Optika : Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 5 No. 1 (2021): OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika

ANALISIS KEMAMPUAN MENYUSUN RPP BERBASIS SAINTIFIK MAHASISWA CALON GURU FISIKA

Vinsensius Lantik (Universitas Nusa Cenda)
Fakhruddin Kamaruddin (Universitas Nusa Cendana)
Yusniati H. Muh Yusuf (Universitas Nusa Cendana)
Kadek Ayu Astiti (Universitas Nusa Cendana)
Antonius Suban Hali (Universitas Nusa Cendana)
Amirudin Supu (Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganlisis  kemampuan perencanaan bagi calon guru  fisika  dalam  menyusun  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  berbasis  saintifik.  Metode  penelitian  yang  digunakan adalah metode deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah 50 orang mahasiswa pendidikan fisika semester VI tahun akademik 2019/2020 pada mata kuliah Micro Teaching. Instrumen penelitian  menggunakan  penilaian  skala  disertai  rubrik  dari  hasil  tampilan  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.  Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan  kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebesar 68,53 dengan kategori baik. Capaian ini masih perlu ditingkatkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

optika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode ...