Speed : Journal of Special Education
Vol 5 No 1 (2021): SPEED: JOURNAL OF SPECIAL EDUCATION

Efektivitas Pendampingan Pemanfaatan Aplikasi Braille Converter Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SLB Dalam Pengalihaksaraan Simbol Musik Ke Simbol Braille

Arsy Anggrellangi (Universitas sebelas maret)
Subagya Subagya (Universitas Sebelas Maret)
Erma Kumala Sari (Universitas Sebelas Maret)
Priyono priyono (Universitas Sebelas Maret)
Munawir Yusuf (Universitas Sebelas Maret)
Ravik Karsidi (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui efektivitas pendampingan pemanfaatan aplikasi Braille converter untuk meningkatkan kompetensi guru SLB dalam pengalihaksaraan simbol musik ke simbol braille. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan One-Group Pretest Posttest Design. Subjek pada penelitian ini adalah guru SLB tunanetra YAAT Klaten dengan teknik sampel tertuju. Pengumpulan data dengan instrumen tes evaluasi diri. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi, dan uji reliabilitas instrumen menggunakan teknik test-retest. Analisa data menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test diperoleh hasil Zhitung: -4.111 dengan Asymp. Sig. (2-tailed): 0.0. Maka, dapat disimpulkan bahwa pendampingan pemanfaatan aplikasi braille converter efektif untuk meningkatkan kompetensi guru SLB dalam pengalihaksaraan simbol musik ke simbol braille.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

speed

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences

Description

SPEED Journal : Journal of Special Education is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. SPEED Journal : Journal of Special Education provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild ...