EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Biologi

Wirka Lutfiah (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)
Anisa Anisa (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)
Hilmi Hambali (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini berjenis eksperimen semu. Bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar biologi. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 2 Maros yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021. Sampel yang diteliti adalah peserta didik kelas X MIPA 2 dan MIPA 3 SMA Negeri 2 Maros pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran problem based learning dan variabel terikat yairu hasil belajar biologi. Data hasil belajar biologi dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa soal pretest dan posttest dengan bentuk pilian ganda sejumlah 30 nomor. Tahapan analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji N-gain independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t Independent Sample T-Test. Nilai signifikan hasil belajar siswa diperoleh yaitu 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan ada pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar biologi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...