JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Pengembangan Karakter Nasional Siswa

Herdiani, Syafa (Unknown)
Dewi, Dinie Anggraeni (Unknown)
Furnamasari, Yayang Furi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan karakter nasionalis bagi siswa khususnya di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menitikberatkan pada implementasi pendidikan karakter nasionalis di sekolah dasar. Pendidikan karakter nasionalis bagi anak sekolah dasar merupakan proses pemupukan sejak dini bagi mereka. Dalam pendidikan karakter nasionalis terdapat mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan yang mengajarkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan mengajarkan serta mendidik siswa agar menjadi pribadi yang memiliki kebiasaan karakter bangsa dalam kehidupan sehari-hari. Melihat kondisi anak-anak saat ini, siswa mengalami penurunan perkembangan karakter bangsa dalam kehidupannya. Oleh karena itu, sekolah melalui pendidikan kewarganegaraan diharapkan dapat melatih dan mendidik siswa agar memiliki sikap nasionalis dalam kehidupannya. Sikap nasionalis adalah sikap pemahaman yang berlandaskan budaya dan kedaerahan. Mereka juga memiliki cita-cita dan tujuan yang sama sehingga ingin mempertahankan negaranya, baik dari ancaman internal maupun eksternal. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana memberikan pemahaman tentang pengembangan karakter nasionalis kepada siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap nasionalis pada anak, di sekolah. Anak-anak di sekolah dasar harus diberikan pemahaman tentang sikap nasionalis sejak dini agar dalam menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari mereka dapat membiasakan atau menerapkan karakter nasionalis dalam berbangsa dan bernegara.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...