EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan

Azhar Azhar (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)
Abdul Latif Hutagaol (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)
Sri Rezeqi Rafiqah Manurung (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)
Elfin Nazri (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)
Amiruddin Amiruddin (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2022

Abstract

Masyarakat dan sekolah adalah satu kesatuan yang tak terpisah dalam upaya mendidik anak bangsa. Bahkan, keduanya adalah bagian sentra dari tripusat pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen hubungan masyarakat (humas) dalam mengembangkan lembaga pendidikan. Latar penelitian ini yaitu Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Qur’an Kisaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif. Pemerolehan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan teknik reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data diperoleh melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen humas di SD IT Qur’an Kisaran terlaksana dengan baik, hal ini ditinjau dari terlaksananya fungsi-fungsi manajemen dalam mengembangkan sekolah tersebut. Lebih lanjut, kinerja humas dilaksanakan dengan baik, berupa keterlibatan secara langsung bersama wali siswa, pemerintah dan instansi terkait, komite dan masyarakat umum, ditambah lagi dengan keterlibatan bidang humas dalam sosialisasi online sekolah tersebut di berbagai media sosial.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...