Triadik
Vol. 20 No. 1: APRIL 2021

PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-TALK TERHADAP KEJENUHAN (BURNOUT) BELAJAR SISWA XI MIPA F DI SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Nopriani, Uni (Unknown)
Syahriman, Syahriman (Unknown)
Herawati, Anna Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kejenuhan belajar yang mengakibatkan masalah untuk siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self-talk terhadap kejenuhan (burnout) belajar siswa XI MIPA F di SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan ekperimen dengan one-group pretest-posttest design. Siswa kelas XI MIPA F berjumlah 35 orang sebagai populasi dengan teknik purposive sampling diambil sampel 6 orang. Teknik pengumpulan data mengunakan kuisoner skala Likert. Analisis data menggunakan Uji T (paired sample test). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya penurunan kejenuhan belajar siswa setelah diberikan konseling kelompok dengan teknik self-talk sebagai perlakuan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai T = 11.400 dan sig (2-tailed) 0.000 yang berarti 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self-talk terhadap kejenuhan (burnout) belajar siswa XI MIPA F di SMA Negeri 2 Kota Bengkulu.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

triadik

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

TRIADIK is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by FKIP University of Bengkulu. It is providing a platform for the researchers, academicians, professionals, practitioners, and students to impart and share knowledge in the form of high quality empirical and ...