EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500

Pengaruh Tayangan K-Drama (Korean Drama) terhadap Motivasi Belajar

M Ichsan Nawawi (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Nurul Anisa (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Nurul Magfirah Syah (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Muhammad Risqul (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Aidah Azisah (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Taufik Hidayat (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2021

Abstract

Menonton drama Korea memang dinilai buruk oleh kebanyakan orang karena menjadi suatu kebiasaan yang menyebabkan seseorang menjadi kecanduan, dan hal ini juga bisa menimpa generasi-Z yang berstatus sebagai pelajar yang hatam terhadap penggunaan gadget dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh tayangan drama korea terhadap motivasi belajar generasi-Z. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang melibatkan 137 responden yang menonton drama korea dan merupakan generasi-Z yang lahir pada tahun 1997 sampai tahun 2012. Data dianalisis menggunakan metode regresi linear dengan bantuan SPSS 20. Penelitian ini memberikan hasil bahwa generasi-Z yang menonton tayangan drama korea tidak mempengaruhi secara signifikan motivasi belajar generasi-Z. Terdapat faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar generasi-z selain tayangan drama Korea yang tidak termasuk dalam variabel yang diteliti dalam penelitian ini

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...