COUNSENESIA Indonesian Journal of Guidance and Counseling
Vol 2 No 1 (2021): COUNSENESIA 2021

KESADARAN DIRI DAN KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA SMA

Saroji (Unknown)
Widyayanti, Neni (Unknown)
Ama, Roy Gustaf Tupen (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kesadaran diri dengan kedisiplinan belajar pada siswa SMK “X” Magelang. Subjek dari penelitian ini adalah Siswa Kelas XI SMK “X” Magelang dengan jumlah sampel sebanyak 119 subjek. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan skala kedisiplin belajar dan skala kesadaran diri. Instrumen penelitian skala disiplin belajar (?) = 0,942 dengan 41 item valid dan kesadaran diri (?) = 0,921 dengan 41 item valid. Teknik analisa data yang digunakan adalah pearson product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara kesadaran diri dengan kedisiplinan belajar pada siswa SMK “X” Magelang dengan nilai (rxy) sebesar 0,760 , taraf signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Sumbangan efektif kesadaran diri terhadap kedisiplinan belajar adalah sebesar 57,7%. Sampel penelitian memiliki kesadaran diri dengan kategori sedang sebesar 70,6% dan kedisiplinan belaja dengan kategori sedang sebesar 63,9%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

CIJGC

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal COUNSENESIA Indonesian Journal of Guidance and Counseling adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan Dan Konseling Universitas Tunas Pembangunan Surakarta yang berfokus pada penyebaran dan pengembangan bidang ilmu Bimbingan dan Konseling. Secara spesifik ruang lingkup ...