemistry
Vol 3, No 1 (2021): Februari

Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Kimia ‎Siswa Kelas X SMA Swasta di Samarinda

Siti Nurjanah (Jurusan Pendidikan Kimia dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, ‎Universitas Mulawarman)
Ratna Kusumawardani (Jurusan Pendidikan Kimia dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, ‎Universitas Mulawarman)
Iis Intan Widiyowati (Jurusan Pendidikan Kimia dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, ‎Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar ‎kimia siswa kelas X SMA Swasta di Samarinda. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif. ‎Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta di Samarinda. Teknik ‎pengambilan sampel dilakukan dengan cara probability sampling dengan metode cluster ‎random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 212 siswa. Berdasarkan hasil analisis data ‎secara deskriptif diperoleh skor rata-rata disiplin belajar siswa adalah 35,38 tergolong dalam ‎kategori sedang dan prestasi belajar kimia siswa adalah 34,91 tergolong dalam kategori sedang. ‎Dari hasil analisis regresi linier sedehana Y= a + bX, maka diperoleh persamaan regresinya Y= ‎‎38,707 + 0,601X, uji hipotesis uji t diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa ‎terdapat pengaruh positif disiplin belajar terhadap prestasi belajar kimia siswa. Adapun kontribusi ‎pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar kimia sebesar 12,4%. Berdasarkan hasil ‎penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif atau signifikan disiplin belajar ‎terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Swasta di Samarinda.‎

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jjec

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical ...