AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 10, No 3 (2021)

KECEMASAN MENGAJAR MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN ONLINE DAN DAMPAKNYA PADA METODE PENGAJARAN GURU

Wulantina, Endah (Unknown)
Ikashaum, Fertilia (Unknown)
Mustika, Juitaning (Unknown)
Rahmawati, Nur Indah (Unknown)
Kurniawan, Angga (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) tingkat  kecemasan guru matematika di sekolah  terhadap pembelajaran online; 2) faktor-faktor kecemasan mengajar matematika pada pembelajaran online, 3) dampak dari kecemasan mengajar matematika terhadap metode mengajar guru pada pembelajaran online. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan pada 31 guru matematika yang mengajar pada pembelajaran online. Data dikumpulkan melalui kuesioner Mathematics Teaching Anxiety Scale (MTAS) sebanyak 19 item. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa level kecemasan mengajar matematika guru pada pembelajaran online sebanyak 7 orang (22,6%) kategori tingkat kecemasan tinggi, sebanyak 14 orang (58%) kategori tingkat kecemasan sedang dan sebanyak 6 orang (19,4%) kategori tingkat kecemasan rendah. Kecemasan mengajar matematika yang paling banyak dirasakan adalah terkait siswa yang tidak dapat berpartisipasi secara aktif dalam pelajaran matematika online serta siswa yang tidak mampu memahami materi yang disampaikan oleh guru. Tingkatan kecemasan mengajar matematika memberikan dampak berbeda terhadap metode yang dipakai guru pada pembelajaran online. Responden dengan tingkat kecemasan mengajar tinggi secara umum menggunakan media whatsapp, mengajar dengan mengirimkan video pembelajaran yang diunduh dari youtube kemudian menjelaskan materi berdasarkan video dan buku paket. Responden dengan  tingkat kecemasan mengajar matematika sedang menggunakan media pembelajaran seperti video dari youtube, membuat kuis sebelum dan sesudah pembelajaran serta menyiapkan rencana pembelajaran sebelum jadwal pembelajaran berlangsung. Responden dengan  tingkat kecemasan mengajar matematika rendah menggunakan metode pemecahan masalah, metode kooperatif serta diskusi tanya jawab melalui google meet maupun google classroom.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...