Penelitian ini dilaksanakan karena ditemukan rendahnya hasil belajar biologi siswakelas X MIA 1SMA Negeri 1 AngkolaTimur . Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar biologi siswa serta kemampuan guru dalam pembelajaran pada materi Virus melalui penerapan metode Drill. Jenis penelitian tindakan kelas (classroom Action research).dengan sampel 29 orang siswa. Teknik dan alat pengumpul data yaitu tes, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi pengelolaan pembelajaran biologi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil tes menunjukkan persentase ketuntasan klasikal (PKK) siklus I sebesar 65,50sedangkan pada siklus II sebesar 86,20% (meningkat 20,07.),.Hasil observasi aktivitas belajar siswa menunjukkan rata-ratahasil observasi meningkat 10,30% , dan hasil observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran diperoleh nilai rata-rata observasi pada siklus I sebesar nilai 74,60% sedangkan siklus II sebesar 86% (meningkat 11,40). Data yang didapat diambil kesimpulan melalui penerapan metode pembelajaran drill hasil belajar, aktivitas belajar dan pengelolaan pembelajaran biologi meningkat di SMA Negeri 1 Angkola Timur.
Copyrights © 2021