JPI
Vol 3, No 2 (2020)

Penerapan Model Mind Map Untuk Meninkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan

Suherlan, Tri Madya (Unknown)
Kurnia, Dadang (Unknown)
Djuanda, Dadan (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2021

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini yaitu pada saat pembelajaran guru hanya menggunakan pembelajaran yang konvensional dan tidak menggunakan model pembelajaran yang inovatif yang berdampak pada tidak tercapainya hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Panyingkiran III Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang, pada penelitian ini mempunyai tujuan bagaimana merencanakan, melaksanakan, dan hambatan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan. Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan level 1 dengan tujuan hanya memberikan hipotesis tindakan dengan menggunakan metode kualitatif. Ada beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan yakni meliputi observasi, wawancara, angket/kuisioner, dan FGD (focus goup discussion). Dalam validasi data pada penelitian ini menggunakan member check, triangulasi, dan expert opinion. Berdasarkan temuan dilapangan yang memperoleh data penelitian menunjukan hasil yang positif pada angket dengan presetase 92 %, observasi 95%, dan untuk penguatan pada hasil menggunakan FGD.

Copyrights © 2020






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...