INKUIRI : Jurnal Pendidikan IPA
Vol 5, No 3 (2016): INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA

PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS INQUIRY LESSON UNTUK MENINGKATKAN DIMENSI KONTEN PADA LITERASI SAINS MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS XI

Meika Meika (Unknown)
Suciati Suciati (Unknown)
Puguh Karyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2016

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan: 1) Karakteristik modul berbasis  inquiry lesson untuk meningkatkan dimensi konten pada literasi sains; 2) Menguji kelayakan modul berbasis  inquiry lesson; 3) Menguji Keefektivan modul berbasis inquiry lesson untuk meningkatkan dimensi konten pada literasi sains siswa materi Sistem Pencernaan kelas XI. Penelitian dan pengembangan modul ajar menggunakan model prosedur Borg & Gall (1983) yang telah dimodifikasi yang meliputi 10 tahap: 1) penelitian dan pengumpulan data; 2) perencanaan; 3) pengembangan produk awal; 4) uji coba lapangan awal; 5) revisi produk I; 6) uji coba lapangan utama; 7) revisi produk II; 8) uji coba operasional; 9) revisi produk akhir; 10) diseminasi dan implementasi. Pengembangan modul meliputi validator yang terdiri dari: ahli materi, ahli penyajian, ahli bahasa, ahli perangkat pembelajaran, 2 praktisi, dan uji skala kecil berjumlah 10 siswa. Uji coba lapangan utama menggunakan modul terdiri dua kelas yaitu Kelas XI IA3 dan XI IA4. Data kemampuan dimensi konten pada literasi sains dianalisis dengan N-Gain ternormalisasi untuk mengetahui keefektivan modul berbasis inquiry lesson. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan: 1) Karakteristik modul berbasis inquiry lesson yang dikembangkan sesuai sintaks inquiry lesson meliputi: observasi, manipulasi, generalisasi, verifikasi, aplikasi; 2) Kelayakan modul menurut para validator dengan kategori sangat baik ”89,23%”, praktisi dengan kategori sangat baik “85,42%”dan siswa dengan kategori sangat baik ”84,33%”; 3) Keefektivan modul yang dikembangkan berbasis inquiry lesson dibuktikan dengan uji Wilcoxon, yang menunjukkan ada perbedaan dalam dimensi konten pada literasi sains sebelum dan sesudah menggunakan modul berbasis inquiry lesson memiliki probabilitas (p) sebesar 0,000 (p<0,05), Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan adalah modul berbasis inquiry lesson layak dan efektif meningkatkan dimensi konten pada literasi sains materi Sistem Pencernaan kelas XI.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

inkuiri

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Astronomy Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Decision Sciences, Operations Research & Management Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Materials Science & Nanotechnology Physics Other

Description

INKUIRI Jurnal Pendidikan IPAis a peer-reviewed open-access journal. The journal disseminates papers written based on the results of study and review of literature in the sphere of natural sciences education, biology education, physics education, and chemistry education in primary, secondary, and ...