EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Adopsi Teknologi Informasi dan Knowledge Sharing: Analisis Mediasi Budaya Organisasi di Perguruan Tinggi

Erni Taruli Pebrina (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan, Indonesia)
Rachma Nadhila Sudiyono (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan, Indonesia)
Suroso Suroso (STMIK Insan Pembangunan, Indonesia)
Dewiana Novitasari (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan, Indonesia)
Masduki Asbari (STMIK Insan Pembangunan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh adopsi teknologi informasi terhadap niat berbagi pengetahuan dengan melibatkan budaya organisasi sebagai mediator. Sampel penelitian ini diambil dari 102 orang dosen salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia dengan menggunakan teknik simple random sampling dan menggunakan SEM (Structural Equation Model) dengan software SmartPLS versi 3.0 sebagai alat statistiknya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adopsi teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap knowledge sharing intention, baik secara langsung maupun melalui mediasi budaya organisasi. Oleh karena itu, budaya organisasi dapat menjadi variabel mediator yang memperkuat pengaruh adopsi teknologi informasi terhadap niat berbagi pengetahuan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...