EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Stres Kerja dan Turnover Intention di Era Revolusi Industri 4.0: Adakah Harapan pada Kepemimpinan Transformasional?

Dewiana Novitasari (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan, Indonesia)
Muhammad Johan (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan, Indonesia)
Multi Nadeak (Sekolah Tinggi Teknologi Bandung, Indonesia)
Admiral Admiral (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan, Indonesia)
Masduki Asbari (STMIK Insan Pembangunan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemimpinan terhadap turnover intention dan untuk mengetahui pengaruh mediasi stres kerja pada populasi karyawan pada industri garmen di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode simple random sampling terhadap 142 sampel karyawan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh negatif signifikan terhadap stres kerja dan niat berpindah karyawan. Sedangkan stres kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap turnover intention. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara kepemimpinan transformasional dan turnover intention secara signifikan dimediasi secara parsial oleh stres kerja, artinya kepemimpinan transformasional mengurangi stres kerja dan mengurangi turnover intention. Penelitian ini dapat membuka jalan untuk meningkatkan kesiapan pegawai dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...