Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA
Vol 5, No 2 (2021): Vol 5, No 2 (2021)

SOSIALISASI BLENDED LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING

Yanty Maria Rosmauli Marbun (Universitas HKBP Nommensen)
Tarida Alfina Simanjuntak (Universitas HKBP Nommensen)
Yanti Arasi Sidabutar (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Monalisa Frince Sianturi (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Juni Agus Simaremare (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Marlina Agkris Tambunan (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Yoel Purba (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Srinatalia Silaen (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Eva Pasaribu (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Leonita Maria Manihuruk (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2021

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pelatihan kepada para guru tentang penggunaan Blended Learning dalam pembelajaran daring di masa pandemi ini. Dalam hal ini Blended Learning yang dimaksud adalah aplikasi Zoom sebagai media tatap muka virtual dan aplikasi Google Classroom sebagai sarana media pembelajaran tekstual. Kedua aplikasi tersebut dapat bermanfaat secara efektif untuk meningkatkan pembelajaran secara daring. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah mencakup ceramah variatif disertai dengan praktek langsung. Hasil dari kegiatan ini adalah berupa kecakapan guru-guru dalam menggunakan aplikasi Zoom dan Google Classroom pada kegiatan pembelajarannya. Guru-guru SD Negeri 091316 Pematang Raya sebelumnya belum menggunakan sistem Blended Learning dalam pembelajaran selama masa pandemi ini, tetapi setelah adanya pelatihan pembelajaran daring,  para guru merasa cukup puas dan dipermudah dalam proses pembelajaran online. Antusiasme guru-guru menggunakan aplikasi Zoom dan Google Classroom sangat mendukung proses pembelajaran daring yang efektif dan variatif.

Copyrights © 2021