Journal of Empowerment Community
Vol. 3 No. 2 (2021): September 2021

PENDAMPINGAN PENYUSUNAN WORKSHEET DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN KEBUMEN

Tri Saptuti Susiani (Universitas Sebelas Maret)
Suhartono Suhartono (Universitas Sebelas Maret)
Ngatman Ngatman (Universitas Sebelas Maret)
Moh Salimi (Universitas Negeri Sebelas Maret)
Ratna Hidayah (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2021

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran dengan penggunaan tema. Fakta yang terjadi, guru mengalami hambatan untuk mengoptimalkan pembelajaran tematik, terutama dalam penyusunan worksheet. Worksheet yang dibuat oleh guru masih mengacu pada satu muatan pelajaran saja, pola worksheet masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, serta teknik evaluasi yang belum terfokus pada penilaian otentik. Tujuan pendampingan ini yaitu untuk mendeskripsikan hasil pendampingan penyusunan worksheet dalam pembelajaran tematik integratif pada tingkat sekolah dasar di Kabupaten Kebumen. Pendampingan dilaksanakan di SDN 1 Karanganyar, SDN 4 Karanganyar, dan SDN 3 Jatiluhur sejak bulan September hingga November 2020. Pendampingan ini diikuti oleh 31 guru dan 4 Kepala SD. Temuan pendampingan ini menunjukkan bahwa: (1) guru mampu menganalisis komponen RPP hingga lampiran; (2) guru mampu membuat perencanaan, pelaksanaan, penilaian hingga refleksi dengan lesson design; (3) adanya peningkatan pengetahuan, keterampilan dan motivasi dalam penyusunan worksheet dengan skor rata-rata aspek pemahaman 77% (cukup), aspek pembuatan 67, 335 (kurang), dan aspek implementasi 59,33% (sangat kurang). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendampingan penyusunan worksheet pada guru SD telah dilaksanakan dengan lancar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JEC

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

a) Pelayanan pada masyarakat, b) Ketahanan Pangan Lokal; c) Pelatihan, Pemasaran, Teknologi Tepat Guna, Desain; d) Pemberdayaan Masyarakat; e) Layanan Komunitas Mahasiswa; f) Wilayah Perbatasan dan Wilayah Kurang Dikembangkan; g) Pengembangan wilayah terpadu h) Pendidikan untuk Pembangunan ...