JPI
Vol 3, No 2 (2020)

Peran Teman Sebaya Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa SD (Penelitian deskriptif terhadap siswa sekolah dasar di Kecamatan Cisarua Kabupaten Sumedang)

Lawati, Susi (Unknown)
Gusrayani, Diah (Unknown)
Nugraha, Dadan (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2021

Abstract

Hakikatnya manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang mana mereka saling melengkapi dan melakukan hubungan timbal balik individu maupun kelompok. Faktor yang menyebabkan interaksi sosial kurang baik ditimbulkan dari berbagai hal yang sering ditemuinya setiap hari. Hal tersebut yang menjadikan dasar penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruhnya peran teman sebaya terhadap kemampuan interaksi sosial siswa SD. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan desain kualitatif, dengan subjek berjumlah 25 siswa SD berlokasi di Desa Cisarua Kecamatan Cisarua Kabupaten Sumedang. Instrumen yang digunakan berupa wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika anak sering bermain bersama, melakukan komunikasi bersama teman sebaya, bahkan mereka merasa senang jika bersama teman sebaya maka sebesar 75% hampir seluruhnya peran teman sebaya mempengaruhi kemampuan interaksi sosial siswa SD. Melalui adanya pembelajaran IPS di SD maka diharapkan dapat terciptanya sikap dalam mengasah kemampuan interaksi sosial yang baik sesama teman sebaya.

Copyrights © 2020






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...