Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 2, No 2 (2019): 4th National Seminar on Guidance and Counseling (SNBK 2019) and Workshop on Peda

Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Penerapan Model Dramatic Learning Kelas IV SDN 4 Tugu Tasikmalaya

Pitriani, Anisa (Unknown)
Heryadi, Dedi (Unknown)
Nurani, Riga Zahara (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran dramatic learning yang dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas IV SDN 4 Tugu Tasikmalaya,.  Rendahnya kemampuan membaca puisi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menjadi fokus utama peneliti dalam penelitian ini. Pembelajaran yang kurang menarik dengan metode konvensional serta tidak terbangunnya semangat siswa selama proses pembelajaran menjadi penyebab masalah tersebut. Maka dari itu, peneliti mencoba melakukan perbaikan pembelajaran dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model kemmis dan Mc taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini lembar tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis data diperoleh bahwa pelaksanaan kemampuan membaca puisi melalui penerapan model dramatic learning di kelas  IV SDN 4 Tugu Tasikmalaya dapat meningkat dalam membaca puisi siswa. Meningkatnya kemampuan membaca puisi siswa dilihat dari nilai rata pada pra tindakan 75,78. Pada siklus I mencapai nilai rata-rata 76. Dan siklus II mencapai nilai rata-rata mencapai 77. Berdasarkan hasil tindakan kemampuan membaca puisi terlihat bahwa mereka lebih meningkat dalam kemampuan membaca puisi. Menggunakan model dramatic learning dalam proses belajar membaca puisi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...