Alauddin Journal of Mathematics Education (AJME)
Vol 3 No 1 (2021): MAY

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik melalui Model Kooperatif Tipe Diskursus Multi Representasi

Nurfaisah Nurfaisah (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar)
Thamrin Tayeb (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar)
Fitriani Nur (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar)
Nur Khalisah Latuconsina (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar)
Lisnasari Andi Mattoliang (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
29 May 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe diskursus multi representasi (DMR) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VIII SMP Guppi Samata. Penelitian ini merupakan jenis quasi eksperimental dengan non-equivalent control group design. Populasinya  berjumlah 51 orang peserta didik kelas VIII SMP Guppi. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan sampel jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tertulis. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Diperoleh hasil penelitian bahwa kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe DMR efektif meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ajme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...