Education Enthusiast : Jurnal Pendidikan dan Keguruan
Vol 1, No 2 (2021): Juni 2021

TINGKAT PENGUASAAN TATA BAHASA BAKU OLEH GURU BAHASA INDONESIA DI SMP KABUPATEN PIDIE JAYA

Hayatun Rahmi (Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Jabal Ghafur)
Nofiana, S Nofiana, S (Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Jabal Ghafur)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini berjudul “Tingkat Penguasaan Tata Bahasa Baku oleh Guru Bahasa Indonesia di SMP Kabupaten Pidie Jaya”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Tingkat Penguasaan Tata Bahasa Baku oleh Guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Pidie Jaya?” Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Tingkat  Penguasaan  Tata  Bahasa  Baku oleh Guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Pidie Jaya. Penelitian ini bermanfaat untuk memberikan pemahaman dan pendalaman materi penguasaan tata bahasa baku pada masyarakat indonesia khususnya guru bahasa indonesia tingkat SMP di kabupaten Pidie Jaya.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru bahasa Indonesia SMP yang ada di Kabupaten Pidie Jaya yang berjumlah 92 guru. Sampel penelitian berjumlah 12 guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes. Sedangkan tehnik analisis data dilakukan dengan cara mencari persentase(%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat di simpulkan bahwa tingkat penguasaan TBBBI dalam tata bunyi mencapai 66%, tingkat penguasaan TBBBI dalam kata mencapai 70%, tingkat penguasaan TBBBI dalam kalimat mencapai 70%, dan tingkat penguasaan TBBBI dalam tata baku mencapai 66%. Kata Kunci: Tata Bahasa Baku, Guru bahasa Indonesia kabupaten Pidie Jaya

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

EE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Education Enthusiast: Jurnal Pendidikan dan Keguruan (ISSN 2774-9916, eISSN 2745-603X) is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. The journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on ...